Jenis Sayur Yang Tahan Lama

Jenis Sayur Yang Tahan Lama

Jenis sayur yang tahan lama– Pastinya akan lebih banyak peminatnya dikarenakan dapat bertahan lebih lama atau alasan yang lainnya. Nah, kali ini saya akan membagikan apa saja sayuran yang sangat tahan lama. Daripada sayuran – sayuran yang lainnya. Sayuran disimpan di dalam lemari es supaya tetap segar dan juga tetap tahan lama. Tapi ada kemungkinan bisa layu dengan cepat. Supaya awet, ada cara yang dapat teman-teman lakukan nih.

Jenis Sayur Yang Tahan Lama

Kentang

Cara terbaik untuk menyimpan sayuran kentang ini. Yaitu tidak menempatkannya bersamaan dengan jenis sayuran yang lain. Terutama, jika ditaruh berdekatan dengan bawang dikarenakan bisa memicu bawang mengeluarkan gas yang menyebabkan pembusukan terjadi lebih cepat.

Bawang

Menyimpan bawang adalah menjaganya terpisah dengan bumbu dan sayuran lain. Bawang bisa memancarkan gas yang menyebabkan sayuran lain kehilangan rasa dan teksturnya ketika disimpan.

Seledri

Jika Anda ingin menyimpan seledri dalam waktu lama di lemari es, maka perlu menempatkannya pada sebuah vas lalu beri air.

Jamur

Cara terbaik menyimpan jamur adalah menempatkannya di dalam kantong plastik. Kemudian, beri lubang agar jamur mendapatkan sirkulasi udara.

Terong

Menyimpan terong mudah. Yang perlu dilakukan yaitu meletakkannya di udara yang terbuka sampai terong matang. Saat matang dan sudah lembut, barulah olah terong untuk dijadikan makanan yang enak dan lezat.

Kubis

Cara yang tepat untuk menyimpan sayuran ini ialah dengan menjauhkan kubis dari pancaran sinar matahari.

Tips Menyimpan Sayuran

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya dengan protein nabati serta kaya dengan kandungan serat. Cara terbaik untuk menyimpan berbagai jenis kacang-kacangan yaitu dengan cara mengeringkan nya terlebih dahulu. Cara ini dapat dilakukan dengan mengupas kacang terlebih dahulu atau membiarkannya kering bersamaan dengan kulitnya.

2. Brokoli

Brokoli mentah membutuhkan sirkulasi udara yang baik supaya tak mudah membusuk. Sebaiknya harus sesegera mungkin dikonsumsi karena sayuran ini cepat sekali membusuk. Namun brokoli bisa bertahan atau awet dapat dilakukan dengan cara membungkusnya dengan tisu dapur yang lembab.

Jangan pernah menyimpan brokoli dalam wadah tertutup dan jangan pula mencuci brokoli sebelum disimpan di lemari es karena hal tersebut akan membuat brokoli menjadi lembab dan mempermudah pembusukan. Selain itu, brokoli dapat disimpan di dalam plastik yang sudah dilubangi terlebih dahulu.

3. Tomat

Salah satu kesalahan penyimpanan tomat yang paling umum yaitu menyimpannya di dalam kulkas. Suhu ruangan lebih cocok untuk menyimpan sayur tomat. Jauhkan tomat dari sumber panas dan juga pancaran sinar matahari langsung supaya tidak cepat layu dan tidak mudah membusuk. Tomat setidaknya dapat disimpan selama seminggu sebelum dikonsumsi.

4. Jagung

Setelah dipanen, jagung akan segera mengering dan juga gula alami di dalamnya akan berubah menjadi sari patinya dengan sendirinya. Menjaga jagung agar tidak kering adalah kuncinya. Ini bisa dilakukan dengan cara membungkus rapat jagung menggunakan kantong plastik atau menggunakan wadah yang kedap udara ke dalam kulkas.

Wadah atau plastik yang rapat dapat membantu kelembaban jagung. Buah Tak hanya sayuran, buah-buahan pun juga memiliki cara-cara penyimpanan tersendiri agak tak mudah busuk.

Itu lah beberapa manfaat dari Jenis Sayur Yang Tahan Lama yang bisa kita ketahui. Jika teman-teman ingin mencari mesin untuk alat pres kedap udara untuk pengemasan silahkan membaca artikel berikut Mesin Vacuum Sealer teman-teman juga akan menemukan spesifikasi lengkapnya disana. Selain penggunaannya mudah, mesin ini juga akan membuat makanan semakin awet dan tahan lama karena kedap udara.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!