Simak Cara Membuat Kue Nastar Nanas Yang Enak Dan Praktis

cara membuat kue nastar nanas

Siapa sih yang tidak kenal dengan kue nastar?, pastinya teman-teman sudah pada tau ya. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan materi tentang cara membuat kue nastar nanas yang enak dan praktis. Kue nastar merupakan kue yang sering kita jumpai saat lebaran. Cara pembuatannya pun cukup mudah, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini!

Kue Nastar

Kue nastar merupakan olahan sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan juga telur yang biasanya diisi dengan isian selai buah nanas. Kata nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu nanas dan taart. Kue ini mempunyai bentuk bulat-bulat dengan panjang diameter sekitar 2 cm, pada bagian atasnya sering dihiasi dengan potongan kecil kismis atau keju.

Saat ini kue nastar juga dibuat dengan tanbahan selai buah lain, contohnya stroberi, bluberi dan lain-lain. Kue nastar biasanya disajikan pada saat hari-hari raya, mulai dari Natal, Idul Fitri, hingga tahun baru Imlek. Biasanya kue nastar sering dijual dengan kemasan toples plastik di toko roti, toko kue, dan pasar swalayan. Dengan berbagai macam resep nastar yang bervariasi kue nastar sendiri kini telah berkembang.

Kue yang berjenis kue kering seperti nastar merupakan kue yang sangat banyak disukai masyarakat pada saat moment lebaran tiba. Kue ini biasa dihidangkan untuk menyambut tamu, ataupun keluarga yang hendak berkunjung ke rumah. Cara membuat kue nastar nanas juga tidaklah sulit.

 

Cara Membuat Kue Nastar Nanas

cara membuat kue nastar nanas

Bahan Kue Nastar Nanas :

  • Tepung terigu protein sedang 350 gram, bisa menepung menggunakan mesin penepung
  • Margarin 300 gram
  • Kuning telur 3 butir
  • Gula halus 80 gram
  • Tepung maizena 40 gram
  • Susu bubuk 25 gram

Bahan Selai Nanas :

  • Nanas 300 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Kayu manis 3 cm
  • Cengkeh 3 butir
  • Air 100 ml

Bahan Olesan Dan Topping :

  • 2 kuning telur untuk dikocok olesan
  • Keju parut setengah kasar secukupnya untuk bahan topping

Cara Membuat Selai Nanas :

  1. Pertama cuci bersih nanas dan parut hingga lembut.
  2. Kemudian masak nanas dalam panci, masukkan cengkeh, kayumanis, dan air. Aduk sampai nanas tercampur.
  3. Lalu tambahkan gula pasir dan aduk hingga rata.
  4. Kemudian masak selai nanas hingga airnya kering dan selai matang.
  5. Jika sudah matang, dinginkan selai untuk digunakan nanti.

Cara Membuat Kue Nastar Nanas :

  1. Pertama mixer margarin dan gula halus hingga lembut dan tercampur sempurna.
  2. Lalu tambahkan kuning telur satu-persatu sambil terus di mixer hingga lembut.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan juga susu bubuk dengan cara diayak ke dalam adonan.
  4. Lalu aduk adonan dengan spatula agar tercampur rata dan uleni adonan hingga dapat dibentuk dan tidak terlalu lengket. Sisihkan adonan sebentar.
  5. Kemudian panaskan oven dahulu dan siapkan loyang. Olesi loyang dengan margarin secukupnya agar tak lengket saat untuk memanggang nastar.
  6. Lalu ambil adonan secukupnya kira-kira 8 gram.
  7. Kemudian pipihkan adonan dan tambahkan isian selai nanas yang telah kamu buat tadi secukupnya.
  8. Lalu bentuk bulat adonan dengan tangan dan taruh di atas loyang yang telah kamu olesi margarin tadi. Lakukan proses ini hingga semua bahan adonan nastar dan selai nanas habis.
  9. Kemudian panggang nastar dengan suhu sekitar 150°C hingga matang atau kira-kira selama 30 menit. Setelah itu keluarkan loyang dari dalam oven.
  10. Lalu untuk bahan olesan, kocok kuning telur hingga rata.
  11. Kemudian olesi permukaan nastar yang telah matang tadi dengan kocokan kuning telur dengan  menggunakan kuas kecil secara merata. Lalu tambahkan topping keju parut secukupnya di atas.
  12. Lalu masukkan lagi nastar yang telah matang tadi ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 5-10 menit saja hingga olesannya mengkilap.
  13. Kemudian keluarkan loyang dari dalam oven dan tunggu hingga dingin.
  14. Jika sudah dingin, angkat nastar dan taruh  ditoples yang kedap udara.
  15. Yak, nastar isi selai nanas siap dihidangkan.

