Karakter Kopi Indonesia yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Karakter Kopi Indonesia

Kemarin saya sudah membahas mengenai cara budidaya kopi robusta dan untuk sekarang saya akan membahas mengenai karakter kopi indonesia.

Karakter kopi khas Indonesia ditentukan dari tempat asalnya. Lahan tempat untuk kopi tumbuh akan sangat berpengaruh pada aroma dan rasanya. Di Indonesia banyak sekali daerah yang memproduksi kopi Arabica dan kopi jenis seperti ini diproduksi di seluruh dunia mencapai 70% dari seluruh jenis kopi. jual alat pembuat sosis.

Kopi Arabica mempunyai kualitas superior karena idealnya tumbuh pada ketinggian sekitar di atas 1000 m di atas permukaan laut. Sedangkan di bawah ketinggian 1000 m, Arabica tidak daapat tumbuh dengan baik.

Indonesia diuntungkan dengan banyaknya dataran tinggi dan berada di daerah tropis, sehingga kopi Arabica bisa tumbuh di atas tanah gunung berapi yang subur.

Adapun kopi Robusta yang tumbuh di bawah ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Tetapi cita rasa kopi Robusta tidak dapat menandingi Arabica. Kadar kafeinnya pun lebih tinggi. Jika Arabica mengandung 1% kafein, maka Robusta mengandung 2% kafein untuk setiap berat yang sama.

Jenis Kopi Indonesia

Indonesia mempunyai beberapa jenis kopi Arabica dan Robusta, contoh kopi Arabica Sumatra Lintong, Mandailing, Aceh Gayo, kopi Luwak, Toraja, sampai Arabica Java. Secara umum kualitas kopi dari suatu wilayah memang sangat mirip, dan tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan biji dari wilayah yang lain.

Akan tetapi saat biji kopi itu dibakar dan mengeluarkan aromanya, barulah terasa perbedaan dan identitas diri biji kopi berdasarkan dari wilayahnya.

Sehingga rasa kopinya pun akan sungguh sangat berbeda sesuai dengan karakteristik daerah asalnya. Dan kebanyakan kopi di Indonesia mempunyai aroma tanah yang baru tersiram oleh air hujan, tetapi ada juga yang baunya harum herbal atau jamu.

Perbedaan dari karakter kopi tersebut sangat menunjukan kopi sebagai produk yang sangat sensitif terhadap lingkungan tempat lahan tumbuhnya. Apapun yang ditanam di sekitar tumbuhan kopi dapat mempengaruhi aromanya.

Kualitas dari biji kopi pun sangat menentukan rasa sajian kopi yang dihasilkan. Berikut ini 2 karakter kopi indonesia yang terdapat dalam biji kopi dan menjadi penentu dari kualitasnya:

1. Keasaman

Keasaman atau acidity meerupakan karakter kopi yang memberikan cita rasa pada sensasi bagian tepi lidah. Biji kopi yang baik sangat ditentukan dari tingkat sebuah keasamannya, namun dalam tingkatan yang cukup rendah.

Keasaman yang cukup terlalu tinggi justru akan membuat sajian kopi yang dihasilkan menjadi terlalu asam dan tidak terasa nikmat.

Tingkat keasaman dari kopi tersebut ditentukan fdari beberapa faktor, diantaranya adalah lahan tumbuh dan pengolahan kopi.

Sedangkan dari pengolahan biji kopi, kopi yang diolah dengan basah mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi secara signifikan dari pada yang diolah secara kering. Tingkat keasaman kopi juga akan tergantung pada tingginya suhu pemanggangan, jenis pemanggang dan metode pemasakan itu sendiri.

2. Body

Penentu dari kualitas kopi yang selanjutnya adalah body kopi. Cara untuk menentukan body pada sebuah kopi dengan membiarkannya kopi tetap berada di lidah dan menggosokkannya ke bagian langit- langit mulut. Rasa nikmat yang ditimbulkan merupakan yang disebut body dan berkisar dari yang ringan sampai berat.

Body kopi dipengaruhi dari pemanggangan kopi. Kopi yang dipanggang dengan medium dan pekat akan mempunyai body yang cukup lebih berat dari pada dengan kopi yang dipanggang ringan.

Demikian dari saya bila terdapat salah kata mohon sebesar- besar nya untuk di maafkan, Sekian dan terima kasih