Cara Membuat Permen Kopi yang Simple

cara membuat permen kopi

Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat permen kopi yang simple dengan cara yang cukup mudah. Dengan rasa yang cukup enak permen ini sangat cocok untuk dijadikan bahan bisnis rumahan.

Permen gula-gula sederhana ini sangat manis karena terbuat dari gula karamel. Yang terbuat dari berbagai  campuran gula pasir putih yang juga dicampur dengan gula brown sugar sekaligus sirup jagung. Kopi yang sangat enak ini yang sering digunakan adalah resep kopi hitam bubuk siap pakai, kemudian diberi susu lalu menjadi permen kopi susu yang sangat enak dan manis.

Cara bikin permen resep kopi susu nanti dibagikan dibawah artikel bahasan ini. Komposisi dari bahan-bahan permen ini dibuat sedikit dahulu menyesuaikan skala rumahan untuk melihat hasilnya. Jika untuk produksi usaha tinggal tambah komposisi dan takarannya harus disesuaikan menurut kebutuhan untuk skala bisnis.

Permen Kopi

Peluang usaha bisnis permen kopi ini menurut saya sangat bagus untuk bisa dibuat label tersendiri. Anda juga bisa memasukkan ke toko-toko khusus cemilan, warung-warung kelontongan dan masukkan di toko penjual khas oleh-oleh. Rasanya enak, lembut, empuk dan kenyal seperti permen susu tidak keras seperti permen kopiko, permen kopi akiyo, permen kopi kapal api, permen kopi kino.

Apalagi menjual aneka permen kreasi buatan sendiri seperti permen susu, permen lolipop, resep permen jahe, resep permen asem, dll. Untuk kemasan bisa plastik atau bentuk permen tongkat. Untuk konsumsi sendiri juga lebih sehat dan alami karena dibuat secara tradisional, sederhana, mudah dan praktis cocok untuk anak-anak agar supaya tidak jajan sembarangan.

Permen ini sangat cocok untuk kado atau oleh-oleh juga keren apalagi dibuat kemasan yang kreatif. Dengan gambar-gambar yang menarik dan resep permen kopi susu ini bisa dibuat aneka rasa juga seperti espresso, cappucno, latte, luwak, dan lain-lain. Berikut ini resep rahasia variasi sajian cara membuat permen kopi sedap istimewa terlengkap. Dengan cara bikin sendiri di rumah  yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri. Maupun untuk bisnis aneka permen kopi atau gula-gula.

Cara Membuat Permen Kopi

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • 100 gram gula pasir
  • 50 ml susu
  • Krim kental/heavy cream 50 ml
  • Mentega tawar 50 gram
  • Brown sugar 50 gram
  • Corn syrup 5o ml
  • 1 sdt kopi instan bubuk, larutkan dalam 3 sdm air mendidih

Cara Membuat Permen Kopi:

  1. Olesi loyang datar (20 cm x 20 cm) dengan margarin.
  2. Masak semua bahan, kecuali larutan kopi, di atas api kecil hingga mengental dan kecokelatan. Atau, gunakan candy thermometer dan panaskan hingga suhu 117° C. Angkat.
  3. Tambahkan larutan kopi, aduk rata. Tuang ke dalam loyang. Diamkan di suhu ruang hingga mengeras.
  4. Potong-potong ukuran 3 cm x 3 cm. Bungkus menggunakan kertas minyak atau plastik.
  5. Sajikan untuk 10 buah.

Peluang Bisnis

Seiring dengan pesatnya perkembangan kopi di dunia maupun di Indonesia, maka semakin besar pula peluang bagi para pelaku usaha untuk membuka bisnis kopi.

Dengan demikian sudah banyak berbagai usaha kopi yang bermunculan di berbagai daerah, hal ini menunjukkan bahwa kopi mampu menunjukkan eksistensinya dari masa ke masa hingga saat ini. Selain diolah menjadi menjadi produk minuman, kopi juga bisa diolah menjadi produk lain seperti permen kopi, kue rasa kopi, es krim rasa kopi, dsb.

Namun yang menjadi favorit bagi masyarakat pada umumnya adalah minuman kopi. Dulu, kedai kopi bisa dihitung menggunakan jari, harganya mahal pula. Namun sekarang muncul kopi-kopi kekinian dengan harga terjangkau. Dalam usaha ini kalian bisa menggunakan jenis kopi apapun, salah satunya kopi arab ini.

Peluang usaha bisnis permen gula kopi susu karamel ini menurut saya bagus bisa dibuat label sendiri dan masukkan ke toko-toko khusus cemilan, warung-warung kelontongan dan masukkan di toko penjual khas oleh-oleh rasanya enak, lembut, empuk dan kenyal seperti permen susu tidak keras seperti permen kopiko.

Apalagi menjual aneka permen kreasi buatan sendiri seperti resep permen jelly nutrijel, permen susu, permen lolipop, permen coklat, permen buah, resep permen jahe, resep permen asem, dll. Untuk kemasan bisa plastik atau bentuk permen tongkat. Untuk konsumsi sendiri juga lebih sehat dan alami karena dibuat secara tradisional, sederhana, mudah dan praktis cocok untuk anak-anak agar supaya tidak jajan sembarangan.

Mungkin hanya itu ulasan tentang cara membuat permen kopi yang istimewa, tetapi rasanya ini sangat menguggah selera. Selamat Mencoba!