mengemas snack dengan kekinian

Cara Mengemas Snack dengan Menarik Supaya Dapat Menunjang Market

Cara mengemas snack dengan menarik juga bisa diperhatikan lebih lanjut, karena nantinya kemasanlah yang akan dilihat pertama kali dan menjadi center saat snack yang kamu produksi sudah dipasarkan. Selain kemasannya yang menarik, kualitas dari cemilan yang ada juga harus berkualitas.

Meningkatkan penjualan memang menjadi perkara yang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mendorong produk bisa terkenal dan laku di pasaran. Hal ini akan saling berkaitan satu sama lain, mulai dari bahan produk, pengolahan atau produksi, pengemasan, dan juga pemasaran.

Untuk mendukung penjualan yang terus meningkat, kamu bisa memanfaatkan kemasan yang menarik untuk menunjang market? Simak artikel berikut ini!

 

Cara Mengemas Snack dengan Menarik

cara mengemas snack dengan menarik

Cara mengemas snack dengan menarik perlu memperhatikan keindahan, karena nantinya itu yang akan menjadi identitas dari kemasan cemilan yang kamu punya dan dapat juga untuk menarik konsumen serta menjadi sarana promosi maupun iklan.

Dalam memperindah kemasan tentu kita perlu inovasi kreatifitas. Inovasi tersebut dapat dibentuk dengan kemasan dan desain yang padu supaya dapat lebih menarik dari pasaran umumnya.

 

Cara Membuat Kemasan Snack yang Menarik

1. Kreatif dan Ekonomis

Kemasan makanan harus inovatif dan kreatif, serta mempermudah konsumen saat membawa dan mengkonsumsinya karena saat ini kebanyakan konsumen lebih mengutamakan nilai kepraktisan. Dengan nilai praktis itu kemasan yang ditawarkan harus memiliki penutup yang aman.

Baca Juga : Cara Mengemas Nasi dengan Plastik Agar Tidak Cepat Basi

 

Karena jika penutupnya tidak aman dan kuat, kemasanmu bisa saja akan mudah terbuka dan menjadikan camilan yang ada didalamnya menjadi melempem. Maka dari itu saat pengemasan juga perlu memperhatikan segel, pilihlah alat pres yang kuat dan berkualitas.

Kamu juga perlu menyesuaikan jenis alat pres dengan kemasan yang akan kamu pasarkan.

2. Warna dan Ciri Khas

Penggunaan warna yang cerah dan menarik pada kemasan produk akan membuat kemasan terlihat lebih menonjol dari sisi pewarnaan. Efek mengkilat yang dihasilkan dari warna kemasan itu juga akan memberi kesan mewah dan bermutu pada kemasan produk. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik.

Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dijual. Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya.

3. Informatif

Kemasan yang dipakai harus mengandung informasi yang jelas supaya dapat menjadi perhatian para konsumen saat membeli produk makanan ringan. Karena informasi pada kemasan dapat memberikan informasi penting dari produk tersebut.

Informasi yang diberikan biasanya berupa cara penggunaan, manfaat, data legalitas, dan tanggal baik digunakan (expired)

4. Ukuran

Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tidak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen.

5. Special pack

Tak lengkap rasanya jika menjual produk dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik

6. Penyesuaian Target

Cara mengemas snack agar menarik perlu memeriksa target pasar, karena dengan kemasan yang menarik dan mewah tampilannya tentu memiliki harga tinggi yang akan memberatkan harga jual pada konsumen. Dengan begitu hal ini harus dipertimbangkan dengan target pasar yang akan dibidik.

 

Peranan Kemasan Snack yang Menarik untuk Penjualan

peranan kemasan yang menarik

Setelah membahas mengenai cara mengemas snack dengan menarik, lalu apa sih peranan atau pengaruh penggunaannya untuk penjualan produk itu sendiri? Berikut peranannya :

1. Pendekatan Antara Gaya Hidup dan Minat

Di zaman milenial kebutuhan gaya hidup konsumen semakin meningkat. Para produsen harus memperhatikan hal tersebut dan lebih cermat akan gaya hidup para target market produk snack. Dengan mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkannya produsen bisa mengambil peluang yang ada.

2. Pendekatan Personal

Makanan ringan zaman dulu bisa bertahan sampai saat ini tidak hanya karena loyalitas para konsumen. Cara mengemas snack agar menarik perlu dilakukan pembaharuan supaya dapat semakin dekat dengan pembeli baru. Hasilnya, citra produk dapat meningkat dan mampu menarik lebih banyak konsumen.

3. Sebagai Alat Pemasaran

Cara mengemas snack dengan menarik dapat dijadikan salah satu pemasaran yang efektif. Produk pun akan lebih mudah bersaing dengan kompetitor dan lebih dikenali banyak orang.

 

Kesimpulan

Kemasan ada untuk memberi wadah atau tempat bagi produk yang telah selesai proses produksinya, dalam hal ini snack perlu tempat atau wadah yang proposional untuk dijadikan kemasan ketika akan didistribusikan.

Pengemasan harus memperhatikan dan menyesuaikan semua aspek, temasuk bagian bagian penting. Supaya kemasanmu dapat menjadi penunjang market, pilihlah bahan yang pasti aman untuk kebaikan kualitas cemilan dan ulasan konsumenmu.

Related Posts