Cara Membuat Yakiniku Halal yang Nampol

Cara Membuat Yakiniku Halal

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat yakiniku halal yang sangat enak, sederhana, dan juga praktis. Rasa yang dihasilkan dari yakiniku ini sangat enak dan juga tuidak kalah dengan yang rurestoran restoran. Cara membuat yakiniku halal ini juga snagat mudah dan bahan yang digunakan juga sangat terjangkau.

Selain membahas tentang cara membuat cumi bakar madu, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat yakiniku halal.

Yakiniku

Yakiniku merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi ditelinga anda untuk kalian penikmat makanan Jepang. Masakan yakiniku ini sendiri memiliki makna bahwa hidangan ini dimasak dengan cara dipanggang diatas api. Bahkan bahan yang digunakan tidak hanya beef tetapi bisa juga jeroan atau daging babi.

Di negara Jepang sendiri jika akan mengunjungi rumah makan atau restoran masakan beef yakiniku ,pengunjung pastinya akan memilih sendiri daging mentah yang di sesuaikan dengan selera pembeli. Kemudian daging yang sudah dipilih dipanggang sendiri sesuai dengan selera diatas meja penggunjung. Bahkan sebelum daging panggang itu dimakan pada umumnya daging dicelupkan terlebih dahulu ke dalam saus yang biasa disebut dengan saus tare. Saus tare ini mempunyai dua jenis yaitu niku tare atau saus yang berbahan dari wijen dengan menggunakan saus soto tare yang tidak menggunakan wijen.

Sedangkan di daeraah Indonesia setiap memesan menu masakan yakiniku anda bisa langsung menyantap tanpa harus memanggang sendiri. Nah, jika kalian akan menghadirkan menu yakiniku di rumah sendiri. Anda juga dapat praktikkan  resep dan cara membuat yakiniku halal di bawah ini. Bahan yang akan digunakan ini adalah beef yakiniku dengan penambahan minyak wijen sekaligus menggunakan campuran bahan seperti dengan saus kedelai dan juga madu yang dapat membuat hidangan yang  disajikan tidak jauh berbeda dengan hidangan yang ada di restoran.

Cara Membuat Yakiniku halal

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • 250 gram daging sapi,lalu iris tipis
  • 2 siung bawang putih,lalu iris tipis
  • 1 butir bawang bombay,lalu iris tipis
  • 1 buah paprika merah, potong segitiga
  • 100 ml kaldu ayam
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm biji wijen,lalu sangrai
  • 5 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Beef:

  • 50 ml kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 cm jahe, iris tipis memajang
  • 1 batang daun bawang, iris 2 cm
  • 2 siung bawang putih, cincang halus

Cara Membuat Yakiniku Halal:

  1. Pertama campurkan semua bahan saus yang sudah dicincang halus.
  2. Masak hingga mendidih kemudian angkat dinginkan dan saring lalu tiriskan.
  3. Tambahkan sekitar 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis, kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih sampai keluar bau harum. Jangan lupa untuk menambahkan paprika , aduk sesekali dalam waktu sebentar, setelah itu angkat dan sisihkan.
  4. Selanjutnya siapkan wajan anti lengket lalu dipanaskan dengan 2 sendok makan minyak wijen dan juga minyak goreng biasa, dan jangan lupa masukan irisan daging sapi .
  5. Aduk aduk sampai merata dan daging berubah warna.
  6. Lalu tambahkan berbagai campuran saus dan juga dengan kaldu ayam, aduk adul lagi sampai wangi dan merata.
  7. Selanjutnya masak kembali hingga daging matang dan kuah tinggal sedikit,masukan tumisan paprika selanjutnya aduk rata kemudian angkat.
  8. yakiniku siap disajikan dengan wijen yang sudah disangrai.

Manfaat Daging Sapi

1.Membantu Mencegah Anemia

Anemia atau yang sering disebut sebagai kurang sel darah merah atau hemoglobin, bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi di tubuh. Mengonsumsi daging sapi, bisa mencegah anemia. Sebab, daging sapi merupakan sumber zat besi yang baik karena dapat diserap lebih baik oleh tubuh, dibandingkan dengan zat besi dari tumbuhan.

2.Menjaga Massa Otot

Sama seperti kebanyakan daging hewan, daging sapi juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging sapi umumnya memang mengandung semua jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, dan juga  sering disebut dengan sumber protein yang sangat lengkap. Mengonsumsi daging sapi secara teratur, dapat mempertahankan massa otot. Massa otot yang terjaga, bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit sakropenia.

3.Baik untuk Stamina

Beta-alanine yang terdapat pada daging sapi, adalah komponen yang penting untuk fungsi otot. Pasalnya, zat ini dapat memicu pembentukan karnosin di tubuh. Dengan jumlah yang sangat cukup, karnosin disebut dapat membantu untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh, dan akan memperbaiki stamina saat sedang berolahraga.

Mungkin hanya itu sedikit ulasan tentang cara membuat yakiniku halal sekaligus manfaat daging sapi untuk kesehatan. Semoga Bermanfaat!