 

Tips Memilih Buah Nanas Yang Matang

1. Pilih Nanas Dengan Warna Kuning Keemasan

Layaknya buah pada umumnya, nanas yang memiliki kematangan sempurna mempunyai warna kulit yang keemasan. Sedangkan pada nanas yang belum matang, biasanya kulitnya cenderung berwarna agak kehijauan. Akan tetapi harap diketahui bahwa ada beberapa nanas yang  warna kulitnya tetap berwarna hijau walaupun sudah matang.

2. Pilih Nanas Dengan Mata Yang Berdekatan

Terdapat banyak tambalan bulat pada kulit nanas yang biasa disebut mata. Nanas sudah sepenuhnya matang mempunyai ciri mata nanas yang sangat berdekatan. Sementara pada nanas belum cukup matang memiliki ciri mata nanas yang renggang.

3. Pilih Nanas Yang Sedikit Lebih Berat

Berat dan ringannya nanas juga bisa menentukan tingkat kematangan nanas. Nanas yang berat, biasanya mempunyai kualitas daging yang bagus. Sedangkan pada nanas yang bebobot ringan, biasanya kandungan airnya hanyalah sedikit.

4. Pilih Nanas Dari Aromanya

Untuk dapat menentukan bagaimana tingkat kematangan nanas, kamu dapat mencium pada bagian bawah nanas. Apabila tercium aroma segar, itu tandanya nanas telah matang sempurna. Akan tetapi apabila aromanya seperti cuka, maka tandanya nanas sudah terlalu matang atau busuk.

5. Pilih Nanas Yang Berbentuk Bulat Penuh

Bentuk nanas juga dapat menentukan seberapa tingkat kematangan nanas. Nanas dengan bagian bawah yang bulat dan penuh, memandakan bahwa nanas telah matang. Sedangkan pada nanas yang masih memiliki berbentuk lonjong, menandakan bahwa nanas belum matang sempurna.

 

Macam-Macam Bentuk Nastar

macam macam bentuk nastar

1. Nastar Bentuk Ketupat

Tak lengkap rasanya bila tak ada ketupat. Namun ketupat yang satu ini bukanlah daun kelapa yang diisi dengan beras tetapi ini merupakan kue nastar yang dibentuk layaknya ketupat. Anak-anak kecil pasti akan berebutan bila kamu hidangkan di rumah.

2. Nastar Bentuk Landak

Kamu hanya perlu membentuk lonjong kemudian menggunting-gunting sedikit bagian atasnya, lalu akan terbentuklah layaknya hewan landak yang siap untuk dilahap. Bila perlu tambahkan saja biji selasih agar bisa terbentuk mata imut si landak.

3. Nastar Bentuk Jambu

Nastar yang bebentuk jambu ini pun memanglah sangat unik. Kamu dapat langsung menyantapnya karena bentuknya memang sangatlah unik seperti jambu. Agar semakin mulus terlihat layaknya kulit buah jambu oles saja dengan kuning telur dan sedikit butter.

4. Nastar Bentuk Cengkeh

Masih mirip layaknya buah jambu, tapi hanya saja nastar yang satu ini memiliki bentuk seperti buah cengkeh. Dengan penampilannya yang bulat besar akan semakin banyak menampung nanas di dalam nastarnya.

5. Nastar Bentuk Daun

Memang tidak mudah membuat nastar satu ini karena itu hasilnya yang sangatlah unik. Kamu memerlukan alat bantu seperti penjepit yang berguna untuk membentuk urat-urat daunnya sebelum dimasukkan ke dalam oven. Kemudian tambahkan pewarna hijau agar hasil nastar yang semakin mirip dengan daun.

 

Fakta Unik Kue Nastar

1. Nama Aslinya Diambil Dari Bahasa Belanda

Fakta unik yang pertama yaitu terdapat pada namanya yang ternyata bukan berasal dari bahasa Indonesia, melainkan berasal dari bahasa Belanda. Kata nastar diambil dari bahasa Belanda “ananas” yang memiliki arti nanas dan “taartjes” yang memiliki arti kue tart. Supaya lebih mudah cara pengucapannya maka disingkat dan jadilah nastar. Kue ini dinamakan dengan nama nastar bukan tanpa alasan. Faktanya kue ini memang merupakan salah satu kuliner yang diadaptasi dari kuliner Belanda dan telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Jika dalam bahasa Inggris kue ini bisa disebut dengan sebutan pineapple tart atau juga pineapple nastar roll.

