Cara Menanam Wortel di Lahan

Cara menanam wortel di lahan- membuat wortel lebih cepat di panen dan produksi yang di hasilkan lebih maksimal akan kami bahas secara lengkap. Budidaya wortel tersebut di mulai dari bibit wortel, olah lahan, cara budidaya wortel hingga cara pemanenan yang benar.

Cara Menanam Wortel

1. Syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Cara menanam wortel di lahan- agar hasil maksimal yaitu dengan menyesuaikan syarat tanam. Tanaman wortel banyak di tanam di daerah yang memiliki iklim temperate (sedang) pada musim dingin.

Cara Menanam Wortel

7. Hama dan Penyakit Tanaman Wortel

Hama dan penyakit merupakan kendala yang dihadapi oleh para petani. Serangan hama dan penyakit dapat membuat tanaman tidak berproduksi secara maksimal, bahkan akan membuat gagal panen.

Dulur-dulur harus segera membasmi dan mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman wortel. Agar tanaman wortel dapat panen secara maksimal. Berikut cara penanganan hama dan penyakit yang menyerang tanaman wortel.

A. Hama Tanaman Wortel

Tanaman wortel rentan terserang penyakit dan hama ulat tanah dan kutu daun. Untuk ulat tanah dapat di basmi dengan mencari sarangnya pada setiap pagi hari kemudian diambil dan dimusnahkan.

Sedangkan hama kutu daun tersebut sering menyerang pucuk tanaman wortel dengan cara menghisap cairan yang ada pada daun. Sehingga lama kelamaan akan menyebabkan daun menjadi keriting dan pertumbuhan tidak optimal.

B. Penyakit Tanaman Wortel

Penyakit yang sering menyerang tanaman wortel adalah bercak daun dan bintil akar. Bercak daun di sebabkan oleh jamur cercospora yang di tandai berupa bercak-bercak coklat dan warna hitam di pinggiran daun. Penyakit tersebut biasanya menyerang pada daun tua.

Cara penggunaan GDM Black Bos yaitu dengan cara di semprotkan langsung pada tanah. Kemudian saat tanaman wortel berumur 7 HST, gunakan pupuk organik cair GDM spesialis tanaman pangan dengan cara disemprot rutin setiap 1 minggu sekali.

Penyakit bintil akar pada tanaman wortel memiliki gejala ada benjolan pada umbi wortel yang di sebabkan oleh nematoda. Pencegahannya adalah dengan melakukan pergiliran tanaman jenis lain yang berbeda keluarga.

8. Cara Panen Wortel 

Jika dipanen dengan waktu yang lama, akan membuat umbi wortel menjadi keras dan kualitas wortel akan menurun. Pemanenan wortel dapat dilakukan dengan cara mencabut. Proses pencabutan umbi harus dilakukan secara hati-hati agar umbi tidak patah atau lecet karena akan menyebabkan umbi menjadi busuk dan tidak laku di pasaran.  Meningkatkan metabolisme Peningkatan metabolisme pada tubuh tikus berefek pada penurunan berat badan. Peneliti mengatakan, hasil serupa juga kemungkinan besar juga akan dialami oleh manusia.

1. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Jika Anda memiliki riwayat penyakit kulit seperti ruam atau psoriasis, maka mengonsumsi jus wortel merupakan pilihan yang tepat. Kandungan vitamin C mampu memperbaiki tampilan kulit Anda.

betakaroten pada tanaman umbi wortel juga bisa mengurangi peradangan pada kulit yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Betakaroten juga efektif melawan kerusakan kulit yang di sebabkan oleh sinar matahari. Karoten dan likopen yang ada dalam tanaman umbi wortel juga bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

2. Menurunkan kolesterol

Wortel merupakan sumber kalium yang baik. Biasanya, orang yang melakukan diet rendah kolesterol makanan yang dikonsumsi tinggi akan potasium.

Itulah panduan cara menanam wortel yang terbukti dapat meningkatkan hasil panen. Jika dulur-dulur mendapatkan berbagai permasalah mengenai cara menanam wortel, dulur-dulur bisa berkonsultasi dengan tim ahli kami melalui kolom komentar, livechat, ataupun whatsapp.