Cara Membuat Kopi Arab yang Fresh dan Legit Nandes

Cara membuat kopi arab dengan cita rasa arab asli yang diolah dan diproses di negara arab aslinya.

Cara membuatnya pun sama saja dengan cara membuat kopi bubuk ya yang membedakanya hanyalah dari cara meracik kopinya.

Wah pastinya enak banget dong,bisa mencicipi kopi yang fresh dari negara asalnya itu.Kali ini aku mau kasih tau ke kalian cara membuat kopi arab dengan menggunakan mesin grinder kopi.

Dan kopi arab ini beda dengan cara membuat avocado coffe iya walopun sama-sama diolah dengan menggunakan mesin.

Oke langsung simak saja ya teman-teman!

Sekilas Tentang Negara Arab

cara membuat kopi arab

Negara saudi pertama didirikan pada tahun 1744 (1157 H) ketika Sheikh Muhammad bin Abdul Wahhab menetap di Diriyah dan Pangeran Muhammad bin Saud (dari Diriyah) setuju untuk mendukung dan mendukung Wahhab.

Dengan pemandangan membersihkan kepercayaan Islamiah dari apa yang dianggap oleh mereka menjadi distorsi praktik Islamiah.

Dewan Saud dan sekutunya berkembang menjadi dominan di negara Arabia, pertama menundukan Nejd.

Lalu memperluas kekuasaan mereka ke pantai timur dari Kuwait sampai Oman. Orang Saudi juga membawa tanah tinggi ‘Asir dibawah kedaulatan mereka.

Dan pasukan Wahhabi mereka mengadakan serangan di Irak dan Suriah, memuncak pada perampokan kota suci Syi’ah, Karbala tahun 1801.

Pada tahun 1802, pasukan Saudi membawa daerah Hejaz dibawah kekuasaan mereka dan merebut dua kota suci, Mekah dan Madinah. Hal ini menyebabkan kemarahan kesultanan Utsmaniyah.

Yang telah menguasai kota suci sejak tahun 1517, dan membuat Utsmaniyah bergerak. Tugas untuk menghancurkan Wahhabi diberikan oleh Utsmaniyah pada raja muda kuat Mesir,Muhammad Ali Pasya.

Muhammad Ali mengirim pasukannya ke Hejaz melalui laut dan merebutnya kembali. Anaknya, Ibrahim Pasha, lalu memimpin pasukan Utsmaniyah ke jantung Nejd, merebut kota ke kota.

Dan membuat pasukannya menghancurkan desa yang melawan dengan sedikit belas kasihan, kejadian yang masih diingat di Nejd sampai saat ini.

Akhirnya, Ibrahim mencapai ibukota Saudi, Diriyah dan menyerangnya untuk beberapa bulan sampai kota itu menyerah pada musim dingin tahun 1818.

Ibrahim lalu membawa banyak anggota klan Alu Saud dan Ibn Abd Al-Wahhab ke Mesir dan ibukota Utsmaniyah, Istanbul, dan memerintahkan penghancuran Diriyah.

Yang reruntuhannya kini tidak pernah disentuh kembali. Imam Saudi terakhir, Abdullah bin Saud dieksekusi di ibukota Utsmaniyah, dan kepalanya dilempar ke selat Bosphorus.

Sejarah Negara Saudi Pertama berakhir, namun, Wahhabi dan klan Al Saud hidup terus dan mendirikan Negara Saudi Kedua yang bertahan sampai tahun 1891,dan negara ketiga,Arab Saudi, yang masih ada hingga kini.

Keunikan Dari Negara Arab

Beberapa waktu terakhir ini para traveler dunia dihebohkan dengan destinasi baru di dunia bagian timur.

Arab Saudi adalah negara paling sulit untuk dikunjungi oleh turis dunia.Visa akan susah kamu dapatkan jikalau tak sedang memiliki niatan untuk ibadah dan ziarah ke Mekah.

Namun aturan baru visa baru untuk turis, secara resmi di umumkan oleh Kepala Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Saudi, Pangeran Sultan bin Salman bin Abdulaziz.

Kabar gembira ini disambut meriah oleh seorang turis dan juga fotografer bernama Eric Lafforgue untuk langsung memanfaatkan kesempatan tersebut.

Fotografer ini tinggal selama dua minggu di Arab Saudi, dan banyak menjumpai pemandangan unik.