2. Terinspirasi Dari Kue Pie

Kue nastar ini ternyata juga terinspirasi dari kue pie loh. Jika kamu perhatikan dengan jelas, tekstur dari kue nastar ini cenderung agak empuk dan lembut yang mirip dengan tekstur kue pie pada umumnya. Hal ini juga dapat diperkuat oleh resep kue nastar yang mirip dengan kue pai yaitu menggunakan tepung terigu, telur, dan mentega dengan takaran yang tidak jauh berbeda. Apabila kita melihat pada silsilahnya, pada kue nastar ini memang sengaja diolah dari adaptasi pie blueberry, strawberry, sampai apel. Dikarenakan buah-buahan tersebut lumayan susah dicari di Indonesia, maka dari itu digantilah dengan buah nanas yang berjumlah banyak dan bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia.

3. Nastar Selalu Tersaji Pada Hari Besar Perayaan

Tahukah kamu jika ternyata kue nastar ini selalu dihidangkan pada saat perayaan-perayaan hari besar yang ada di Indonesia. Contohnya saja lebaran, imlek, sampai natal. Tak diketahui secara pasti kenapa nastar selalu ada saat pada perayaan-perayaan hari besar tersebut. Namun pastinya dikarenakan kue nastar menjadi favorit masyarakat Indonesia, maka pada saat perayaan-perayaan tersebut kita selalu mencarinya.

4. Nastar Sebenarnya Bukan Kue Kering

Terdapat satu fakta yang mengejutkan jika ternyata kue nastar bukanlah termasuk ke dalam jajaran kue kering, tetapi masuk ke dalam kategori pastry. Kue nastar terinspirasi oleh pie sehingga adonannya mirip pie seperti yang sudah dikatakan di atas. Coba saja kamu perhatikan baik-baik, tekstur kue nastar tidak garing renyah seperti kue kering pada umumnya, namun empuk seperti tekstur kue pie.

5. Nastar Melambangkan Kemakmuran

Terakhir terdapat makna dari kue nastar yang memiliki simbol kemakmuran. Mungkin saja inilah salah satu alasan kenapa kue nastar selalu dihidangkan pada perayaan-perayaan hari besar karena memang kue ini melambangkan simbol kemakmuran bagi yang akan menyantapnya. Kue nanas dianggap melambangkan simbol kemakmuran dikarenakan warnanya yang memiliki warna keemasan sehingga mirip emas yang melambangkan simbol kemakmuran.

 

Bahan Dasar Kue Nastar Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

1. Nanas

Nanas merupekan salah satu bahan baku penting dalam resep kue nastar. Disaat buah sudah matang, buah ini dapat diolah menjadi selai nanas yang enak, berserat dan rasanya asam manis. Selain dari rasanya yang enak dan menyegarkan, didalam buah ini terkandung banyak vitamin yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya ialah:

  • Serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh.
  • Vitamin C yang dapat membantu menyintesis kolagen yang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Enzim bromelin yang dapat mempercepat proses pencernaan protein pada tubuh. Enzim ini juga dapat meringankan masalah perut, seperti sakit perut dan diare.

2. Susu

Biasanya susu digunakan untuk melembutkan tekstur dan juga memperkaya rasa dari kue nastar sendiri. Selanjutnya, susu juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya ialah kandungan kalsium yang dapat membantu tumbuh kembang pada anak, menjaga kesehatan tulang, dan juga mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

3. Telur

Dalam kue nastar, telur biasa dibagi menjadi dua bagian, yakni putih telur dan kuning telur. Pada bagian putih telur dapat digunakan sebagai bahan adonan kue nastar, sedangkan pada kuning telur bisa digunakan untuk memoles bagian atas adonan sebelum akan dimasukkan ke dalam pemanggang (oven). Walaupun penggunaannya berbeda, tetapi pada kedua bagian tersebut mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya yakni kandungan choline dan lutein pada kuning telur yang bagus untuk menjaga fungsi penglihatan mata. Sementara putih telur mengandung protein yang bagus untuk mendukung pembentukan otot dan sel-sel tubuh lainnya.

