Cara Membuat Virgin Coconut Oil Tanpa Pemanas yang Mudah

Membiasakan hidup sehat memang sangatlah penting. Selain olahraga yang teratur, makanan yang diolah dengan bahan yang alami juga akan meminimalisir risiko terkena penyakit – penyakit yang mematikan. Artikel kali ini akan membahas cara membuat virgin coconut oil tanpa pemanas dengan manfaatnya ketika digunakan sehari-hari.

Virgin Coconut Oil

VCO (virgin coconut oil) merupakan minyak yang terbuat dari daging kelapa segar yang telah diektraksi. Cara membuat minyak virgin coconut oil ini juga memiliki banyak variasi, ada yang tanpa menggunakan pemanas, menggunakan pemanas, dan baru-baru ditemukan cara spontan yang diklaim dapat meminimalisir bau tengik.

Cara Membuat Virgin Coconut Oil Tanpa Pemanas

cara membuat virgin coconut oil tanpa pemanas

Alat dan Bahan :

  • Daging kelapa segar
  • Air secukupnya
  • Wadah
  • Sendok
  • Plastik bening
  • Pemarut
  • Sedotan plastik
  • Kapas / tissue
  • Botol

Cara Membuat Virgin Coconut Oil :

  1. Pertama-tama parut daging kelapa terlebih dahulu sampai halus.
  2. Kemudian peras hasil parutan daging kelapa hingga menjadi santan (bisa juga tambahkan air sedikit agar santan yang keluar lebih banyak).
  3. Selanjutnya, masukkan santan ke kantong plastic.
  4. Setelahnya, diamkan dulu selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yakni santan di atas dan air di bawah.
  5. Setelah terpisah menjadi 2 lapisan, lubangi bagian bawah plastic dengan sedotan agar air terpisah dan terbuang
  6. Selanjutnya, tuangkan santan kental yang sudah terpisah dengan air ke wadah plastic.
  7. Tutup rapat wadah berisi santan kental tadi dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  8. Setelah didiamkan selama 24 jam akan terbentuk tiga lapisan, yakni minyak virgin coconut oil (atas), santan (tengah), air (bawah)
  9. Yang terakhir sendok minyak untuk dituang ke botol yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Minyak virgin coconut oil buatan sendiri tersebut dapat disimpan kurang lebih 8-10 bulan di suhu ruang. Dengan syarat harus ditempatkan pada wadah yang ditutup rapat untuk mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas dan kandungan dari virgin coconut oil tersebut.

Baca Juga : Manfaat Masker Kopi dan Lidah Buaya

Manfaat Virgin Coconut Oil

manfaat virgin coconut oil

1. Dapat Menangkal Bakteri dan Virus

Manfaat pertama adalah minyak virgin coconut oil ini dapat melindungi tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit. Seperti yang sudah kita ketahui, penyakit dapat bersumber dari berbagai patogen seperti bakteri, kuman, hingga virus yang tersebar di berbagai macam media.

Nah, virgin coconut oil diduga memiliki kandungan asam laurat sebanyak 50 persen dari asam lemak di dalamnya. Asam laurat ini yang berperan besar karena memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, serta anti-virus yang dapat membantu tubuh untuk melawan sumber berbagai penyakit yang mematikan.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selanjutnya yang tak kalah penting, virgin coconut oil dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Efek yang diperoleh ketika menggunakan virgin coconut oil ini adalah melembabkan bagian kulit atau rambut. Siapapun orangnya pasti bahagia memiliki rambut dan kulit yang sehat.

Mengonsumsi minyak virgin coconut oil sebagai bahan pelengkap saat memasak juga akan berdampak pada kulit dan rambut. Karena minyak virgin coconut oil ini dapat meningkatkan kadar air dalam tubuh hingga mengurangi gejala – gejala eksim penyebab kulit kusam dan gelap.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat virgin coconut oil selanjutnya yakni dapat meningkatkan kesehatan dan kelancaran pada pencernaan. Minyak virgin coconut oil sendiri memang diketahui dapat membantu tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, vitamin, dan magnesium.

Selain daripada itu, minyak kelapa juga telah terbukti meningkatkan bakteri baik dengan cara menghancurkan bakteri jahat di dalam usus. Oleh karena itu, pencernaan dapat melakukan tugasnya secara maksimal untuk menyerap berbagai nutrisi yang masuk dalam tubuh.

4. Sebagai Pengobatan Alami Alzheimer

Alzheimer diketahui sebagai penyakit yang umum dialami oleh sebagian besar kalangan lanjut usia. Meski begitu, sebagai generasi muda juga tetap harus mawas diri, karena tak menutup kemungkinan bagi generasi muda untuk terserang penyakit ini.

