Cara Membuat Pentol Ayam dengan Blender yang Mudah dan Enak

cara membuat pentol ayam dengan blender

Halo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu cara membuat makanan atau jajanan yang dijamin keluarga pasti suka deh. Makanan tersebut adalah cara membuat pentol ayam dengan blender yang mudah dan enak tentunya.

Seperti yang sobat ketahui, nama pentol bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Nama pentol sangat familiar di telinga kita. Pentol merupakan makanan yang terbuat dari olahan daging yang dicampur dengan tepung tapioka. Daging yang digunakan juga beragam, bisa daging sapi, daging ayam, daging ikan, maupun daging udang. Namun, kali ini saya akan membagikan cara membuat pentol ayam.

Bicara tentang ayam, daging ayam memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan gizi dan manfaat dari daging ayam bagi tubuh kita, seperti memiliki protein yang tinggi, mengandung vitamin dan mineral, mengandung senyawa antikanker, menguatkan tulang, meningkatkan massa otot, dan berbagai manfaat yang lainnya.

Tak hanya sehat dan enak, pentol juga biasanya disajikan dengan saus-saus yang enak dan dapat menambah kenikmatan saat memakan pentol. Saus tersebut seperti saus sambal, saus bumbu kacang, saus tomat, kecap, dan berbagai saus kesukaan sobat semua juga bisa disantap dengan pentol ini.

Makanan ini juga sangat cocok untuk dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga, berkumpul bersama teman, teman saat bekerja, takjil untuk berbuka puasa, hidangan untuk menjamu tamu, dan juga bisa untuk bekal anak karena pentol ayam ini sehat.

Nah dari pada kelamaan, yuk langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat pentol ayam dengan blender yang super mudah, enak, dan dijamin dapat menggugah selera sobat semua di bawah ini.

Cara Membuat Pentol Ayam dengan Blender

Bahan-bahan:

  • 500 gram ayam tanpa kulit dan lemak
  • 80 gram tepung tapioka atau tepung kanji
  • 1 butir telur utuh
  • 3 sdt garam
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2/3 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 2 balok kecil es batu
  • 100 ml air es

Cara Membuat Pentol dengan Blender:

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan.
  2. Cuci daging ayam hingga bersih, lalu cincang kasar agar mudah di blender.
  3. Haluskan daging dengan blender. Bagi 4 bagian agar mudah di blender, beri sedikir air dan es. lalu pindahkan ke wadah.
  4. TuangkanĀ telur, garam, bawang, kaldu, merica bubuk, dan baking powder di wadah berbeda berisi daging ayam yang sudah giling.
  5. Tuangkan tepung kanji, aduk hingga tercampur rata. Kalau pakai tepung kanji nanti hasil akhirnya akan kenyal. Koreksi rasa, dikira kurang asin bisa ditambah garam.
  6. Tuangkan kecap manis dan aduk rata. Kecap manis memberi warna adonan dan menambah cita rasa manis pada pentol. Jadi hasilnya tidak putih.
  7. Siapkan panci dan panaskan air hingga mendidih, lalu kecilkan
  8. Cetak adonan pentol menjadi bulatan, bisa menggunakan tangan dan sendok, cetak sampai adonan habis.
  9. Masukkan adonan pentol yang sudah dicetak ke dalam air mendidih.
  10. Rebus hingga pentol matang atau mengapung ke atas.
  11. Setelah pentol terapung, angkat dan masukkan pada air dingin atau air es agar proses pemanasan berhenti. Tiriskan.
  12. Sajikan dan nikmati pentol ayam selagi hangat dengan cocolan saus sambal atau saus kesukaan sobat semua. Bisa juga disimpan di freezer setelah uap panas hilang.

Note: jika ingin membuat pentol ayam dalam jumlah porsi yang banyak, sobat semua dapat menggunakan mesin pembuat bakso agar proses pembuatan bisa menjadi lebih mudah, praktis, dan cepat.

Sekian penjelasan tentang cara membuat pentol ayam dengan blender yang sangat cocok untuk dijadikan camilan keluarga sobat semua, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.