Cara Membuat Nugget Sapi Enak Dan Sederhana!

cara membuat nugget sapi

Cara Membuat Nugget Sapi adalah cara membuat nugget yang bahan utamanya berupa ikan segar, dan dibalur dengan tepung panir yang krispi. Dan kali ini akan saya bagikan juga resep beserta manfaatnya kepada teman-tema yang sudah mengunjungi artikel ini.

Cara Membuat Nugget Sapi

cara membuat nugget sapi

Bahan-Bahan :

  • 500 gr Daging sapi giling
  • 4 sdm tepung maizena
  • 4 sdm tepung terigu cakra
  • 2 butir telur
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Secukupnya daun bawang
  • Secukupnya merica
  • 1 buah wortel kecil
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya garam
  • Sedikit minyak sayur (supaya adonan tidak lengket)
Bahan pelapis :
  • Telur dan tepung panir

Langkah-Langkah :

  1. Bawang merah, bawang putih, merica, gula, garam diuleg jadi satu.
  2. Kocok telur, kemudian campur dengan bumbu yang sudah diulek, daging giling, tepung dan sayuran yang sudah dicincang halus. Aduk sampai rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam wadah tahan panas yg sudah diberi sedikit minyak kemudian kukus selama 30 menit.
  4. Matikan api kemudian dinginkan adonan nugget. Kalau sdh dingin bsa langsung dibentuk sesuai keinginan.
  5. Adonan yg sdh dibentuk dicelupkan ke kocokan telur kemudian balurkan di tepung panir. Masukkan ke dalam freezer minimal 2jam.
  6. Nugget siap digoreng

Manfaat Nugget Sapi

cara membuat nugget sapi

1. Mempertahankan massa otot

Mengkonsumsi daging sapi secara rutin dipercaya bisa membantu mempertahankan massa otot pada tubuh.

Seiring dengan bertambahnya usia, perubahan bentuk tubuh sulit untuk dihindari. Salah satu yang mungkin akan Anda alami adalah sarkopenia atau hilangnya massa otot. Kondisi ini pada dasarnya bisa dicegah dengan cara giat latihan kekuatan serta meningkatkan asupan protein secara cukup. Daging sapi bisa menjadi pilihan sumber protein untuk mencegah kondisi ini.

2. Meningkatkan kinerja otot

Daging sapi mengandung senyawa carnosine yang sangat penting bagi fungsi otot.

Carnosine bisa dibentuk didalam tubuh dari beta-alanine, asam amino yang sangat banyak ditemukan pada ikan serta daging seperti daging sapi. Memenuhi kebutuhan beta-alanine dengan mengkonsumsi daging sapi bisa meningkatkan kadar carnosine yang terdapat didalam otot. Sebaliknya, diet vegetarian dapat menyebabkan kadar carnosine rendah.

3. Mencegah anemia

Salah satu manfaat daging sapi yang paling banyak dipercaya masyarakat adalah mencegah anemia, hal ini memang benar adanya.

Anemia defisiensi besi ialah jenis anemia yang sangat umum terjadinya. Daging sapi tidaklah hanya menyediakan sumber zat besi bagi tubuh manusia, tetapi juga bisa membantu menyerap zat besi yang berasal dari sumber pangan nabati. oleh karena itu, mengkonsumsi daging sapi dianggap efektif didalam mencegah anemia defisiensi besi.

4. Meningkatkan sensitivitas insulin

Daging sapi juga sangat dipercaya bisa meningkatkan sensitivitas insulin serta menurunkan risiko penyakit diabetes.

Asam linoleat terkonjugasi yang terkandung didalam daging sapi bisa sangat membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Daging sapi juga banyak mengandung senyawa yang disebut L-carnitine. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan L-carnitine dapat membantu memperbaiki kadar glukosa puasa dan profil kolesterol keseluruhan pada pasien diabetes tipe 2.

5. Membantu menjaga berat tubuh ideal

Daging sapi bisa membantu teman-teman dalam menjaga berat tubuh yang ideal.

Manfaat daging sapi sebagai menjaga berat tubuh ideal juga sangatlah bisa didapatkan dari kandungan senyawa asam linoleat terkonjugasi serta L-carnitine. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi suplemen L-carnitine dapat memberikan penurunan berat tubuh yang lebih signifikan dari kelompok yang tidak mengonsumsi. Selain itu,  asam linoleat terkonjugasi yang terkandung di dalamnya dipercaya bisa membantu menurunkan lemak.

Tetpi jika teman-teman ingin menjaga berat tubuh, pastinya daging sapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dan harus diperhatikan juga dalam pengolahannya.

6. Menjaga kesehatan jantung

Hasil dari penelitian tentang manfaat daging sapi untuk kesehatan jantung memang sangat beragam.

Beberapa orang menyebutkan jika daging sapi bisa meningkatkan risiko pada penyakit jantung. Bagian dari daging sapi yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung ialah kandungan pada lemak jenuhnya. Oleh karena itu, teman-teman bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak yang lebih sehat pastinya.

Di lain sisi, daging sapi justru mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang bisa membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung seperti vitamin B kompleks serta antioksidan yang ada di dalamnya.

Itu lah beberapa manfaat dari Cara Membuat Nugget Sapi yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Cara Membuat Nugget Sayur teman-teman juga akan menemukan banyak manfaat nugget lainya disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!