Daur Ulang Botol Bekas yang Menarik dan Sederhana Untuk Dibuat

daur ulang botol bekas

Kemarin saya membahas mengenai Aneka Masakan Sosis dan Untuk saat ini saya akan membahas mengenai Daur Ulang Botol Bekas yang unik  dan sangat menarik untuk dibuat. Bila anda anda pengusaha tutup botol bisa melihat beberapa mesin capping/ penutup botol yang sangat berkualitas dan juga bagus. jual alat pembuat sosis.

Botol plastik mungkin merupakan benda anorganik yang sangat sulit terurai jika telah menjadi sampah. Oleh karena itu, pemanfaatan kembali atau recycle adalah hal yang sangat bijak untuk kita lakukan.

Apalagi mengingat sampah yang ada di Indonesia ini, sudah mulai menggunung. Nah, penting sekali nih anda untuk mengurangi sampah plastik dengan cara mendaur ulangnya. Jika anda mempunyai beberapa botol plastik di rumah, jangan dibuang begitu saja ya.

Kamu bisa memanfaatkan botol tersebut menjadi barang yang berguna. Dan untuk mendukung program daur ulang botol plastik demi mengurangi sampah, berikut ini ada 3 ide kreatif daur ulang botol bekas dan cara pembuatannya:

Beberapa Contoh Daur Ulang Botol Bekas

1. Kerajinan Terompet dari Botol Plastik Bekas

daur ulang botol bekas

Bahan yang diperlukan:

  • Guting
  • Botol plastik tebal
  • Lakban
  • Balon ukuran besar
  • Kertas hiasan
  • Karet gelang

Cara membuat:

  1. Pertama siapkan lah botol plastik, potong tepat di bagian tengah menjadi 2 bagian yang sama panjang.
  2. Kemudian, lihat bagian bawah dari botol dan buat lubang di bagian bawah botol tersebut. Besar lubangnya yakni 2 kali lipat dari besar lubang penutup botol tsb
  3. Di bagian mulut botol, buka penutupnya bisa memasukkan mulut botol tersebut ke dalam botol yang telah dilubangi sebelumnya sehingga posisi dasar dan juga mulut botol sejajar.
  4. Lubang pada bagian mulut dan dasar botol ditutupi dengan memakai balon tiup, sampai tidak ada udara yang memungkinkan masuk ke dalam bagian dasar dan juga mulut botol.
  5. Ikat dengan kencang mulut dan dasar botol yang dilubangi tadi dengan mengunakan karet gelang. Sebab, semakin kencang ikaan, maka akan semakin nyaring pula bunyi yang dihasilkan.
  6. Tutupi celah yang ada di botol dengan menggunakan lakban.
  7. Setelah itu, guntinglah berbagai kertas-kertas hiasan untuk menambah nilai dan kemewahan terompet tersebut

2. Lampu Hias Botol Plastik

daur ulang botol bekas

Contoh daur ulang yang sangat sederhana dapat anda buat di rumah adalah lampu hias botol plastik. Membuat lampu hias botol plastik bukanlah sesuatu yang rumit, loh. Karena kita hanya membutuhkan bahann bekas yang sangat sederhana. Kalian dapat membuatnya di rumah, berikut saya sajikan bahan dan cara pembuatannya.

Bahan yang diperlukan:

  • Botol bekas
  • Gunting atau cutter
  • Lem
  • Sendok plastik

Cara membuat:

  1. Pertama, potong botol plastik bekas menjadi 2 bagian, jangan lupa untuk memotong juga sendok plastik yang sudah disediakan.
  2. Lalu, setelah itu tempelkan sendok bekas ke bagian botol dengan menggunakan lem sampai semuah seluruh permukaan botol tertutup oleh sendok plastik.
  3. Lampu hias dari sebuah botol bekas telah siap anda gunakan untuk menerangi ruangan rumah-mu.

3. Tirai dari Botol Plastik, Daur Ulang Botol Bekas

daur ulang botol bekas

Kenapa kita tidak memanfaatkan barang bekas yang ada? Salah satunya botol plastik bekas. Dari pada dibuang dan merusak lingkungan, alangkah baiknya kita daur ulang jadi barang yang menarik dan bermanfaat.

Tidak hanya untuk menghiasi dinding saja, tapi juga bisa dipakai untuk tirai pintu kamar, tirai ranjang, tirai jendela kaca maupun kap lampu. Proses daur ulang botol plastik menjadi tirai ini sangat mudah loh untuk kamu lakukan di rumah.

Bahan yang diperlukan:

  • Botol bekas berwarna bening
  • Benang
  • Gunting
  • Cutter
  • Paku dan palu

Cara membuat:

  1. Potong benang sesuai dengan panjang yang diinginkan dengan ukuran yang juga sama.
  2. Lubangi ke-4 sisi setiap lembaran botol tsb.
  3. Buatlah potongan kecil memanjang dari sisa badan botol untuk dijadikan pengait benang.
  4. Buat potongan kecil memanjang dari sisa badan botol untuk dijadikan pengait benang.
  5. Ikat benang pada sebuah pengait kemudian masukkan lewat lubang lembaran bunga.
  6. Susun satu-persatu lembaran bunga dari botol.
  7. Setelah lembaran bunga membentuk sebuah tirai, pasang lah pada benang/ paku untuk dasar tirai/ hiasan dinding.

 

Demikian darri sedikit artikel ku ini jika ada slaah mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih