Keripik Kulit Pisang Enak, Sehat dan Kaya Manfaat

Kulit Pisang biasanya sering dibuang setelah kita makan buah pisang. Namun ternyata kulit pisang memiliki banyak manfaat dan bisa diolah menjadi cemilan enak dan sehat contohnya keripik kulit pisang.

Berbagai Manfaat Kulit Pisang

cara membuat keripik kulit pisang

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kulit pisang yang pertama yakni menjaga kesehatan kulit dengan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Menghilangkan Gatal

Kulit pisang memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Gunakan cara aplikasi kulit pisang seperti di atas, untuk membantu mengobati jerawat, eksim dan psoriasis. Psoriasis ialah kondisi kulit gatal dan bercak kulit yang jelek, serta menimbulkan nanah.

Kulit pisang juga bisa Anda pijatkan langsung pada daerah yang benjol atau gatal akibat gigitan serangga. Pastikan menggunakan kulit pisang bagian dalam yang ada serat warna putihnya. Cara ini juga bekerja pada ruam akibat poison oak atau poison ivy.

Wajah Lebih Glowing

Banyak sekali produk-produk kecantikan yang menjanjikan wajah glowing layaknya artis Korea. Kali ini Anda bisa mendapatkan hasil yang sama melalui bahan alami. Wajah akan lebih berseri dan bersinar.

Caranya cukup mudah, Anda gosokkan kulit pisang bagian dalam pada wajah. Diamkan semalaman, sebagai sleeping mask dan bilas menggunakan air hangat pada keesokan harinya. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Cara menggunakannya bisa menjadikannya sebagai masker seperti sebelumnya.

Aplikasi kulit pisang yang lain, haluskan kulit pisang lalu oles pada permukaan kulit. Cukup diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Anda dapat menjadikannya sebagai lulur sebelum mandi untuk mendapat hasil yang optimal.

Memutihkan Gigi

Betapa percaya dirinya ketika memiliki gigi yang putih bersinar. Sebaiknya segera Anda gunakan kulit pisang untuk membantu membuat gigi Anda tidak lagi kuning dan tampil lebih cantik.

Caranya cukup menggosokkan kulit pisang bagian dalam juga, tunggu satu menit saja. Terakhir, bersihkan gigi Anda menggunakan sikat dan pasta gigi seperti biasanya. Lakukan teratur setiap hari selama seminggu dan lihat perkembangannya.

Mengatasi Insomnia

Manfaat kulit pisang selanjutnya mampu membantu mengatasi masalah insomnia atau sulit tidur. Kandungan serotonin pada kulit pisang sebagai bahan obat tidur alami akan membuat perasaan enak, lalu membantu Anda lebih rileks.

Resep Membuat Keripik Kulit Pisang

Bahan:

  • kulit pisang
  • garam
  • air kapur sirih
  • tepung
  • gula
  • minyak goreng

Langkah:

  1. Siapkan bahan dan juga peralatan yang digunakan untuk membuat keripik kulit pisang.
  2. Cuci bersih kulit pisang yang telah disiapkan tadi.
  3. Rendam kulit pisang di dalam larutan air kapur sirih selama kurang lebih 20 menit agar lebih mudah untuk menghilangkan noda hitam serta getahnya.
  4. Buat larutan air garam dengan cara melarutkan satu sendok teh garam dalam 1 liter air.
  5. Rendam kulit pisang ke dalam larutan air garam selama kira-kira sekitar 20 menit.
  6. Buatlah larutan air gula dengan cara melarutkan 3 sendok makan gula dalam 1 liter air.
  7. Rendam untuk kulit pisang ke dalam larutan air gula selama kurang lebih 20 menit.
  8. Apabila sudah maka dapat mengangkat lalu tiriskan.
  9. Jemur kulit pisang dibawah paparan matahari sampai benar-benar telah kering.
  10. Bila kulit pisang telah benra-benar kering maka dapat menggoreng kulit pisang tersebut sampai matang atau dapat berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  11. Apabila Anda menginginkan penggorengan dengan menggunakan tepung sebagai lapisan untuk penggaringnya, Anda dapat menggunakan adonan pisang yang dicelupkan ke dalam tepung.
  12. Goreng kulit pisang yang telah dimasukkan ke adonan hingga matang, apabila telah matang maka angkat serta tiriskan minyaknya.
  13. Keripik kulit pisang telah matang dan siap untuk dinikmati.

Selain itu, Anda juga bisa membaca artikel Cara Membuat Keripik Bawang yang Enak dan Sehat