4. Keju

Keju biasanya dipakai untuk bahan pelapis atas kue nastar (topping). Selain berguna untuk menambah rasa, keju juga mempunyai banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya yaitu kandungan kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan B12 yang diperlukan oleh ibu dan bayi, serta baik untuk menjaga kesehatan gigi.

 

Kandungan Gizi Kue Nastar

Berdasarkan perhitungan situs Fatsecret, sebuah situs yang berfungsi menghitung kandungan makanan, Didalam satu buah potongan kue nastar terkandung kurang lebih:

  • Kalori: 75 kalori.
  • Lemak: 2,14 gram.
  • Karbohidrat: 12,66 gram.
  • Protein: 1,4 gram protein.

Apabila dihitung secara keseluruhan, dalam kue nastar sebagian besar terkandung karbohidrat 68 persen, lemak 26 persen, dan protein 6 persen . Dengan kandungan sebanyak ini, maka hanya dengan menyantap 14 buah kue nastar kamu sudah bisa mendapatkan 1.000 kalori. Jumlah tersebut sudah ada sepertiga dari jumlah kalori yang diperlukan oleh orang dewasa untuk beraktivitas normal dalam sehari, yakni sekitar 3.000 kalori.

 

Cara Menjaga Kue Nastar Agar Tetap Renyah

1. Dinginkan Kue Kering Sebelum Disimpan

Bagi kamu yang sering membuat kue kering di rumah, pastikan kue kering tersebut sudah dingin sebelum disimpan di dalam stoples. Soalnya, uap panas yang ada pada kue akan membuatnya lembap, sehingga kue cepat melempem. Nah, jika kamu tak ingin terlalu lama menunggu, kamu bisa manfaatkan baking rak agar kue cepat dingin.

2. Simpan Di Dalam Stoples Kering Dan Kedap Udara

Sebelum menyimpannya di dalam wadah atau stoples, pastikan wadah yang digunakan benar-benar bersih, kering, dan kedap udara. Soalnya, kondisi stoples ini benar-benar mempengaruhi kerenyahaan dan daya tahan kue kering. Ada beragam cara untuk membuat stoples kamu kering, pertama kamu bisa melapnya dengan kain bersih, diangin-anginkan, hingga menjemurnya selama beberapa waktu.

3. Hindari Menyimpan Di Dalam Wadah Plastik

Biasanya orang-orang menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan ringan. Khusus untuk kue kering, jangan pernah coba menyimpannya di dalam wadah plastik, ya! Selain membuat kue kering kamu cepat melempem, bau alami dari wadah plastik juga bisa menghilangkan aroma pada kue kering.

4. Jangan Mencampur Kue Kering Dan Lembut

Umumnya, ada dua jenis tekstur kue kering yang ditemui dipasaran, yaitu renyah dan lembut. Nah, agar kue kering kamu tidak mudah melempem dan tahan lama, jangan pernah mencampurkan kedua jenis kue tersebut di dalam wadah yang sama. Soalnya, suhu yang ada di dalam kue lembut dapat mempengaruhi kue kering sehingga dapat membuatnya cepat melempem.

5. Simpan Dalam kulkas

Ingin kue kering kamu tetap renyah dan tahan hingga berbulan-bulan? Coba simpan di dalam kulkas. Suhu dingin yang ada di dalam kulkas ternyata bisa membuat kue tetap kering dan tahan lama. Namun, sebelum menyimpannya pastikan stoples dalam keadaan rapat.

6. Panaskan Dalam Oven

Jika kue kering kamu sudah melempem, jangan khawatir, kamu bisa membuatnya renyah kembali dengan cara memanaskannya di dalam oven. Namun, pastikan suhu oven yang kamu gunakan berkisar 300 derajat Fahrenheit, dan simpan selama 5-10 menit, ya! Setelah jadi, dinginkan kue nastar tersebut beberapa menit lalu kamu bisa menyantapnya kembali.

Itu saja penjelasan saya tentang cara membuat kue nastar nanas dan juga serba serbi tentang kue nastar. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kalian ya, mohon maaf jika ada penjelasan yang kurang bisa dimengerti. Kue nastar juga ada yang berbentuk seperti digulung loh, jika kalian tertarik simak Cara Menggulung Nastar yang Benar Dan Mudah Wajib Untuk Dicoba! Sekian dan terimakasih!