Berikut Cara Membuat Manisan Carica Yang Enak Dan Menyegarkan

cara membuat manisan carica

Hallo teman-teman, pada artikel kali ini persilahkan saya untuk menyampaikan materi tentang cara membuat manisan carica. Disini saya akan menjelaskan cara membuat manisan carica dan bahan-bahannya. Tapi sebelum itu simak dulu penjelasan berikut ini!

Manisan Carica

Manisan carica

Manisan carica ialah manisan yang dibuat dari buah carica. Buah carica sendiri adalah salah satu buah berjenis pepaya yang biasa hidup di dataran tinggi basah. Pada daerah Wonosobo buah ini biasanya banyak dibudidayakan dan dijadikan produk makanan, salah satunya yaitu Manisan Carica.Manisan Carica ini banyak diproduksi dan dijual oleh masyarakat Wonosobo, terutama didaerah Dieng dan dijadikan santapan atau oleh – oleh khas dari Dieng, Wonosobo, Jawa tengah.

Buah carica ini jika dilihat sekilas mirip seperti buah pepaya, tetapi ukurannya lebih kecil. Ketika di belah buah akan terlihat dagingnya yang warnanya kuning dan biji buahnya yang diselimuti lendir. Pada biji buahnya yang berlendir inilah yang di pakai untuk membuat sirup manisan karena rasanya yang manis tetapi sedikit asam dan mempunyai aroma yang khas. Berikut ini penjelasan tentang cara membuat manisan carica.

Cara Membuat Manisan Carica

Bahan-Bahan:

  • Carica segar 1 kg
  • 1/2 kg gula pasir
  • 2 sdm kapur sirih untuk merendam
  • Air

Cara Membuat Manisan Carica:

  1. Pertama-tama kupas buah carica cuci bersih kemudian belah menjadi dua untuk mengambil bijinya, jika sudah di ambil bijinya potong-potong buah carica bisa menggunakan alat pemotong buah dan sayur sesuai dengan keinginan (biasanya berbentuk dadu) kemudian rendam dengan kapur sirih kurang lebih selama 1 jam.
  2. Setelah itu kita buat sirupnya agar berbau wangi khas carica ,biji dari carica diberikan air lalu remas-remas biar sari buah carica keluar, setelah itu saring.
  3. Jika sudah di rendam 1 jam, tiriskan dari rendaman kapur sirih. Cuci hingga bersih sebelum di rebus.
  4. Rebuslah buah carica dengan air biji yang tadi sudah diremas, beri lagi air bila dirasa kurang cukup. Rebus bersama dengan gula sampai matang, angkat kemudian dinginkan.
  5. Setelah menjadi dingin masukan ke lemari es, tunggu beberapa saat. Manisan carica dingin siap di sajikan dingin-dingin.

Manfaat Manisan Carica

manfaat manisan carica

1. Melancarkan Proses Pencernaan

Yang pertama manfaat buah carica adalah untuk melancarkan proses pencernaan. Pada kandungan buah carica seratnya yang tergolong tinggi berguna untuk membantu proses pencernaan.Khususnya bagi anda yang mempunyai masalah terhadap proses pembuangan (BAB).

Kemudian kandungan serat yang tinggi pada buah carica juga bermanfaat untuk memperlancar penyerapan protein dalam tubuh. Banyak dari masyarakat Wonosobo yang mengkonsumsi buah carica secara mentah yang berguna untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Berguna Untuk Menetralkan pH dan Membunuh Bakteri Jahat

Pada buah carica terdapat enzim papain yang bisa berguna untuk menetralkan pH dan bisa membunuh bakteri jahat di dalam usus. Akan tetapi memang kandungan enzim papain di dalam buah carica tergolong lebih sedikit. Tapi buah carica mempunyai lebih banyak enzim papain daripada buah pepaya dan mudah diserap oleh tubuh.

3. Baik Untuk Kesehatan Mata

Buah carica mengandung Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Biasanya manfaat buah carica yang satu ini banyak dikonsumsi oleh seseorang yang mempunyai masalah dengan indra penglihatannya. Meski tidak banyak seperti buah wortel tapi carica mempunyai kandungan Vitamin A yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

4. Baik Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Buah carica mengandung Vitamin C dan E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Pada kandungan yang terdapat pada buah carica tersebut bisa menangkal radikal bebas dan sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari. Kemudian pada kandungan tersebut juga bisa mencegah kerutan pada kulit.

