cara mengemas produk yang berbeda jenis dengan plastik

Cara Mengemas Produk yang Berbeda Jenis dengan Plastik

Cara mengemas produk biasanya akan membahas mengenai pengemasan satu jenis produk, namun kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara mengemas produk yang berbeda jenis dengan plastik. Karena plastik adalah salah satu bahan kemasan yang umum digunakan.

Pada pengemasan ini, produk yang dikemas tentu saja berbeda dari yang satu dengan yang lainnya. Namun perbedaan produk itu bisa dikemas hanya dengan menggunakan kemasan berbahan plastik. Jadi disini kita akan lebih mengenal karakteristik produk dan pemilihan jenis plastik yang tepat untuk produk.

Untuk kamu para pengusaha makanan atau minuman yang sedang bingung terkait kemasan yang akan digunakan, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis ya! Karena disini saya akan membagikan informasi mengenai cara mengemas produk yang berbeda jenis dengan plastik. Silahkan disimak.

 

Plastik

plastik

Plastik merupakan salah satu produk polimer yang memiliki rantai atom panjang. Produk polimer yang satu ini banyak terbentuk dari zat atau bahan kimia yang tentu saja kurang baik untuk tubuh kita. Maka dari itu untuk membuatnya menjadi kemasan, kamu harus bisa memilah dan memilihnya dengan tepat.

Walaupun begitu, plastik ini akan tetap banyak digunakan oleh para pengusaha untuk dijadikan sebagai bahan kemasan. Yang umumnya digunakan adalah sebagai bahan kemasan makanan dan minuman. Untuk menghindari dampak buruk dari kemasan plastik, kita bisa mencari tau lebih lanjut.

Karena umumnya plastik juga masih terbagi menjadi beberapa jenis, yang mana pada jenis jenis itu memiliki kode daur ulang sebagai tanda bagi kita akan aman atau tidaknya jenis plastik tersebut untuk digunakan. Pada masa kini, para pengusaha juga sudah semakin paham dan tau akan kode daur ulang tadi.

 

Cara Mengemas Produk yang Berbeda Jenis dengan Plastik

cara mengemas produk yang berbeda jenis dengan plastik

Semakin banyaknya jenis produk makanan dan minuman yang berbeda, maka semakin bingung pula para produsen mengemas makanan atau pun minuman yang akan dipasarkan. Karena umumnya makanan makanan yang ada memiliki jenis dan karakteristiknya sendiri.

Jadi untuk mengemasnya, kamu perlu mengerti dan memahami akan jenis plastik kemasan yang cocok dan bisa melindungi produkmu. Untuk mengetahui itu, berikut ini merupakan 3 kemasan plastik yang berbeda jenis dan metode pengemasannya.

1. Kemasan Metode Nitrogen Flushing

Sesuai dengan namanya, kemasan yang satu ini dapat dibentuk dengan adanya nitrogen atau udara pengganti oksigen didalamnya. Untuk kemasan yang satu ini akan bisa melindungi makanan supaya tahan lama, selain itu juga bisa menjaga makanan yang mudah rusak serta basi.

Jenis produk yang cocok untuk menggunakan kemasan ini yaitu sejenis keripik, baik itu keripik buah, sayur atau keripik tempe. Bahkan untuk mengemas kerupuk pun juga akan aman dengan pengemasan metode nitrogen flushing ini. Jadi bisa dipastikan kalau nantinya keripik dan kerupuk yang ada akan tetap gurih.

2. Kemasan Aluminium Foil

Penggunaan kemasan aluminium foil dengan bahan plastik ini merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menghindari adanya udara atau bakteri yang masuk ke dalam produkmu. Terlebih lagi kemasan yang satu ini memiliki karakteristik atau ciri yang tidak bisa ditembus oleh cahaya matahari.

Dengan begitu maka kemasan plastik yang satu ini biasa digunakan untuk mengemas kopi bubuk. Karena kemasan ini akan bisa menjaga kualitas kopi tetap terjaga, begitupun dengan rasa serta aroma yang dimiliki oleh kopi tersebut. Selain itu kopi bubuk yang kamu kemas juga akan bisa terhidar dari basi dan bau tengik.

3. Kemasan Vacuum Bag

Berbeda dengan kemasan nitrogen flushing, jenis kemasan vacuum ini justru malah menyedot semua oksigen yang ada supaya produk yang ada didalamnya bisa lebih tahan lama. Metode yang satu ini juga sering kali dikenal dengan kemasan hampa udara.

Pada penggunaannya kemasan ini biasa digunakan untuk mengemas makanan seperti halnya sayur sayuran, daging, serta jenis makanan frozen food atau makanan cepat saji yang ada.

 

Kesimpulan

Dalam mengemas produk kamu harus bisa memastikan lebih lanjut mengenai karakteristik dari produk yang kamu pasarkan. Karena untuk cara mengemas produk ini tidak bisa sembarangan dilakukan. Jadi kamu harus benar benar memastikannya dengan tepat.

Kesalahan pemilihan kemasan untuk produk sering terjadi, maka dari itu kamu harus meminimalisirnya. Itulah tadi pembahasan mengenai cara mengemas produk yang berbeda jenis dengan plastik. Semoga bisa bermanfaat ya!!!

Related Posts