Cara Membuat Sosis Sapi Dengan Cara Yang Mudah Dan simple

cara membuat sosis sapi

Cara membuat sosis sapi sebenarnya tidak terlalu sulit, karena prosesnya yang gak ribet dan tidak repot. Jika sobat ingin lebih praktis lagi sobat dapat menggunakan mesin pembuat sosis, karena mesin ini sangatlah praktis dan tidak terlalu membuang energi. Ok langsung saja kita ke pembahasanya.

Cara Membuat Sosis Sapi

Bahan :

daging sapi 500 g
tepung tapioka 200 g
putih telur 3 butir
merica bubuk 1 sendok teh
bawang putih 3 siung, haluskan
garam dapur secukupnya
gula pasir 1/2 sendok makan
air es 100 ml bisa juga pakai es serut 150 gr
plastik khusus sosis (casing) secukupnya

Langkah :

pisahkan daging dari lemak dan jaringan ikat jika ada. campur daging dengan sebagian air es.
haluskan dengan foodprocessor (bisa menggunakan blender)
campur daging dengan bahan lainnya, aduk rata. masukan adonan ke dalam plastik segitiga.
Setelah itu semprotkan adonan sosisnya ke dalam casing sampai adonanya habis. Jika sudah rapatkan lalu ikat ujung casing dengan tali, kemudian ikat kembali tiap 10 cm dari ujung ikatan.
kukus/rebus sosis hingga matang 30 menit. Angkat dan masukan dalam air dingin. tiriskan dan lepaskan sosis dari tali ikatan benangnya.
sosis siap digunakan.

Varian resep Sosis Sapi

1. Cara Membuat Sosis Sapi Rendang

Bahan :

1 kg daging sapi (aku haluskan dgn chopper)
2 telur ayam
6 sdm tepung maizena
1 kotak Susu ultra plain
Garam
Lada
4 sdm Bumbu rendang

Langkah :

Campur semua bahan, masukkan ke slongsong sosis kolagen
Tusuk2 dgn jarum setelah di ikat2 sesuai selera. Kukus 30menit
Sosis siap diolah

2. Cara Membuat Sosis Sapi Beef Telur

Bahan :

  • 250 gram Tepung terigu (setara 16,5 sendok makan)
  • 100 ml Air hangat
  • 1 1/2 sdt Fermipan\
  • 1 sdm Minyak sayur/Olive oil
  • 1/2 sdt Garam (atau sesuai selera kalo gak suka asin)
  • Sejumput Gula
  • 1/4 kg Daging sapi (cincang kecil kotak-kotak)
  • Smoked Beef 1 lembar  (potong panjang)
  • Sosis 1 buah (potong bulat)
  • 1 butir Telur ayam
  • Secukupnya Mozarella
  • Secukupnya Bubuk oregano (kali ini ku skip krn lupa beli hehe)
  • 2 buah Tomat (haluskan boleh uleg atau blender)
  • 2 sdm Saus tomat
  • 1 siung Bawang putih (iris tipis)
  • 1/4 siung Bawang bombay (iris tipis atau sesuai selera)
  • Secukupnya garam, gula, lada, bubuk cabe

Langkah :

  1. Persiapkan alat dan bahan
  2. Potong daging kotak kecil lalu tumis hingga air daging susut dan letakkan dipiring
  3. Tumis bawang putih dan bombai hingga wangi dan kuning emas. Masukkan tomat yg sudah dihaluskan dan saus tomat. Berikan gula, garam, lada putih, bubuk cabe dan sedikit penyedap. Aduk2 hingga rata. Masukkan daging sapi cincang. Masak hingga air saus asat dan sisihkan
  4. Masukkan air hangat di mangkok atau gelas. Berikan sejumput gula. Kemudian berikan fermipan dan aduk hingga berbusa. Diamkan selama 5 menit
    Siapkan adonan untuk roti pizza. Masukkan tepung terigu pada mangkok, lalu berikan garam
  5. Masukkan fermipan yg telah didiamkan 5 menit kedalam adonan. Beri minyak sayur dan aduk rata hingga tepung dan air tercampur

Langkah 2 :

  1. Uleni adonan hingga tidak ada yang lengket dan empuk seperti mochi atau seperti mainan squishi. Jika campuran awal masih terlalu lengket tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan empuk.
  2. Jangan lupa untuk mengoleskan minyak ditangan agar tidak menempel
    Jika adonan sudah tidak lengket dan empuk, letakkan adonan didalam mangkok dan tutup dengan kain.
  3. Tunggu hingga 15-20 menit hingga adonan mengembang
  4. Kemudian, adonan yg telah mengembang tersebut diletakkan diatas loyang pizza yg telah diolesi minyak terlebih dahulu. Jika mau tebal sama rata boleh diroll dengan roll roti. Tapi aku sendiri sih cuma pake tangan hehe. Dikira2 aja biar tebal sama
  5. Untuk pinggiran bebas. Mau ditekuk biar ada yg tebal model pizza hut, mau dipolos biasa, mau diisi pinggiran boleh bebas. Aku sendiri diisi sosis dipotong memanjang jadi 2 biar hemat wkwk
  6. Lalu tusuk2 sedikit adonan diloyang dengan garpu biar nanti saat dioven gak gelembung2. Tapi gak ditusukpun gak masalah kok
  7. Olesi adonan dengan saus yg sudah kita buat tadi. Mau pake saus pasta boleh, bebas. Terus beri topping diatasnya sesuai selera. Setelah itu potong2 keju mozarella dan letakkan diatas topping. Lalu pecahkan telur ayam dan letakkan ditengah, beri sedikit garam dan lada atau sesuai selera. Taburi bubuk onigiri
  8. Masukkan adonan kedalam oven. Jangan lupa untuk menyalakan oven terlebih dahulu jadi kondisi sudah panas saat adonan dimasukkan. Suhu oven sebesar 200°C, timer 35 menit
    Jika sudah jadi maka pizza siap dihidangkan dan dinikmati

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Dan saya juga mohon maaf jika ada salah dalam pengejaan kata.