Cara Membuat Sandwich Sayur untuk Diet yang Menyehatkan

Cara membuat sandwich sayur untuk diet

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat sandwich sayur untuk diet yang enak dan menyehatkan.

sandwich adalah masakan barat yang sederhana dalam membuatnya asalkan semua bahannya tersedia, cara menyajikannya cukup cepat dan praktis sehingga sering menjadi pilihan sebagai sarapan keluarga atau bekal sekolah.

Ada banyak jenis sandwich tergantung dari penggunaan isi dari sandwich itu sendiri, mulai dari sandwich telur, sandwich sosis, sandwich tuna dan masih banyak lagi.

Cara membuat sandwich dalam bahasa Inggris (terkadang dikenal juga dengan roti isi), adalah makanan yang biasanya terdiri dari sayuran, keju atau daging yang diiris, diletakkan di atas atau di antara irisan roti, atau lebih tepatnya makanan apapun di mana dua atau lebih potongan roti berfungsi sebagai wadah atau pembungkus untuk jenis makanan lain.

Cara membuat sandwich sayuran untuk diet ini merupakan jenis makanan yang sudah sangat populer dan sangat cocok untuk makan siang ataupun menu sarapan, bisa juga dibawa ke tempat bekerja, sekolah, ataupun piknik  sebagai bekal makan siang yang sudah dikemas.

Roti yang digunakan dapat berupa roti polos, atau bisa juga dilapisi dengan bumbu semacam mayones atau mustard, untuk meningkatkan rasa dan teksturnya. Untuk sebuah hidangan yang dapat dibuat sendiri, roti lapis ini juga sudah sangat banyak dijual di restoran maupun kedai kecil kecilan dan dapat disajikan panas ataupun dingin.

Sandwich Sayur

Untuk membuat menu sarapan yang praktis ini anda tak harus repot. Buat saja dengan setangkup roti dengan isi sayuran segar. Tambahkan keju juga agar rasanya semakin lengkap dalam nutrisinya. Segelas susupun dapat menambah kelengkapan untutk menu sarapan sehat kali ini.

Hidangan menu sehat ini sudah banyak disukai oleh masyarakat. Mulai dari untuk makan pagi sampai untuk menu makan malam. Aneka sayuran yang diguanakan pun ditambahkan kedalam racikan sajian satu ini. Bagi Anda yang tidak ingin repot untuk memasak menu sarapan pagi hari, sandwich sayuran ini dapat menjadi pilihan untuk menu sarapan keluarga.

Roti yang digunakan juga dapat berupa roti gandum atau disesuaikan selera anda. Karena lebih banyak mengandung serat yang dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan pencernaan seperti mencegah sembelit dan menyehatkan usus.

Umumnya isian sandwich berupa selada, tomat dan bawang bombay Ketiga sayuran ini mengandung banyak air dan mengandung sedikit kalori. Sedangkan kandungan vitamin C dalam tomat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Resep sayut ketupat juga sangat cocok untuk menu sarapan pada pagi hari karena makanan ini juga tidak terlalu berat.

Semakin lengkap jika ditambahkan keju yang gurih empuk. Produk olahan susu ini juga kaya akan kalsium, vitamin D dan protein yang dapat menguatkan tulang dan gigi. Bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi si kecil. Jika ingin kebutuhan akan kalsium terpenuhi, Andapun bia menambahkan segelas susu sebagai pelengkap menu sarapan kali ini. Selain energi bertambah, tulangpun semakin kuat.

Cara Membuat Sandwich Sayur untuk Diet

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • 6 lembar roti tawar gandum, panggang
  • Bawang bombay 1 buah (potong setebal kira kira 1 cm lalu dibakar)

Bahan Sayur:

  • 6 lembar lettuce, iris halus
  • 1 buah wortel import, iris korek api
  • 1 buah timun, iris korek api

Bahan Tumisan:

  • 150 gram daging sukiyaki tanpa lemak
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt kecap manis
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 50 ml air
  • 1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Membuat Tumisan, panaskan minyak lalu tumis bawang putih hingga harum. Kemudian masukan daging sukiyaki, masak hingga warna daging berubah.
  2. Lalu tambahakan kecap manis, kecap asin, saus tiram, merica bubuk, dan garam. Aduk hingga rata, lalu tuangkan air dan masak hingga matang.
  3. Setelah itu ambil selembar roti tawar, tata sayuran, tumisan, dan bawang bombay. Tutup dengan selembar roti lagi.
  4. Sandwichsayuran siap disajikan.

Sekian artikel dari saya tentang cara membuat sandwich sayur untuk diet ini. buat kalian yang lagi diet menu ini sangat cocok untuk menu sarapan anda. Selamat Mencoba!