Cara Membuat Kopi Espresso yang Akan Membuat Anda Ketagihan

Cara Membuat Kopi Espresso

Kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat kopi espresso, sedikit penjelasan tentang espresso dan juga manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu ada juga resep teh rempah herbal yang tentunya kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafeina, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil.

Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula yang mengambang di permukaan. Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer.

Pembuatan minuman (brewing) kopi seperti ini dikembangkan di Milan, Italia, sejak awal abad ke-20. Awal terciptanya espresso ditandai dengan ditemukannya mesin kopi yang dapat mengeluarkan uap dan air mendidih melalui kopi bubuk oleh Luigi Bezzera pada 1901.

Mesin tersebut merupakan cikal bakal dari mesin espresso yang umum digunakan saat ini. Bezzera membuat mesin tersebut untuk menjawab permasalahan yang terjadi pada waktu itu, yaitu lamanya waktu pembuatan kopi yang mencapai lima menit.

Hak paten untuk mesin yang diciptakan Bezzera kemudian dibeli oleh Desiderio Pavoni pada 1903.

1. Cara Membuat Kopi Espresso

Cara Membuat Kopi Espresso

Bahan-bahan

  • 1 sdm Nescafe Classic
  • 1/2 sachet SKM Frisian Flag Gold
  • Secukupnya Frisian Flag Coconut Delight
  • Es batu
  • 100-150 ml air panas

Cara Membuat

  1. Seduh Nescafe Classic dengan air panas 100ml di cup terpisah.
  2. Siapkan gelas / tumbler.
  3. Masukan es batu secukupnya, 1/2 sachet SKM Gold, dan susu Coconut Delight (saya campur dengan susu cair Greenfield dengan perbandingan 1:1).
  4. Terakhir, tuang kopi yang telah diseduh tadi ke dalam gelas berisi susu.
  5. Sebelum diaduk, gradasinya akan seperti di foto. Shake/aduk sebelum dinikmati.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Kopi memang menjadi minuman yang disukai setiap orang, dan memberikan kafein pada tubuh yang dapat memberikan stimulus semangat hingga terjaga hingga malam hari.

Ternyata, rutin minum kopi espresso dapat memberikan 4 manfaat bagi tubuh.

1. Menjaga ingatan jangka panjang

Ketika Anda mengonsumsi kopi espresso dengan kandungan kafein yang tepat, ternyata mampu meningkatkan memori jangka panjang Anda. Penelitian ini dilakukan di University of California, Amerika Serikat yang menguji hubungan minum kopi dengan kemampuan mengingat. Tapi efek ini akan mempengaruhi Anda ketika mengonsumsi dua cangkir, kurang atau lebih dari itu tidak akan berdampak apa-apa.

2. Meningkatkan perhatian

Meminum kopi espresso di pagi hari akan memberikan banyak manfaat, mulai dari menghilangkan kantuk hingga meningkatkan perhatian Anda karena konsentrasi yang meingkat.

Namun patut diingat, bahwa manfaat ini hanya bersifat sementara karena meminum kopi berlebihan akan menyebabkan sulit konsentrasi.

3. Menurunkan berat badan

Ternyata, yang membedakan espresso dengan kopi lainnya adalah kalori yang dikandung. Kopi espresso hanya mengandung 3 kalori per ons, tanpa krim dan gula.

Selain itu, espresso juga dapat meningkatkan aktivitas fisik Anda dan menurunkan rasa sakit pada otot. Jadi Anda dapat berolahraga dengan tenang dan lebih sering dibanding biasanya.

4. Mengurangi resiko struk

Penelitian dari Swedia menyatakan bahwa meminum segelas kopi dapat mengurangi resiko terkena struk. Hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan anti oksidan yang ada dalam kopi.