Cara Membuat Popcorn Berwarna yang Lezat

cara membuat popcorn warna warni

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana cara membuat popcorn berwarna yang lezat. Popcorn adalah camilan atau jajanan yang ternyata terbuat dari biji jagung lho, yang dimakan pada saat bersantai, menonton tv, dan acara keluarga. Popcorn merupakan panganan yang sangat diminati oleh anak kecil dan remaja yang sering dijual di bioskop, area taman bermain, pasar malam, sekolah, maupun kantin kampus atau juga tempat orang-orang yang berkumpul. Pada tempat-tempat seperti itu lah yang akan menjadi sasaran paling utama dalam menjual popcorn.

Bahan baku pembuatan popcorn adalah jagung mentega. Camilan popcorn merupakan jagung yang dipanaskan dengan menggunakan suhu yang cukup tinggi. Lalu mentega sendiri kita pakai supaya popcorn menjadi lebih gurih dan enak. Perlu diketahui bahwa memasak popcorn tidak begitu sulit hanya dengan memasukkan satu sendok makan mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga 3 sendok jagung ke dalam microwave. Dan juga dalam 2 menit camilan popcorn yang gurih ini dan enak siap untuk dimakan.

Cara Membuat Popcorn Berwarna

cara membuat popcorn warna warni

Bahan Membuat Popcorn Warna Warni :

  • 400 g popcorn
  • 6 sdm margarin

Bahan Pewarna Merah:

  • 300 g gula pasir
  • 300 ml air
  • 3 tetes pewarna merah (khusus untuk makanan)

Bahan Pewarna Hijau:

  • 300 g gula pasir
  • 300 ml air
  • 3 tetes pewarna hijau

Bahan Pewarna Kuning:

  • 300 ml gula pasir
  • 300 ml air
  • 3 tetes pewarna kuning

Bahan Pewarna Karamel:

  • 300 g gula pasir
  • 300 ml air
  • 1 tetes pasta moka

Cara Membuat Popcorn Warna Warni :

  1. Yang pertama kalian harus terlebih dahulu panaskan margarin dalam wajan yang tebal, dan masukkan popcorn nya lalu kalian tinggal aduk-aduk. Tutup wajan dan masak sampai semua jagung mengembang (meledak). Bagi menjadi 4 bagian.
  2. Setelah itu kalian bisa tinggal panaskan masing-masing bahan pewarna nya, lalu aduk terus, kemudian kalian tinggal masukkan satu bagian popcorn nya ke dalam 1 warna. Lalu bisa di aduk rata. dan bisa di angkat.
  3. Dan dalam keadaan yang panas, bentuk popcorn pun langsung menjadi bentuk bulatan-bulatan.

Manfaat Dari Mengkonsumsi Popcorn

1. Bisa menurunkan berat badan

Tahukah kalian bahwasanya camilan popcorn itu normal ternyata hanya mengandung 30 kalori yang 5 kali lebih sedikit dari pada keripik kentang yang berminyak? Kandungan pada serat yang terdapat dalam popcorn akan membuat kalian merasa cukup kenyang dan juga bisa menghambat pelepasan pada hormon kelaparan. Pada lemak jenuh juga sangat rendah.

2. Menurunkan tingkat kolesterol

Popcorn ternyata mengandung serat yang cukup bisa menghilangkan kelebihan kolesterol pada dinding pembuluh darah dan arteri, sehingga bisa mengurangi keseluruhan kadar kolesterol kalian. Dan ini juga dapat membantu untuk menurunkan atau kemungkinan kondisi kardiovaskular seperti serangan pada jantung dan stroke.

3. Memperbaiki pencernaan

Camilan popcorn adalah ternyata biji yang utuh mengandung endosperm, kuman dan juga dedak. Brondong jagung ini memang mengandung semua serat yang bisa membantu mengobati pada pencernaan. Ini bisa juga membantu buang air besar (BAB) yang sangat tepat dan akan mencegah sembelit.

Bahaya Jika Terlalu Sering Memakan Popcorn

cara membuat popcorn warna warni

 

1. PFOA

Saat proses pembuatan, popcron dibuat di dalam secarik kantong berseger yang dilapisi bahan kimia yang disebut PFOA. Salah satu penelitian yang menunjukkan PFOA ternyata merupakan bahan kimia yang bersifat karsinogenik. Bila dikonsumsi jangka panjang, menyebabkan kanker.

2. Sakit paru-paru

Akibat dengan adanya diacetyl, tubuh kita akan memprosesnya, yang tak jarang membuat kita akan sulit untuk bernapas.

3. Tinggi garam dan lemak jenuh

Camilan popcorn mengandung kadar garam yang tinggi. Selain itu juga, mentega juga yang terkadang digunakan, ternyata mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

4. Masalah pencernaan

Popcorn mengiritas saluran pada pencernaan. Kalau memang terlalu sering, maka pada pencernaan akan dalam bahaya, dan kita juga membutuhkan makanan yang cukup tinggi seratnya agar pencernaan berfungsi dengan seperti semula.

Demikian tadi bagaimana cara membuat popcorn warna warni yang lezat, untuk kalian yang ingin mencoba nya di rumah. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.