Cara Menggoreng Sale pisang Supaya Renyah Dan Tahan Lama

Cara Menggoreng Sale pisang Supaya Renyah Dan Tahan Lama

Sale Pisang

Cara Menggoreng Sale pisang Supaya Renyah Dan Tahan Lama

adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang dipotong tipis-tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. Saat ini sale pisang juga diju dalam berbagai varian rasa. Saat ini, produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional.

Produk sale pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.

Sale pisang merupakan makanan khas Asli dari Karangpucung dan Majenang yang terletak di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Namun dalam perkembangannya banyak kota lain yang mengembangkan dan memproduksi Sale Pisang. Sehingga saat ini banyak pendapat bahwa keaslian Sale Pisang seperti diakui dari kota tertentu.

Nah ini dia jika kalian masih bingung berapa lapa menjemur sale pisang ini??

Kupas pisang, kemudian iris tipis memanjang. jemur pisang hingga kering, jika panasnya terik hanya perlu di jemur 2-3 hari. Setelah pisang mengering, siapkan adonan tepungnya. Campurkan semua bahan pencelup larutkan dengan air sedikit demi sedikit.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungju).

Ada 3 (tiga) cara pembuatan sale pisang, yaitu:

  • Menggunakan Cara tradisional dengan menggunakan asap kayu;
  • Lalu pengasapan dengan menggunakan asap belerang;
  • Juga bisa denganCara basah dengan menggunakan natrium bisulfit.

Proses pengasapan dengan menggunakan belerang berguna untuk:

  • Dengan Memucatkan pisang supaya diperoleh warna yang dikehendaki;
  • Juga bisa untuk mematikan mikrob (jamur, bakteri);
  • Mencegah perubahan warna.

Nah di sini saya akan menjelaskan bagamana agaar keripik sale pisang bisa renyaah berikut inilah cara pengolahanya.

Bahan Bahan:

  • Pisang tanduk atau ambon yang sudah matang sebanyak 2 sisir
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram
  • Air putih sebanyak 400 ml
  • Minyak goreng sebanyak 1000 ml
  • Vanili bubuk sebanyak 1 sdt

Cara Membuat Sale Pisang Agar Renyah:

  1. Kupas kulit pisang setelah itu iris tipis-tipis. Pisang kemudian dijemur hingga berwarna kering kecoklatan.
  2. Siapkan wadah, kemudian campur tepung terigu bersama dengan vanili bubuk, gula pasir, dan sedikit air. Sebaiknya air dituangkan sembari mengaduk adonan agar bisa mengetahui keenceran adonan.
  3. Pisang yang sudah dijemur kemudian dilumuri adonan hingga rata. Setelah itu goreng dalam minyak panas dan menggunakan api besar. Setelah sale matang dan berwarna kecoklatan, angkat pisang dan tiriskan di atas piring hingga minyak benar-benar hilang. Anda bisa menggunakan mesin peniris minyak untuk menyerap minyak dan bisa membuat menjadi lebih renyah
  4. Siapkan wadah untuk menyimpan sale. Sebaiknya disimpan dalam toples atau plastik kedap udara, sehingga sale tetap renyah dan bisa tahan lama.

Baca juga:Cara Membuat Keripik Sale Pisang yang Enak Dan Renyah

.Saa ini Sale pisang juga bisa di jadikan bahan untuk bisnis dengan modal kecil dan bisa endapatkan laba yang lebih besar dari modal awal.

Nah caranya cukup mudah kan kalian bisa membuat camilan ini di rumah kalian sendiri dan lebih menguntungkan juga cocok buat para kaum rebahan seprti kalian yang suka ngemil. Terimaasih slamat mencoba:)