Buah cacica Juga bisa menjaga kelembapan dan mencegah penuaan dini pada kulit. Manfaat buah carica ini banyak dipakai oleh beberapa salon kecantikan di Wonosobo. Dengan memakai media carica karena sangat bagus untuk kesehatan kulit.

5. Dapat Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Buah carica juga mengandung Vitamin B kompleks yang bisa membantu proses metabolisme tubuh yang biasa diproses agar menjadi energi. Manfaat buah carica ini biasanya untuk cocok memenuhi perut yang lapar sementara, dan cocok untuk dibawa sebagai jajanan untuk bepergian, liburan, acara hajatan dan sebagainya.

6. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Zat agrinin dalam buah carica bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada manusia.

 

Cara Memilih Produk Carica Yang Aman Dan Berkualitas

1. Lihat Penampilan Luar Kemasan

Pada pengolahan buah carica biasanya melalui industri berskala kecil maupun besar. Banyak dari Industri tersebut yang saling berlomba-lomba dalam menciptakan produk carica yang inovatif maupun dari segi rasa atau penampilan. Untuk memilih mana yang baik, Anda harus memperhatikan bentuk pada kemasan, apakah sudah rusak atau masih dalam keadaan bagus. Jangan lupa perhatikan juga tanggal kadalaluarsa dari produk tersebut. Biasanya waktu masa simpan dari buah carica yaitu 7 bulan bahkan bisa juga hingga 1,5 tahun. Semakin lama masa simpan yang tercantum, biasanya semakin banyak pula zat pengawet yang digunakan. Apda hal ini, Anda harus bijak dalam menentukannya.

2. Perhatikan Warna Larutan

Kemudian selain dari kemasan produk, warna larutan dari manisan carica juga dapat menjadi penanda manisan carica yang berkualitas baik. Biasanya manisan carica yang kurang baik mempunyai warna larutan yang gelap atau keruh, ini dikarenakan proses filtrasi pada sari biji buah carica tidak maksimal. Warna larutan yang terlalu terang seperti kuning atau oranye yang sangat mencolok juga menjadi penanda bahwa manisan tersebut menggunakan terlalu banyak pewarna.

3. Tektur Tidak Terlalu Keras Atau Lembek

Pada manisan carica yang berkualitas biasanya mempunyai tekstur yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembek. Manisan carica yang berkualitas, teksturnya agak renyah diluar tetapi lembut di bagian dalamnya. Dan juga rasanya masih agak sedikit asam, hasil dari sari buah carica.

4. Pemanis Alami vs Buatan

Pada manisan carica rasanya pasti identik dengan rasa manis. Sebaiknya anda perlu berhati-hati untuk membeli manisan ini, karena biasanya manisan yang mengandung terlalu banyak pemanis buatan bisa membuat tenggorokan menjadi sakit dan batuk-batuk.

 

Macam-Macam Olahan Carica

1. Sirup Carica

Tekstur pada daging buah carica yang terlihat mirip seperti Markisa memang sangat persis ketika membelah buah ini. Daging buahnya yang berwarna putih dan dipenuhi dengan biji buah yang tersebar di dalamnya. Tak hanya bentuknya saja nih yang mirip, akan tetapi dari segi rasa juga tak kalah dari si markisa.

Sari carica yang telah diekstrak hanya tinggal diberikan sedikit penguat rasa dan aroma alami. Seperti vanilli dan gula tebu, sirup Carica sudah bisa dinikmati. Terlebih jika anda ingin menambahkan rasa segarnya, cukup diberi sedikit tambahan perasan asam jawa, lemon, atau jeruk nipis.

2. Dodol Carica

Membuat dodol carica ini sebenarnya agak gampang-gampang susah ya. Bahannya sih tidak aneh-aneh, intinya sama dengan dodol buah yang lainnya seperti dodol apel, strawberry, dan nanas.