1. Gapura pembatas bagi para turis yang tak sedang menjalankan ibadah haji ataupun ziarah ke Mekah, siapapun si pelanggar hukum bisa dipenjara atau bahkan hukuman mati.

2. Orang-orang Saudi suka mengatakan bahwa, jika kamu menemukan pintu yang terbuka, bisa masuk dan bersiaplah akan ditawari teh gratis.

3. Suku Badui-nya Arab, dimana destinasi akhir pekan keluarga perkotaan yang menghabiskan waktu dengan bermalam di tenda di tengah gurun.

4. Jika di negara Asia peternakan kambing udah jadi hal biasa,

di negara ini kamu akan menjumpai peternakan unta di tengah gurun.

5. Mumpung di Arab kamu harus mencoba nikmatnya rasa susu unta yang kaya protein yang dijual di supermarket dan dianggap bisa mencegah beberapa bentuk kanker.

Cara Membuat Kopi Arab

Bahan-Bahan:

  • 1 Kg Kopi
  • 1 Kg jahe
  • 10 Butir Cengkeh
  • 1 Batang Kayu manis
  • 25 Kapulaga
  • 2 lbr Daun Pandan
  • 1 buah jeruk wangi

Cara Membuat Kopi Arab:

  1. Jahe diiris tipis-tipis lalu dijemur sampai kering kurang lebih 2 hari.Kopi Arabica disanggrai sampai berwarna Merah keclokatan, kurang lebih 40menit (jangan sampai gosong).
  2. Jahe yang telah dijemur kering disanggrai sampai berwarna coklat muda atau sampai kira-kira kelihatan matang. Dalam menyanggrai, jahe jangan dicampur dengan kopinya.
  3. Kayu manis dan cengkeh disanggrai bersama sekitar 20 menit.
  4. Kapulaga dikupas kecil-kecil bijinya beserta kulitnya.
  5. Semua bahan siap dicampur.
  6. Sajikan dengan air panas dengan perbandingan 1 sendok makan kopi dan 2sendok makan gula, atau sesuai selera anda tambahkan daun pandang yang telah disiapkan.

Nah kurang lebih begitu ya cara membuat kopinya temen-temen.buat kalian yang tertarik langsung mencobanya saja ya.

Kalo udah coba pasti ketagihen deh selalu ingin buat kopi arab ini lo temen-temen hehe.

Manfaat Kopi Dalam Cara Membuat Kopi Arab

Penasarankan apa aja sih manfaat yang bisa kalian dapatkan dari kopi? Brilio.net telah merangkum 20 manfaat yang bisa kalian dapatkan bila mengonsumsi kopi dengan takaran yang pas.

1. Menurunkan berat badan.

Jangan sedih bila memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, karena ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan.

Salah satunya dengan meminum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas. Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa biji kopi mengandung senyawa yang bernama klorogenat, dan kafein yang bisa menurunkan berat badan seseorang.

Jadi selain mengatur pola makan, program dietmu akan lebih berjalan dengan lancar bila mengonsumsi kopi.

2. Dapat mencegah diabetes.

Umumya penyakit tersebut dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang.

Sehingga tidak bisa mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah, dengan mengonsumsi kopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh mencegah terjadinya diabetes.

Tetapi juga harus diimbangi dengan olah raga yang teratur serta menjaga pola makan.

3. Mengurangi tingkat stres dan depresi.

Apabila seseorang sedang merasa depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas.

Kopi merupakan salah satu minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut. Buatlah secangkir kopi hangat sesuai selera kalian, setelah itu pasti akan merasakan perasaan rileks, bahagia dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kalian kembali.

4. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, tentunya akan berdampak positif bagi tubuh bukan?

Salah satunya kopi, jika kopi dikonsumsi secra teratur dan takarannya pas, maka kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh lo.

Jika metabolisme dalam tubuh lancar maka lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

5. Meningkatkan daya ingat.

Tidak bisa dimungkiri, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya akan berkurang. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi lho.

Jadi kalau sudah mulai sering lupa, maka kopi merupakan salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat kalian.

Mungkin hanya ini yang bisa saya infokan ke temen-temen iya,apabila ada kesalahan dan kekurangan di dalam artikel saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Dan tak lupa juga buat para pembaca artikel aku ini semoga makin seneng iya da ga bosen-bosen untuk membacanya.Semoga bermanfaat.Sekian dan terimakasih.

Jangan lupa juga untuk simak cara membuat kopi bubuk !