Beberapa kebiasaan yang baik dilakukan untuk mencegah penyakit ini bagi para generasi muda antara lain, harus dapat menerapkan pola hidup sehat dengan memilih nutrisi yang tepat saat mengonsumsi makanan. Nah salah satunya  dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan VCO di dalamnya.

Hal ini karena kandungan katon dalam virgin coconut oil telah terbukti dalam penelitian dapat menciptakan sumber energi alternatif selain insulin yang dihasilkan oleh otak. Sumber energi inilah yang dapat merangsang otak untuk tetap berfungsi secara normal.

5. Mampu Mencegah Penyakit Jantung

Di dasari dari penelitian terhadap sebagian besar orang di dataran Pasifik Selatan yang menjadikan minyak kelapa atau virgin coconut oil sebagai bagian dari pola makan, menunjukkan hasil yang luar biasa. Masyarakat yang mengkonsumsi virgin coconut oil dengan rutin dapat hidup lebih lama dengan jantung yang sehat.

Hal ini terjadi karena 60 persen energi yang diperlukan tak lain berasal dari kalori minyak kelapa yang dikonsumsi. Nah, dengan mengonsumsi kelapa yang di dalamnya mengandung minyak, tubuh dengan cepat mendapatkan banyak energi yang dibutuhkan tubuh.

6. Ampuh Mengurangi Kejang

Sampai saat ini, berbagai macam pengobatan yang dilakukan terhadap penderita epilepsi pada kalangan anak-anak. Salah satu yang banyak digunakan adalah penggunaan terapeutik yang juga biasa diterapkan pada sesorang yang sedang menjalankan program diet ketogenik.

Diet ketogenik mengupayakan seseorang untuk mendapatkan asupan karbohidrat yang rendah namun tinggi lemak. Virgin coconut oil yang mempunyai kandungan MCT disebut tepat untuk meningkatkan keton dalam tubuh dan mengurangi kejang-kejang.

7. Dapat Meningkatkan Stamina

Manfaat virgin coconut oil yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh dengan cepat. Karena virgin coconut oil dapat dengan gampangnya diserap oleh tubuh sehingga menghasilkan energi dan daya tahan tubuh yang cukup banyak.

Penyimpanan banyak energi dalam tubuh, dapat menunjang tubuh untuk menjalankan berbagai macam aktivitas lebih lama dan efisien, tanpa cepat merasa kelelahan yang berlebihan. Nah cara mendapatkan asupan nutrisi yang berkala, kalian perlu mencampurkan madu, virgin coconut oil, dan biji chia.

8. Mampu Mencegah Obesitas

Data dari sebuah penelitian mengemukakan bahwa sejumlah wanita yang mengonsumsi virgin coconut oil secara rutin disebut akan mengalami penurunan lemak pada bagian abdomen secara signifikan. Hal tersebut dikarena kandungan dari virgin coconut oil yang tinggi lemak baik serta rendah kalori.

Situasi ini menyebabkan jaringan asam lemak medium dalam virgin coconut oil secara cepat justru mengubah lemak menjadi energi bagi tubuh. Hal tersebut merangsang proses metabolisme tubuh menjadi semakin meningkat drastis.

9. Membantu Melindungi Tulang dan Gigi

Tak kalah penting, manfaat virgin coconut oil berikutnya yakni dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kandungan pada virgin coconut oil berupa antioksidan yang tinggi ditengarai dapat membantu tubuh untuk melawan penyebab gangguan kesehatan pada bagian tulang dan gigi.

Fungsi antioksidan pada tubuh sendiri dapat menghalau radikal bebas yang mengakibatkan penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang. Untuk itu, mengonsumsi virgin coconut oil secara rutin merupakan cara yang tepat dalam pencegahan penyakit osteoporosis dan penyakit pada tulang lainnya.

10. Membantu Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Terakhir manfaat yang didapatkan dari virgin coconut oil yang adalah dapat mengkondisikan kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil. Bahaya penumpukan kolesterol dan lemak jahat di dalam tubuh menjadi penyebab utama dari gangguan pada tekanan darah serta penyakit jantung.

Dengan virgin coconut oil yang mampu mengubah lemak yang terkandung di dalamnya menjadi energi, akan menjadi solusi yang tepat untu menghindarkan adanya penumpukan kolesterol dan lemak jahat berlebih di dalam tubuh. Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara membuat virgin coconut oil tanpa pemanas yang mudah untuk dilakukan dirumah. Serta beberapa manfaat yang dihasilkan dari minyak ini yang ternyata banyak kebaikan bagi tubuh. Terakhir, semoga bermanfaat bagi pembaca.