Tetapi susahnya olahan dodol itu terdapat di bagian pengadukannya yang bertujuan mengentalkan campuran dodol. Harus mengaduk sampai berjam-jam tanpa henti dan pastinya diperlukan tenaga ekstra. Waduh, kalau bikin sendiri begini sih bisa pegal-pegal badan kita. Agar lebih praktis, mending beli saja di toko oleh-oleh. Bisa juga menjadi alternatif untuk menghemat waktu dan tenaga, lagipula rasanya sudah pasti lezat dan legit.

3. Selai Carica

Bagi anda yang suka menyantap roti dengan tambahan selai buah, olahan selai carica juga sangat patut dicoba. Carica sudah terkenal mempunyai aroma dan rasa yang berbeda daripada yang lain, tidak ada buah yang benar-benar menyamai. Terbayang dong seperti apa rasanya jika selai buah umum seperti stroberi dan nanas yang membosankan itu digantikan dengan buah carica ini. Sudah pasti lezat dan mantap!

Tetapi jika anda ingin mengolahnya sendiri di rumah, bahan dan cara membuatnya juga mudah dan dijamin berhasil. Cukup parut kulit buah carica dan berikan gula serta kayu manis secukupnya. Setelah itu panaskan diatas panci atau wajan penggorengan sampai seluruh arinya hilang dan teksturnya menjadi lunak seperti selai pada umumnya.

Mungkin anda juga bertanya-tanya, mengapa yang digunakan justru bagian kulitnya, bukan bagian daging buahnya. Seperti yang telah dibahas dalam pembuatan sirup carica, buah ini memiliki tekstur yang daging buahnya mirip markissa sehingga rasanya sangat lembek. Dikarenakan selai buah juga bertekstur, tentu yang kita gunakan yaitu bagian kulitnya yang tebal agak kekuningan itu.

Akan tetapi jika anda ingin mencoba yang sudah jadi dan dikemas dengan rapi, ada banyak sekali agen yang telah menjual selai carica ini. Begitu juga di Wonosobo ada banyak gerai oleh-oleh yang menyediakan. Maka dari itu, jangan takut tidak bisa mencicipi rasa manis legit selai buah Carica ini ya.

4. Es Krim Carica

Pastinya hampir semua kalangan menyukai makanan ini. Mulai dari muda hingga tua pada suka semua, apalagi jika es krimnya enak, lembut, manis, dan disantap ketika hari lagi panas-panasnya. Waduh, memang benar-benar salah satu kenikmatan surga dunia.

Minuman sejuta umat apa lagi kalau bukan es krim ini juga bisa dijadikan pilihan alternatif olahan carica yang lezat. Serta gampang dipraktekkan di rumah. Sangat Cocok untuk dijadikan santapan kepada tamu, atau sekedar untuk dessert unik yang bisa dinikmati keluarga. Jadi ingin segera untuk membuatnya ya.

5. Manisan Carica

Nah, ini dia olahan paling populer dari buah carica. Pada saat Korps Diplomatik gabungan 4 duta besar dari negara Cuba, Hungaria, Tunisia, dan Laos. Beserta konsuler jenderal dari 16 negara yang berkunjung ke Wonosobo. Mereka mengunjungi Pusat Pengolahan Buah khas Wonosobo pada tahun 2015 lalu . Karena olahan buah carica ini mereka terlihat sangat terkesan, tertarik, dan antusias.

Meskipun manisan Carica memang makanan yang simpel dibuat akan tetapi jangan diremehkan rasanya. Sungguh unik, lezat, dan nikmat. Benar-benar berbeda dari manisan buah dari yang biasanya. Rasa manis buah dengan sedikit asam dan tekstur renyah dari proses pemanisan yang segar. Manisan ini juga cocok disantap dengan lumpia, berikut cara membuat lumpia sederhana simple.

Anda tidak usah khawatir jika dalam waktu dekat tidak berencana mampir ke Wonosobo. Kenikmatan buah carica ini tetap bisa anda rasakan bahkan sepanjang tahun. Hanya perlu memesan olahan manisan carica ini anda bisa menikmatinya, atau jika anda ingin membuatnya dirumah, cara membuat manisan carica ini pun juga mudah.

