Cara Membuat Tapung Gaplek Sendiri Dirumah

cara membuat tepung gaplek

Kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat tepung gaplek sendiri dirumah tanpa harus ribet. Rasa tepung ini sendiri pun juga sangat enak dan tidak terkalahkan dengan yang lainnya.

Siapa sih yang enggak kenal dengan singkong atau umbi segar ini. Tumbuhan yang mempunyai nama latin Manihot Uttilissima ini selain memiliki julukan atau nama alias yang bermacam-macam, umbi ini juga merupakan salah satu bahan pangan alternatif yang sangat potensial untuk dikembangkan secara intensif.

Singkong memiliki potensi sebagai sumber karbohidrat yang penting bagi bahan pangan. Singkong memiliki kandungan karbohidrat sebesar 34,7 gr. Adapun kandungan gizi lain dari singkong adalah energi sebesar 154 kkal, protein 1,2 gr, lemak 0,3 gr, mineral 1,3 gr, air 62,5 gr.

Semakin modern jaman sekarang, olahan singkong tidak begitu-begitu saja. Tidak hanya dijadikan makanan tradisional. Tetapi, telah banyak yang mengkreasikannya menjadi kue atau cake, puding, brownies yang berbahan dasar singkong, salah satunya cara membuat tepung gaplek ini.

Tepung

Tepung merupakan partikel padat yang memiliki bentuk berupa butiran halus bahkan sangat halus tergantung pada pemakaiannya. Biasanya tepung dipakai untuk bahan baku pabrik industri, keperluan riset, ataupun digunakan dalam kebutuhan rumah tangga, contohnya membuat kue atau roti.

Cara membuat tepung gaplek ini dapat dari berbagai bahan dengan jenis nabati, yaitu dari padi padian, umbi, akar-akaran, atau juga bisa menggunakan sayuran yang mempunyai sari pati. Salah satu contoh tepung nabati yaitu tepung terigu yang sumbernya dari gandum, tepung tapioka yang berasal dari singkong, tepung maizena yang berasal dari jagung, tepung ketan yang berasal dari beras ketan. Tepung bisa juga dibuat dari bahan hewani, seperti tepung ikan dan tepung tulang.

Ada beberapa jenis tepung yang bisa Anda temui di pasar modern, tidak hanya tepung untuk membuat kue dan makanan saja, tetapi ada juga tepung yang digunakan untuk makanan ternak atau pupuk tanaman.

Adapun cara membuat tepung bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Bahan yang akan digunakan sebagai bahan dasar tepung pastinya harus yang berkualitas supaya tepung yang didapatkan juga bagus.

Untuk melihat kualitas bahan baku tepung dengan teliti cara membuat tepung gaplek memang perlu dilakukan beberapa percobaan di laboratorium. Sebagai patokan Anda bisa menilai bobot bahan baku tepung yang akan digunakan dengan memotong atau memegangnya. Banyak jenis tepung yang sudah banyak digunakan, ada tepung terigu, tapioka, tepung kelapa dan tepung gaplek ini.

Cara Membuat Tepung Gaplek 

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • Ketela yang masih segar dan yang kualitasnya sangat baik.

Alat Alat yang Digunakan:

  • Tikar
  • Karung Goni
  • Pisau
  • Ember

Cara Membuat Tepung Gaplek:

  1. Yang pertama, Kupaslah singkong terlebih dahulu setelah itu cuci sampai bersih.
  2. Irislah singkong tersebut dengan ukuran yang tidak terlalu panjang, kemudian belah menjadi dua bagian singkongnya.
  3. Taruhlah singkong untuk dijemur di bawah terik sinar matahari selama kurang lebih 2-3 hari biasanya tergantung panas yang ada disekitar lingkuangan. lalu tutuplah singkong tersebut yang sudah dijemur dan kering kemudian tutuplah menggunakan tikar yang bersih selama kurang lebih 1 hari. Tahapan selanjutnya ini bertujuan untuk menghilangkan racun-racun yang berada pada singkong.
  4. Jemur kembali singkong tersebut sampai kering.
  5. Disebut dengan nama gaplek ialah ketika singkong telah kering.
  6. Kemudian masukkanlah gaplek ke dalam karung yang sudah di sediakan dan simpan di tempat yang sangat kering agar kualitasnya baik dan terjaga.

Jenis Singkong untuk Membuat Gaplek

1.Singkong Manggo

Singkong asal Jawa Barat yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakatnya ialah singkong manggu. Singkong Manggu berukuran kecil dengan hasil panen 75-100 ton/hektar dengan diameter batang 4-5cm. Jenis Singkong yang satu ini yang dapat dikonsumsi karena memiliki rasa yang nikmat, manis dan bisa diolah menjadi aneka macam makanan seperti brownis singkong, keripik singkong, getuk, gaplek, opak, kerupuk kulit singkong, hingga tepung mocaf.

2.Singkong Gajah

Persis seperti namanya, singkong asal Kalimantan Timur ini memang memiliki umbi yang besar, yaitu berdiameter 8 cm. Bahkan bisa sampai seukuran paha orang dewasa, dengan hasil panen 150-200 ton/hektar. Singkong yang satu ini dapat dikonsumsi dan memiliki rasa gurih seperti mengandung mentega sehingga dapat diolah menjadi kripik singkong, opak, serta untuk bahan industry, yakni dijadikan tepung hingga bahan baku bioetanol.

Mungkin hanya itu ulasan tentang cara membuat tepung gaplek yang sangat praktis dan mudah. Cara membuat tepung gaplek ini sangat mudah dan bahan bahan yang digunakan juga gampang dicari dipasaran dengan harga yang terjangkau. Semoga Bermanfaat!