Cara Membuat Thai Tea Segar dan Mengenyangkan

cara membuat thai tea

Baik kali ini akan saya jelaskan tentang bagaimana cara membuat thai tea segar dan mengenyangkan.

Thai Tea yaitu varian teh yang berasal dari negeri gajah putih Thailand yang kini sudah mendunia dan bahkan jadi banyak sekali peminatnya. Pada  abad ke- 1980’an, ada seorang pedagang dari China yang menyalurkan teh yang mejadi bahan baku Thai Tea yaitu Cha Yen Tea yang merupakan teh hitam atau black tea. Ketika itu harganya yang cukup mahal lalu Cha Yen kemudian digantikan dengan seduhan teh Ceylon, teh hitam beraroma sangat pekat yang berasal dari Sri Lanka.

Teh jenis ini merupakan teh pilihan untuk membuat Thai tea ini memang gak bisa sembarangan karena seduhan teh tersebut haruslah memiliki aroma yang tajam dan rasa teh hitam yang sangat kuat pula. Tidak heran lagi kalau Cha Yen atau Ceylon yang terpilih menjadi kandidat dalam pembuatan Thai tea. Thai tea juga dikenal sebagai Thailand es teh atau “cha-yen”. Tidak hanya itu dari Cha Yen atau Ceylon bahan-bahan lain yang mungkin ditambahkan pada Thai tea adalah air limau, adas bintang, biji asam atau pewarna makanan merah dan kuning dan terkadang ada juga yang menambahkan rempah-rempah.

Awal Mula Thai Tea

Thai tea merupakan minuman yang ada pada awalnya hanya populer di Asia Tenggara dan di banyak restoran Amerika yang menyajikan makanan Thailand tapi untuk sekarang ini Thai tea ini sudah terkenal diselurug dunia. Thai tea ini juga gak sama dengan bubble tea. Bubble Tea ini merupakan minuman yang berasal dari Asia Timur yang berisi mutiara tapioka yang berukuran besar.

Pada teh ini mengandung rasa manis karena dicampur dengan gula dan susu kental dan tentunya disajikan dingin membuat minuman ini menjadi semakin nikmat. Susu evaporated, susu kelapa atau susu pada umumnya akan dituangkan di atas teh dan es sebelum disajikan untuk menambah rasa dan penampilan menjadi lebih menarik.

Berbagai Varian Rasa Dari Thai Tea

 

cara membuat thai tea

Memang minuman ini dikenal dengan Thai tea. Pada sekarang ini terdapat banyak berbagai varian dari Thai tea ini. Inilah yang membuat minuman ini menjadi semakin nikmat. Inilah varian dari Thai tea.

1. Dum dum thai drinks

Dum dum thai drinks adalah salah satu trend-maker dari Thai tea di tahun ini. Kepopuleran jenis minuman ini dalam gelas kemasan seperti iced milk tea yang cukup hype di ibukota, Dum Dum Thai Drinks menggebrak pasar dengan kehadiran Iced Thai Tea-nya. Dalam penyebaran jenis minuman ini tidak butuh waktu yang lama, penampakan minuman super segar ini pun sudah berseliweran di social media. Jenis thai tea Dum Dum Thai Drinks ini tidak terlepas juga dari rasa otentik yang mereka tawarkan.

2. Ying Thai

Thai tea ini merupakan thai tea dengan gaya teh tarik seperti di negeri asalnya. Kalian bisa coba Edatang ke Ying Thai yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk! Jenis teh khas Thailand di sini disajikan di dalam stainless steel mug yang biasa digunakan dalam proses pembuatan teh tarik.

3. Gambino

Jenis Thai tea Gambino hadir memadukan Thai tea yang merupakan minuman khas Thailand dan cendol dari Indonesia dengan begitu apik. Bagi  para pecinta makanan sangat disarankan kalian gak boleh sampai kelewatan untuk nyobain minuman yang satu ini.

4. Thai alley

Thai alley adalah thai tea resto. Di Thai Alley, kalian juga bisa nih pesan Thai alley ini memiliki rasa yang cukup authentic di sini.  Minuman ini memliki citarasa yang khas dan unik dari minuman ini sudah pasti tidak boleh kalian lewatkan.

5. Tom-tom

Thai tea Tom Tom ini menyediakan beragam makanan hingga minuman bercitarasa otentik khas Thailand yang cukup lengkap, salah satunya ya si minuman wajib yaitu Thai tea yang akan membuat kalian lupa sama semuanya.

6. White elephant

White Elephant menyediakan menu-menu khas Thailand namun telah disesuaikan dengan penikmat kuliner Jakarta. Sebagai menu santap makan, kalian bisa memesan Thai Iced Tea di sini yang terbilang cukup unik karena terdapat tambahan citarasa sereh sebagai penguat aroma di dalamnya.

7. Asia tale

Asia tale tertempat di kawasan Senopati, tidak ada salahnya kalau kalian berkunjung ke Asiatale Resto & Bar. Anda bisa  mencicipi beragam macam hidangan khas Asia termasuk Thai tea yang juga disajikan di sini. Untuk pilihan Thai tea di Asia tale ada 2 yaitu Green Thai Tea dan Red Thai Tea.

8. Goedkoop

Goedkoop meramu Thai tea dengan gaya mereka sendiri. Jenis Thai tea di sini disajikan hangat dengan condensed milk serta campuran sedikit kopi di dalamnya. Duh, jadi pengen nyobain deh.

Fakta Unik Tentang Thai Tea

 

cara membuat thai tea

Setelah banyaknya orang yang meminum Thai tea maka bermunculanlah fakta-fakta tentang minuman ini.

1. Berbahan Rempah

Thai tea diracik dengan berbagaia macam rempah-rempah dan berbarengan sama orange blossom water, star anise, asam jawa dan bahan rempah seperti kayu manis. Tidak salah lagi kalau rasa Thai Tea begitu khas dan menyegarkan ya!

Rempah – rempah inilah yang membuat kesegaran Thai Tea tetap terjaga. Meskipun dicampur susu dan krim, Thai tea tetap terasa pas, nggak bikin enek.

2. Campuran Teh dan Susu yang Match Dilidah

Thai tea sangat nikmat sebagaimana yang kita kenal sekarang, sebenarnya nggak pernah absen dari campuran condensed milik. Dalam pembuatan thai tea susu kental manis bukan bahan utama pembuat Thai Tea, tapi bahan ini nggak boleh sampai ketinggalan. Oleh karena itu, susu kental manis akan memperkaya rasa manis dalam Thai Tea. Kamu juga bisa menambahkan krim untuk membuat rasa Thai Tea makin sweet and creamy.

3. Dibuat Dengan Perhitungan Waktu yang Pas

Dalam pembuatan  Thai tea juga apakah kalian tahu bahwa untuk menciptakan Thai Tea dengan rasa yang sempurna, membutuhkan waktu  selama tujuh menit untuk merebus atau menyeduh teh dengan bahan rempahnya. Ingat ya, sebisa mungkin harus pas tujuh menit!

Waktu itu bakal berpengaruh buat menghasilkan rasa yang kuat pada Thai tea. Kenapa harus tujuh menit? banyak orang yang percaya kepada mitosnya, di Thailand angka tujuh adalah angka yang baik. Dalam menyelesaikan masakan dengan angka yang baik, dipercaya bakal bikin hasil masakan jadi good taste juga dan itu memang terbukti.

4. Bikin Awet Muda

Selain  itu dari rasanya yang nikmat dan segar ternyata Thai tea juga punya fakta unik lain loh. Thai tea memiliki kandungan yang dipercaya bisa bikin awet muda jika rajin meminumnya loh. Karena, didalamnya terdapat kandungan antioksidan pada vitamin C dan E dalam Thai Tea yang mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit!

Cara Membuat Thai Tea

 

cara membuat thai tea

Inilah cara membuat thai tea, yang bisa kamu bikin di rumah dan rasanya pun tidak kalah enak.

Bahan Membuat Thai Tea :

  • 20 Gram / 10 Kantung Daun Teh.
  • 30 Gram / 2 Sdm Gula Pasir.
  • 70 Gram / 2 Sachet Susu Kental Manis.
  • 300 ml / 1,5 Kotak Susu Putih Cair.
  • 300 ml / 1,5 Gelas Air Mineral.
  • Es Batu Secukupnya.

Langkah – Langkah Membuat Thai Tea :

  1. Buat Susu Evaporasi, Siapkan panci, lalu masukan Susu Putih Cair. Untuk apinya menggunakan api sedang, lalu masak susu kurang lebih 20 menit atau hingga mengental, Usahakan tidak mendidih.
  2. Buat Teh Pekat, Siapkan panci kembali, lalu masukan Daun Teh dan Air Mineral. Lalu seduh teh selama 15 menit. Hingga mendidih dan hitam pekat.
  3. Kemudian, siapkan shaker lalu masukan Susu Evaporasi, Teh Pekat, Susu Kental Manis dan Gula Pasir. Kocok dengan kuat hingga merata dan berbusa.
  4. Siapkan gelas dengan berisiEs Batu penuh, lalu tuang Thai Tea dari shaker. Jika es batu sedikit, ditakutkan akan terlalu manis. Selesai, siap disajikan.

Itulah dia cara membuat thai tea segar dan mengenyangkan. Ternyata resepnya tidak terlalu sulit. Hanya susu evaporasi, teh pekat dan kental manis. Selamat mencoba!. Anda juga bisa menggunakan mesin cup sealer atau mesin penutup gelas plastik untuk minuman seperti jus ,kopi,teh dan lain sebagainya. Mungkin itu informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…