Cara Membuat Sosis Mie Telur Yang Bisa Dicoba Dirumah

Cara Membuat Sosis Mie Telur

Sosis mie merupakan makanan yang sangat praktis yang bisa dijadikan lauk pauk atau juga bisa digunakan untuk bekal ke sekolah. Sosis juga dapat diolah menjadi makanan yang berfariasi.  Namun belum banyak orang yang megetahui cara membuat sosis mie telur.

Cara membuat sosis mie telur ini dangat mudah. Berikut ini adalah cara membuat sosis mie telur. Selain membahas tentang cara membuat keju bubuk,  saya juga akan membahas tentang cara membuat sosis mie telur.

Cara Membuat Sosis Mie telur

Bahan-Bahan

  • Sosis sapi atau sosis ayam 3 buah, potong menjadi 3 bagian
  • Mie instan 1 bungkus
  • Telur ayam 1 butir
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Penyedap rasa 1/4 sendok teh
  • Bawang putih 1 siung, haluskan
  • Bawang merah 2 butir, haluskan
  • Air untuk merebue mie secukupnya
  • Minyak untik menggoreng secukupnya

Cara Membuat Sosis Mie Telur :

  1. Didihkan air, rebus mie instan sampai lunak, angkat lalu tiriskan
  2. Campurkan mie dengan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan penyedap rasa sambil diaduk sampai rata
  3. Kerat sosis yang sudah di iris menjadi 3 bagian
  4. Kocok telur
  5. Gulung sosis beserta mie secukupnya
  6. Celupkan ke dalam telur
  7. Panaskan minyak goreng, lalu gorenglah sosis
  8. Tunggu hingga warnanya menguning, angkat lalu tiriskan

Cara Menyimpan Sosis Agar Tahan Lama 

  1. Sosis yang kemasannya sudah dibuka  disimpan di dalam freezer agar lebih tahan lama.
  2. Jika sosis yang disimpan lebih tahan lama, keluarkan sosis yang kemasannya sudah dibuka, lalu bungkus sosis dengan aluminium foil sampai rapat. Masukkan bungkusan sosis tersebut ke dalam freezer.
  3. Aluminium foil  kedap udara akan menjaga sosis tetap segar dan tahan lama serta tidak terkontaminasi aroma makanan lain yang juga disimpan di dalam freezer.
  4. Apabila hendak memasak sosis tersebut, keluarkan sosis dari kulkas dan biarkanselama 1 jam atau sampai sosis benar-benar siap umtuk dimasak

Cara Memilih Sosis Yang Sehat

  1. Sosis yang kemasannya masih bagus, tidak sobek, cacat atau terbuka bungkusnya
  2. Memilih  sosis yang bebas pewarna atau campuran pewarna yang aman untuk pembungkus pangan (food grade).
  3. Amati penampakan sosis yang dikemas. Jika sosis ada selaput atau lendir tipis di sekitar sosis, sebaiknya jangan dibeli. karena kondisi tersebut mencirikan sosis yang mulai rusak
  4. Cara memilih sosis yang beraroma khas daging, tidak ada bau asam atau bau menyimpang lainnya
  5. Sosis yang baik yaitu bila  didiamkan dalam suhu ruangan selama 1 hati akan berlendir dan berbau asam
  6. Perhatikan warna sosis saat membelinya. Daging sosis memiliki warna coklat kemerahan seperti daging sapi. Sedangkan sosis ayam berwarna coklat pucat seperti daging ayam.
  7. Sosis baik warnanya tidak akan luntur jika dimasak, baik ketika di goreng, rebus, maupun bakar. Setelah warna, sosis alami juga tidak terlalu mengembang ketika dimasak dan dengan cepat mengerut setelah suhu mulai mendingin.

Manfaat Mengkonsumsi Mie

  • Sumber Energi Pengganti Nasi

Seperti kita ketahui bahwa mie memiliki kandungan karbohidrat yang bisa dijadikan sumber energi bagi tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas. Perlu diingat bahwa karbohidrat yang terdapat pada mie instan sifatnya tidak bertahan lama dan cukup mengkonsumsi sebagai pengganti nasi di saat mendesak saja.

  • Mengontrol Berat Badan

Kalori padamie memungkinkan pengonsumsinya lebih bisa mengontrol berat badan. Apabila kalori yang dikonsumsi lebih sedikit daripada kalori yang digunakan, maka tubuh akan membakar cadangan kalori yang tersimpan dalam tubuh, sehingga berat badan perlahan akan turun.

Akan tetapi karena kandungan serat dan protein dalam mie instan juga rendah, makanan ini bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai menu diet.

  • Bisa Menambah Dan Mengembalikan Nafsu Makan

Mie sangat berbeda berbeda dan lebih spesial dari hidangan lain. Rasa nikmat yang dihasilkan dari bumbunya bisa memancing nafsu makanmu kembali tumbuh saat mengalami gangguan. Mie instan juga bisa menambah nafsu makan karena dengan mengonsumsinya akan membuat kamu cepat lapar kembali. Jangan sampai keterusan dalam mengonsumsi mie, karena akan berefek kurang baik bagi tubuh kita.

  • Makanan Praktis Yang Bisa Mengenyangkan

Walaupun tidak tahan lama, namun mie instan sangat bisa menjadi makanan alternatif untuk sekadar mengganjal perut dikala darurat. Dengan harganya hemat, makanan ini dapat membuatmu kenyang disaat lapar, sehingga tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Nah, itulah cara membuat sosis mie telur. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Selamat Mencoba dirumah.