 

Fakta Unik Buah Carica

1. Habitat

Ada sebuah penelitian yang mempublikasikan bahwa buah carica ini diduga berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Serikat. Kemudian masuk ke Indonesia dibawa oleh penjelajah asal Eropa melewati jalur laut. Dikarenakan asalnya dari dataran tinggi Andes, maka buah ini juga hanya bisa tumbuh subur di dataran tinggi, yaitu di daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Memang habitat asli buah ini adalah di dataran tinggi, yaitu diantara ketinggian 1500 – 3000 mdpl.

2. Harus Diolah Sebelum Dikonsumsi

Carica tidak dapat dimakan secara langsung layaknya buah pepaya. Maksudnya ialah sesudah buah ini dikupas, maka kamu harus mengolahnya terlebih dahulu. Mengupasnya juga tidak boleh asal-asalan. Anda harus mengenakan sarung tangan saat mengupas agar tangan tak terasa gatal. Umumnya carica diolah menjadi berbagai macam olahan seperti manisan, sirup, jus, selai, dan keripik. Kemudian untuk menu buka puasa, olahan manisan dan jus adalah pilihan terbaik.

3. Nutrisi

Menurut penelitian para ahli, pada buah carica memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. kandungan yang didapat dari buah carica terdiri dari air,  besi, energi, enzim papain, fosfor, kalsium, karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E.

4. Bijinya Dimanfaatkan Untuk Membuat Manisan

Ketika mengupas buah carica jangan buang bijinya. Jika anda sedang ingin mengolah carica menjadi manisan, maka biji carica adalah bahan baku untuk pembuatan kuah manisan carica. Caranya yaitu dengan menambahkan biji carica ke dalam air rebusan manisan carica. Setelah itu aroma khas dari buah carica ini akan tercium. Akan tetapi bijinya sendiri jangan untuk dikonsumsi ya guys.

5. Bukan Buah Endemi Dataran Tinggi Dieng

Banyak orang yang mengira pohon carica ini merupakan pohon endemi dari dataran tinggi Dieng, yang berarti pohon ini hanya bisa ditemukan di dataran tinggi Dieng. Faktanya pohon ini juga bisa ditemukan di Bali, walaupun kemungkinan tidak sebanyak seperti yang ada di dataran tinggi Dieng. Biasanya orang Bali menyebut buah Carica ini dengan sebutan gedang memedi.

 

Peluang Bisnis Manisan Carica

Ngomong-ngomong bicara mengenai peluang bisnis ini, terdapat banyak sekali jenisnya. Mulai dari bisnis tetap sampai bisnis musiman. Dan dari bisnis yang bisa dilakukan dimana saja, sampai yang hanya bisa dilakukan di suatu tempat.Nah, kali ini ada satu peluang bisnis yang hanya bisa dilakukan di suatu tempat (dalam artian disini proses produksinya). Ya, tidak salah lagi bisnis tersebut ialah pembuatan manisan carica.

Karena disukai banyak orang, sudah banyak sekali produsen manisan carica di Wonosobo dari skala rumah tangga sampai skala usaha besar. Wilayah pemasaran juga sangat luas karena sangat banyak toko oleh-oleh, bahkan juga ada yang dari luar kota, yang menjual manisan carica. Biji buahnya yang mengandung lendir ini adalah kunci kelezatan dari pembuatan manisan ini. Banyak dari pembuat manisan carica yang secara cuma-cuma membuang bagian biji tersebut, padahal jika saja dicampurkan saat proses memasak, rasa manisan carica akan lebih pas dimulut.

Lalu tahap selanjutnya ialah proses fakturisasi. Caranya selanjutnya yaitu dengan merebus manisan carica yang telah dimasukkan ke dalam kemasan supaya aman dari bakteri. Pada proses fakturisasi ini merupakan proses yang cukup sederhana. Manisan Carica yang telah dikemas tersebut hanya tinggal direbus saja dengan menyalakan api kecil dalam waktu kurang lebih 50 menit. Kemudian yang paling terakhir yaitu membuat label kemasan manisan carica dengan menggunakan desain yang bisa anda tentukan sesuai keinginan.

 

Nah, itu dia penjelasan saya tentang manisan carica. Ini saja artikel yang bisa saya sampaikan, Jika ada penjelasan yang kurang bisa dimengerti saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih!