Cara Membuat Serundeng Manis

Cara Membuat Serundeng Manis

Cara membuat serundeng manis, hallo guys apakah sudah pernah buat serundeng manis? atau pernah makan tapi dapat beli dari masakan pasar, eum puas tidak dengan rasanya? coba deh buat sendiri dirumah pasti lebih lezat dan sehat lho.

Mau masak serundeng manis sendiri tapi tidak tahu resep dan cara membuatnya? jangan sedih ya, diartikel kali ini mimin mau berbagi resep serundeng manis sekaligus cara membuatnya lho, tenang cukup dibaca dan diterapkan dirumah langusung jadi tidak perlu bayar lagi yaa hehe.

Yuk kita siapkan bahan-bahannya.

 

Cara Membuat Serundeng Manis

Cara Membuat Serundeng Manis

Bahan-Bahan Serundeng Manis :

  • 1 Butir kelapa sedang yang masih segar

Bumbu Halus Serundeng Manis :

  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdm asam jawa
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 1/2 sdm garam
  • Bahan lainnya
  • 1 buah gula merah ukuran sedang
  • 2 ruas jari lengkuas geprek
  • 9 siung bawang putih
  • 9 siung bawang merah
  • 1 sdm ketumbar bubuk

Cara Membuat Serundeng Manis :

  1. Campur kelapa parut dan bumbu halus, garam, dan 4 sdm gula pasir. Aduk sampai rata, baru masukkan ke wajan kering
  2. Tambahkan daun salam di atas kelapa. Nyalakan kompor dengan api kecil. Sangrai kelapa kering hingga berwarna kuning dan jangan sampai ditinggalkan karena akan menyebabkan hangus
  3. Setelah kelapa kering matikan api. Masukkan 1 sendok gula pasir, aduk hingga rata.
    Simpan di atas kedap udara, bisa bertahan 1 bulan sampai 2 bulan.

 

Cara Simpan Serundeng Manis Supaya Awet

Gini guys, jadi dirumahku dulu ibu sering membuat serundeng manis tapi tidak hanya serundeng manis sih, berbagai serundeng pernah ibu sajikan untuk lauk makan keluarga, misalnya serundeng kuning, serundeng daging dan serundeng pedas. Nah kalo aku lebih suka serundeng pedas, kenapa? ya karna aku suka pedas hehe.

Karna aku iget waktu itu ibu masak serundengnya kebanyakan terus sayang banget ngga habis dan paginya dibuang, akhirnya aku ngomong sama ibu supaya masak serundengnya setara sama jumlah keluarga yang ada dirumah, eh tapi ibu malah ketawa, aneh kan ya.

Ternyata ibu sudah tahu rahasia supaya serundengnya tahan lama, yaitu dengan cara disimpan berikut ini :

  1. Bahan tambahan harus kering.
  2. Jangan ragu untuk menyetok serundeng di rumah.
  3. Nah, supaya tahan lama, kita harus membuat serundeng yang kering.
  4. Untuk itu jika kita mau menambahkan bahan tambahan lain seperti paru, daging, atau ayam, kita harus terlebih dahulu membuat bagian kecil-kecil terlebih dahulu
  5. Bisa dipotong, atau disuwir.
  6. Ternyata, Serundeng Nyiur Kalimantan Ini Gurihnya Kebangetan!
  7. Kemudian bahan tambahan itu harus dikeringkan terlebih dahulu.
  8. Kalau tidak, bahan tambahan itu kemungkinan bertekstur basah sehingga bisa merembes pada serundeng.
  9. Serundeng kelapa manis yang basah biasanya tidak bisa bertahan terlalu lama.
  10. Terus aduk selama proses masak
  11. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, membuat serundeng butuh kesabaran dan waktu yang ekstra.
  12. Soalnya kita harus membuat serundeng di atas api kecil sambil terus diaduk.
  13. Hal ini dilakukan agar serundeng keringnya merata dan tahan lama.
  14. Jangan simpan serundeng sekaligus
  15. Usahakan jangan menyimpan serundeng dalam satu wadah sekaligus.
  16. Buat 2 atau lebih penyimpanan serundeng.
  17. Hal itu dilakukan untuk menghindari wadah yang terlalu sering dibuka dan ditutup.
  18. Hati-Hati, Saking Enaknya Sumpia Serundeng Ebi Pedas Ini, Ngemil Jadi Gak Bisa Berhenti
  19. Jika lembab, serundeng kelapa manis bisa cepat basi, lho.
  20. Untuk itu, keluarkan serundeng perwadah agar sisa serundeng lainnya tidak terganggu.
  21. Oh iya, pastikan juga wadah penyimpanannya kering ya!

Related Posts