Jenis Jenis Nasi Yang Enak Dan Pasti Bikin Kamu Suka

jenis-jenis-nasi

Makanan Indonesia memang sangat beragam. Setiap tempat memiliki lumayan banyak jenis makanan dan juga beragam pula cara penyajiannya lho. Salah satu contohnya yakni nasi. Ngomong ngomong soal nasi, kali ini kita akan membahas jenis jenis nasi yang enak.

Indonesia yakni negara yg amat sangat suka mengkonsumsi nasi. Nasi telah menjadi bahan pokok untuk disantap setiap hari nya. Mulai untuk makan pagi alias sarapan, makan siang, sampe di makan saat mlm hari. Dari anak balita sampe orang dewasa, semua nya tentu saja pasti menyukai nasi.

Nah kali ini, kita akan membahas macam macam olahan nasi khas Indonesia yang hampir selalu bikin ngiler lidah. Kalian penasaran? Langsung di cek aja guys!

Jenis Jenis Nasi Yang Pastinya Enak dan Tentu Bikin Kamu Suka

jenis-jenis-nasi

1. Nasi Uduk

Nasi uduk terbuat dari bahan beras biasa yg pastinya dimasak dengan menggunakan santan kelapa serta beberapa bumbu lain semacam daun salam, sereh, dan bahan lainya. Bagi masyarakat Betawi, nasi uduk umumnya disajikan disaat menggelar kenduri serta bukan lah nasi yg disantap untuk dimakan sehari hari.

Akan tetapi nasi uduk biasanya juga sering dijajakan oleh penjual keliling. Nasi uduk ini akan dibungkus dengan daun pisang, dibubhi bawang goreng dan tentunya jugasambal, dan dipadukan dengan beragam masakan.

2. Nasi Bakar

Nasi bakar dapat disebut juga nasi buri dlm bahasa Sunda loh. Nasi bakar yakni produk proses lanjutan dari nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau dirempah rempah, setelah itu dibungkus daun pisang dan juga dibakar diatas api. Pembakaran tidak sampai tersentuh api.

Nasi bakar begitu dibuka dari bungkusnya memiliki aroma khas yg pastinya membuat orang lapar menelan ludah. Kalau disuapkan ke dalam mulut dan juga dikunyha perlahan lahan, rasanya lebih legit, lebih wangi serta lebih enak daripada nasi biasa. Nah umumnya untuk membuat beras, perlu menggunakan jual mesin pemanen padi.

3. Nasi Liwet

Jadi kalo namanya nasi liwet itu, artinya yakni nasi yg memakai proses liwet. Yaitu teknik memasak nasi dengan cara mencampur beras dan juga air, bisa air putih atau pun air santan, di dalam satu tempat khusus. Tempat yng dapat dipakai bisa ketel, kastrol, dan atau dandang untuk memasak nasi sampe matang.

Nasi gurih yng dimasak dengan santan ini tentu dengan paduan lauk ayam suwir areh ataupun sari santan kental. Pengunjung akan melihat berjajar sajian pelengkap, semacam potongan hati ampela ayam, tempe serta tahu bacem, dan juga telur rebus berbumbu yg diletakkan di atas meja.

Di Solo, tak hanya di warung akan tetapi liwet juga banyak dijajakan oleh ibu ibu dengan cara digendong. Uniknya nih, selain biasa disajikan dalam pincuk atau pun daun pisang, nasi liwet juga bisa disantap dengan sendok daun lohh.

4. Nasi Timbel

Jika Anda sekalian berkunjung ke Bandung atau pun ke daerah Jawa Barat lainnya tentunya akrab dengan suguhan nasi timbel yang khas disajikan di warung ataupun restoran sunda ala lesehan. Siapa yg nyangka lho, nasi timbel ini ternyata dulunya dijadikan sebagai bekal makanan yg dapat dibawa pergi kemanapun lho.

Kelezatan dari nasi timbel terletak pada aromanya yg khas sekali yakni aroma daun pisang. Aroma ini tercipta dikarenakan nasi dibungkus panas panas jadi aroma daun pisang langsung muncul serta meresap ke dalam nasi lho.

Nasi timbel pada awalnya ditujukan sebagai bekal. Membungkus nasi dengan cara ini dianggap lebih praktis lho dalam pembuatan maupun disaat dibawa kemana mana.

Lauk pauk yg biasa terlihat melengkapi nasi timbel ternyata cukup bervariasi mulai dari ayam goreng, ikan asin, ikan lele, hingga tempe dan juga tahu. Akan tetapi yg wajib tersaji dalam suguhan nasi timbel yakni sambal terasi serta lalapan seperti mentimun dan juga daun kemangi segar.

Cukup sekian artikel mengenai jenis jenis nasi, semoga bermanfaat. Terimakasih. Bila Anda ingin membaca artikel artikel positif lainnya Anda dapat mngkliknya disini.