Cara Membuat Tempura Ikan Tongkol Yang Gampang Dibuat

Cara Membuat Tempura Ikan Tongkol

Kita sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama tempura. Makanan khas Jepang ini umumnya menggunakan bahan dasar udang, kini dapat diganti dengan bahan lainnya. Anda dapat memilih bahan sayur, sosis ataupun daging. Cara membuat tempura ikan tongkol pun tidak terlalu sulit.

Pengertian Tempura

Tempura merupakan makanan yang berasal dari Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda.

Cara membuat tempura tongkol juga mudah. Selain membahas tentang cara membuat tepung gaplek, disini saya juga akan membahas tentang cara membuat tempura ikan tongkol.

Sejarah Tempura :

Tempura adalah Makanan olahan yang terbuat dari ikan atau sayuran, yang dibalut dengan campuran tepung gandum, air dan telur lalu digoreng dengan minyak sayur. Sufah banyak restoran yang biasa menyediakan tempura renyah yang baru matang secara sederhana hanya dengan bumbu garam.

Pada umumnya Tempura dimakan bersama bumbu kecap. Tempura yang dicampur dengan sedikit arak dan kaldu ikan ditambah dengan lobak tumbuk atau jahe tumbuk.

Pada mulanya kata tempura berasal dari Bahasa Portugal atau juga dari Bahasa Spanyol. Pada abad ke 16 – 17, ada Fritter, makanan yang datang dari Barat, Fritter inilah yang diperkirakan kemudian berkembang menjadi bentuk Tempura di Jepang saat ini.

Cara Membuat Tempura Ikan Tongkol

Bahan-Bahan :

  • Kakap Fillet 100 gram
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Tepung instant serbaguna
  • Telur ayam 1 buah
  • Tepung panir

Cara Membuat Tempura Ikan Tongkol :

  1. Bersihkan Kakap, kucur dgn air jeruk nipis, diamkan sejenak utk menghilangkan bau amis.
  2. Kocok telur. Masing2 tepung letakkan di wadah berbeda.
  3. Kakap yg masih basah, digulingkan ke tepung serbaguna, masukkan ke telur, gulingkan ke tepung panir.
  4. Lalu goreng di api kecil hingga warna keemasan

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Tongkol

1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi kesehatan yang kerap terjadi pada banyak orang. Saat tekanan darah kita tinggi, ini membuat jantung kita bekerja lebih keras dalam memompa darah sehingga memiliki risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan di seluruh tubuh. Tubuh memang membutuhkan kolesterol tetapi dalam tingkat yang terlalu banyak, sehingga menumpuk di dalam darah menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengeras.

3. Membantu melawan depresi

Ikan tongkol mengandung asam lemak omega-3, sebuah jenis emak yang telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Beberapa penelitian mengatakan asam lemak omega-3 ini dapat membantu Moms dari depresi.

4. Kaya Akan Natrium

Natrium juga berperan penting dalam menjaga fungsi saraf dan otot normal. Sebagian besar natrium dalam tubuh tersimpan dalam darah dan cairan getah bening. Namun ketika jumlah yang masuk dan yang dikeluarkan tidak seimbang, persediaan total natrium dalam tubuh jadi ikut terpengaruh. Saat natrium dalam tubuh rendah, Anda rentan terkena dehidrasi, muntah, dan diare.

5. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya bagi tubuh.  Mengonsumsi makanan mengandung antioksidan tinggi sangat baik untuk mencegah perkembangan kondisi seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan gangguan autoimun tertentu.

6. Mengurangi Peradangan

Peradangan sebetulnya adalah respons tubuh normal yang muncul ketika sistem imun bekerja melawan virus, bakteri, infeksi dan penyakit. Pasalnya, asam lemak omega-3 juga sekaligus merupakan antiradang yang kuat. Telah banyak penelitian yang mengamati manfaat minyak ikan tinggi omega-3 terhadap penekanan risiko perkembangan penyakit autoimun seperti penyakit Crohn, lupus, rheumatoid arthritis (rematik), dan psoriasis.

Nah, itulah cara membuat tempura ikan tongkol. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba sendiri dirumah.