Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet

cara menyimpan sayuran agar awet

Haiii. apakabar semuanya? Walaupun kondisi sedang tidak baik baik saja tentunya kita harus tetap semangat. Pda artikel kali ini akan membahas tentang “Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet”. Salah satu solusi agar sayuran tetap awet adalah di simpan didalam kulkas. Dengan prosedur yang sesuai dan cara yang benar, Craa yang benar? Yuk simak pembahasan artikel dibawah ini !

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet

Sayuran memiliki kandungan air sekitar 90%. Karena kandungan air yang tinggi, sayuran cenderung membusuk jika disimpan terlalu lama. Proses pembusukan sayuran dimulai setelah panen. Aliran air, sumber utama asupan sayuran, berhenti secara otomatis. Agar sayuran tetap segar dan dalam kondisi baik, ada beberapa cara mudah menyimpan sayuran di lemari es.

Memberikan kelembaban

Seperti yang kita ketahui, sayuran mengandung 90% air. Kandungan airnya harus dijaga agar awet dan tidak membusuk. Cobalah untuk membiarkan sayuran bernafas. Untuk menjaga kadar air sayuran, Anda bisa menyimpannya dalam plastik berlubang. Kemudian masukkan saja ke dalam lemari es.

Cuci dan keringkan sayuran sebelum disimpan.

Segera setelah membeli sayuran, cuci setiap bagian dengan air mengalir dan sabun antibakteri. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bakteri mati dari tanaman. Ini karena bakteri adalah salah satu faktor yang menyebabkan kerusakannya cepat. Setelah dicuci, keringkan sayuran dengan kain dan masukkan ke dalam lemari es.

Pisahkan buah dan sayuran.

Jika Anda ingin membeli buah dan sayuran sekaligus, pisahkan saat Anda menyimpannya di lemari es. Karena buah-buahan menghasilkan etilen, yang dapat mempercepat pematangan makanan lain. Tidak ada lagi yang dapat mempengaruhi proses penguraian sayuran lebih cepat.

Urutkan sebelum menyimpan.

Sebelum menyimpannya di lemari es, ada baiknya Anda memesan sayuran yang sudah dibeli sebelumnya. Hapus semua warna yang menguning atau menyepuh untuk mencegah kerusakan menyebar ke area lain. Jangan lupa untuk memotong sayuran akar sebelum disimpan.

Periksa suhu lemari es

. Bagaimana cara menyimpan sayuran di lemari es? Selalu periksa suhu lemari es untuk menyimpan sayuran dalam waktu lama. Suhu yang cocok untuk menyimpan sayuran adalah 1-4 derajat Celcius. Pada suhu yang lebih tinggi, bakteri berkembang biak dengan mudah dan sayuran berbau tidak sedap

Baca Juga : Cara menyimpan sayuran agar tetap segar

Tidak semua sayuran bisa disimpan di lemari es.

Ada beberapa sayuran yang bisa disimpan di lemari es. Salah satunya adalah tomat. Karena suhu dingin justru dapat menghambat proses pematangan buah tomat. Hal yang sama berlaku untuk daun kemangi jika Anda menyimpannya di lemari es, karena daun kemangi mudah layu dan tidak segar

Susun sayuran sesuai dengan variasinya masing-masing.

Kulkas biasanya memiliki 3-4 kompartemen penyimpanan. Gunakan setiap rak untuk menyimpannya sesuai dengan jenisnya masing-masing. Misalnya, di rak bawah untuk menyimpan sayuran berdaun hijau seperti sawi, kangkung, dan bayam. Karena rak bawah pada dasarnya memiliki suhu yang stabil. Menyimpan sayuran berdasarkan jenisnya memudahkan untuk memeriksanya setiap hari.

Simpan sayuran dalam bentuk utuh.

Jika Anda ingin sayuran yang Anda beli bertahan lebih lama, pertimbangkan untuk menyimpannya utuh. Jika Anda memotongnya lebih awal, sayuran akan membusuk lebih cepat. Sayuran hanya perlu dipotong dari akarnya sebelum disimpan di lemari es.

Pastikan kulkas bersih.

Kulkas yang bersih penting karena meningkatkan kualitas sayuran. Jika lemari es kotor, kualitas sayuran tidak akan baik dan proses pembusukan akan lebih cepat. Jadi pastikan Anda selalu membersihkan kulkas.

