Jenis Jenis Sayuran yang Tahan Lama Apabilah di Simpan

Jenis Jenis Sayur Yang Tahan Lama  – Sayuran adalah semua jenis tanaman atau bagian dari tanaman yang bisa diolah menjadi makanan. Agar sayuran bisaa tetap segar dan tahan lama disimpan di lemari es, tapi ada kemungkinan layu dengan cepat. Berikut ini adalah jenis sayur yang tahan lama

Ya, lemari es adalah salah satu peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki setiap keluarga dan bermanfaat untuk membantu menyimpan dan menjaga kualitas makanan. Namun, yang perlu Kalian ketahui adalah bahwa lemari es bisa mengubah cita rasa makanan.

Tahukah Anda bahwa kadang kita selalu salah menaruh atau menyimpan makan di dalam lemari es yang menurut kita bertujuan agar makanan tersebut lebih awet. Namun, itu salah karena justru akan merusak kualitasnya dan bahkan membuat jamur berkembangbiak. Berikut jenis sayur yang tahan lama yang tidak perlu disimpan dalam lemari es.

Berikut Jenis Jenis Sayur Yang Tahan Lama

jenis jenis sayuran

1. Wortel

Wortel adalah jenis sayur yang banyak mengandung vitamin A dan jenis sayur yang tahan lama. Cara menyimpan wortel tidaklah sulit. Untuk penyimpanan dalam kulkas, wortel tak perlu dicuci. Proses cuci hanya dilakukan jika wortel akan dimasak.

Potong bagian daun dan masukkan batang wortel ke plastik berisi air dingin. Karena daun wortel bisa menyerap kelembaban batang, sebaiknya dipisahkan untuk dibuat sup atau kaldu sayur. Tutup wadah yang digunakan penyimpanan dan pastikan kedap udara, lalu masukkan ke kulkas. Wortel bisa tahan dalam kulkas selama 2 minggu.

2. Kentang

Ini salah satu jenis bahan baku untuk membuat berbagai macam jenis makanan dan juga menjadi bahan pangan utama untuk yang sedang menjalankan diet. Cara terbaik untuk menyimpan kentang yaitu tidak menempatkannya bersama jenis sayuran lainnya. Apalagi, bila ditaruh berdekatan dengan bawang karena bisa memicu bawang mengeluarkan gas yang menyebabkan pembusukan lebih cepat.

3. Seledri

Seledri memiliki tangkai daun yang menebal dan pertumbuhannya memiliki suhu udara yang cukup lembab, seledri yang banyak dipakai dan ditanam adalah seledri daun. Simpan seledri utuh (jangan potong bagian atasnya atau akarnya) dalam air agar bisa tahan berminggu-minggu. Pastikan Anda rutin mengganti airnya.

4.Terong

Sayur ini termasuk yang disukai untuk vegetarian dan termasuk ke dalam manfaat sayur-sayuran dan digunakan sebagai keperluan memasak. Agar terong tahan lama dan tetap segar saat dimasak yang perlu dilakukan adalah meletakkannya di udara terbuka hingga terong matang. Ketika matang dan lembut, barulah siapkan terong untuk dimasak menjadi makanan yang lezat.

5. Jamur

Fungi atau jamur bukanlah tumbuhan dan berkembang biak dengan spora, biasanya berbentuk payung dan pada umumnya tumbuh di daerah berair atau lembap atau batang busuk.Cara terbaik menyimpan jamur adalah menempatkannya di dalam kantong plastik. Kemudian, beri lubang agar jamur mendapatkan sirkulasi udara.

6. Kubis

Kubis bulat merupakan nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Sayuran ini sering dipakai sebagai sajian lalapan.Cara terbaik untuk menyimpan sayuran ini adalah dengan menjauhkan kubis dari sinar matahari.

7. Bawang putih

Gunakan kantong kertas untuk menyimpan bawang putih ke tempat yang sejuk dan gelap. Karena suhu dingin dalam lemari es mampu mengurangi cita rasa bawang putih dan mempengaruhinya menjadi tidak tahan lama. Selain itu, kondisi tempat yang dingin juga dapat menyebabkan jamur bisa berkembangbiak.

8. Kangkung

Kangkung itu ternyata mengandung vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, sitosterol. Saat Anda belanja pilihlah kangkung yang muda dan segar dengan bentuk daun utuh dan batangnya terasa renyah. Sebaiknya diolah langsung karena kangkung mudah layu.

Sayuran ini dapat bertahan simpan 1 hari dengan cara merendam akar kangkung di ember dan taruh di tempat teduh. Atau bisa disimpan dalam kulkas. Dengan di petiki daunnya berikut kumpulkan batangnya yang muda dan taruh dalam wadah kedap udara. Jangan cuci kangkung jika akan disimpan,

9. Cabai

Untuk menyimpan cabai cukup mudah caranya. Pilih cabe yang utuh dsn segar serta pisahkan dari cabe-cabe yang terpotong, layu, busuk, ataupun kering. Jangan dicuci karena kondisi basah si cabe, akan membuat si cabe membusuk akan lebih cepat daripada kondisi normalnya. Masukkan ke dalam wadah yang telah tutupi lapisan koran kemudian tutup rapat-rapat.

Tiap dua hari sekali, buka wadah supaya ada pergantian udara disana. Bila perlu, ganti wadah dan juga kertas koran yang mungkin sudah lembab. Segera pisahkan cabe yang tampak layu atau kering atau mulai membusuk dari yang lain agar stok cabe anda tak tertular.

Sayuran Ungu yang Menyehatkan

Banyak manfaat yang bisa didapat jika mnegonsumsi sayuran ungu berikut ini. Bukan hanya jenis sayur yang tahan lama berwarna hijau saja yang dapat menyehatkan tubuh, namun sayuran ungu juga dapat menyehatkan tubuh. Bahkan kandungan vitamin, mineral dan anti oksidan yang ada dalam sayuran ini lebih tinggi.

Itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf dan jangan lupa untuk mengunjungi mesin vacuum sealer. Saya  ucapkan terima kasih tela berkunjung keartikel kami