Pentingnya Sayur Dalam Tubuh

Namun tahukah Anda apa sebenarnya manfaat sayuran bagi tubuh? Mengapa begitu penting bagi tubuh?
Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan super yang baik untuk kesehatan dan dapat melindungi kita dari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Sayuran juga memiliki berbagai bahan yang sangat sehat, termasuk serat, vitamin, dan antioksidan.
Kalaupun sangat sehat, dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayur dan buah setiap hari dengan total 400 gram.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet dan  Manfaat sayur untuk tubuh

Secara rinci, berikut adalah manfaat kesehatan dari makan sayuran yang bisa Anda dapatkan:

1. Baik untuk pencernaan

Seperti yang kita ketahui, sayuran merupakan sumber serat terbaik bagi tubuh.
Serat merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit serta gangguan pencernaan lainnya. Manfaat mengonsumsi sayuran berserat tinggi juga menurunkan risiko kanker usus besar.

2. Dapatkan berat badan ideal

Manfaat sayuran ini tercapai karena sayuran merupakan sumber makanan yang rendah lemak dan rendah kalori.
Maka dari itu, manfaat mengkonsumsi sayuran ini baik untuk anda yang sedang berdiet dan berusaha membatasi asupan kalori tubuh.
Tentu saja, manfaat sayuran tersebut tidak akan tercapai jika sayuran tersebut diolah dengan cara yang tidak sehat.
Manfaat sayuran tercakup ketika pengolahannya dilakukan dengan cara digoreng atau dibumbui dengan banyak minyak, garam, atau bahan tinggi lemak lainnya.

3. Mencegah hipertensi

Sayuran hijau kaya akan nitrit dan nitrat. Oleh karena itu, manfaat makan sayur dapat melindungi Anda dari tekanan darah tinggi.
Selain itu, lemak tak jenuh dalam kacang-kacangan dan minyak zaitun dapat memberikan manfaat yang sama seperti makan sayuran.

4. Mengurangi risiko kanker

Sayuran seperti kubis, kembang kol dan brokoli mengandung indole dan isothiocyanates.
Keduanya merupakan komponen yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, payudara, kulit, dan berbagai jenis kanker lainnya.Brokoli yang masih berbentuk kuncup juga memiliki kandungan sulforaphane yang lebih tinggi dibandingkan brokoli berukuran besar.

Komponen ini diketahui membantu melindungi tubuh dari kanker.Lagi pula, hampir semua sayuran kaya akan antioksidan. Oleh karena itu, manfaat mengkonsumsi sayuran dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang berlebihan.Paparan yang berlebihan dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan memicu pembentukan sel kanker.

5. Meredakan Stres

Tidak banyak yang mengetahui manfaat dari sayuran ini. Ya, sayuran juga dapat membantu mengurangi stres karena secara alami membantu meningkatkan mood Anda.
Plus, makan sayur akan membuat Anda merasa lebih sehat dan segar. Bahkan, sayuran juga dipercaya dapat meredakan gejala depresi.

6. Membuat kulit Anda sehat

Bukan rahasia lagi bahwa sayuran membuat kulit lebih sehat dan lebih padat, bercahaya dan berkilau.
Manfaat sayuran ini berasal dari kandungan sayuran yang baik untuk kulit, seperti:

  • Vitamin C dalam sayuran berwarna oranye dan hijau sangat membantu dalam merangsang produksi kolagen sehingga kulit tampak montok dan kencang
  • Lycopene dalam sayuran merah, yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Antioksidan dalam sayuran berwarna biru atau ungu seperti terong dan kubis ungu membantu melindungi kulit dari radikal bebas

7. Rambut sehat

Ingin memiliki rambut indah berkilau? Makan lebih banyak sayuran. Karena manfaat sayuran unik ini didapat dari berbagai komponen yang diperlukan untuk memperkuat rambut dan menjaga kilaunya, seperti vitamin A, vitamin C, beta-karoten, likopen dan antioksidan.

8. Menjaga imunitas

Sayuran sangat bermanfaat untuk membangun daya tubuh karena mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat. Karbohidrat pada sayur berasal dari serat larut dan tidak larut.Serat, terutama serat larut, mampu mengubah sel yang memicu inflamasi atau peradangan menjadi sel yang mencegah inflamasi.

Sementara, salah satu vitamin yang mampu menjaga kekebalan tubuh adalah vitamin C.Dikutip dari riset Nutrients, vitamin C membantu mengurangi risiko infeksi sehingga daya tahan tubuh lebih kuat. Selain itu, vitamin C bersifat antioksidan sehingga melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Manfaat sayur banyak sekali bukan? Bagaimana jika tubuh kita tidak mengonsumsi sayur? Pasti akan terjadi penyakitan pastinya atau juga sering sakit. Begitu pentingnya sayuran untuk tubuh kita. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sekian terimaaksih semoga dapat mebanyu dan selamat mencoba.