Cara Membuat Ketupat yang Empuk dan Sangat Sederhana Untuk Dibuat

cara membuat ketupat

Kemarin saya telah membahas tentang aneka maskan sosis dan sekarang saya mau membahas mengenai cara  membuat ketupat yang enak, empuk dan lembut.

Ketupat jadi lauk wajib di hari raya. Kalau ingin bikin ketupat sendiri anda pastikan harus memperhatikan 5 tips ini supaaya ketupat empuk lembut dan juga tahan lama. jual alat pembuat sosis.

Membuat ketupat sendiri sebenarnya mudah asal tahu triknya. Ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan dari jenis beras yang sangat tepat sampai cara menyimpan ketupat.

Berikut Cara Membuat Ketupat

Jika belum tau cara membuat ketupat silahkan simak cara membuat ketupat yang baik dan benar.

1. Bahan Ketupat

Dua hal yang sangat penting dalam membuat ketupat yaitu pemilihan beras dan kulit ketupat yang bagus. Untuk beras pilihlah beras yang pulen seperti jenis rojolele, pandan wangi atau mentik spesial.

Rendam beras dalam air dingin selama 1 jam. Kalau suka, Anda bisa menambahkan sedikit air kapur sirih agar ketupat sedikit kenyal. Tiriskan hingga kering.

Untuk kulit ketupat yang penting memilih yang ukurannya sama agar nanti ketupat matang secara bersamaan.

Pastikan juga anyaman janur pada kulit ketupat sudah cukup rapat untuk menahan beras agar tidak keluar.

2. Mengisi dan Memasak Ketupat

Jangan terlalu banyak menaruh beras sebagai isian ketupat. Isi kulit ketupat dengan beras sampai 2 per 3 bagian kulit. Kemudian susun ketupat di dalam sebuah panci tinggi dan besar.

Tuangi air panas sampai seluruh air merendam ketupat, Kemudian masak selama 2- 3 jam hingga ketupat menjadi padat. Jika air berkurang tambahkan air panas dengan secukupnya.

Selain dengan teknik merebus cara biasa Anda dapat membuat ketupat super cepat dengan panci bertekanan (pressure cooker). Cara ini akan memungkinkan ketupat matang dalam waktu 30 menit saja.

3. Menyiram Ketupat Dengan Air Dingin

Ada beberapa trik mudah untuk menjaga ketupat agar tidak cepat basi dan berair. Usai ketupat matang dengan
sangat sempurna, segeralah angkat dan siram dengan air dingin.

Proses ini membersihkan lendir dari janur yang masih menempel pada ketupat yang sudah matang. Sekaligus menghilangkan kotoran pada sisa air rebusan ketupat.

4. Meniriskan Ketupat

Kunci penting lainnya saat membuat ketupat adalah meniriskannya sampai benar-benar kering.

Karenanya penting untuk menaruh ketupat di atas wadah bercelah seperti tampah yang bisa mengalirkan sisa-sisa rebusan air. Cara ini dapat memungkinkan ketupat lebih awet dan tahan lama.

5. Gantung Ketupat, Cara Membuat Ketupat

Metode terbaik dalam menyimpan ketupat adalah dengan menggantungnya. Gantung kumpulan ketupat di sebuah tempat yang berangin dan terbuka. Cara ini juga bisa membuat sisa-sisa air dari rebusan ketupat cepat hilang.

Cara Menghangatkan Ketupat Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi

  • Menyimpan ketupat sebaiknya dilakukan dengan menggantungnya.Cara Ini akan membantu proses pengeringan ketupat dari air yang tersisa akibat dari proses memasak. Dengan terkurangnya air maka ketupat akan lebih kering dan tidak mudah basi dan serta tidak berlendir.
  • Simpanlah di tempat yang cukup kering dan hindari dari tempat yang lembap. Hindari langsung menutup ketupat dengan tudung saji karena hal ini hanya akan membuat ketupat jadi mudah berjamur dan basi.
  • Bisa juga disimpan dalam lemari es. Tetapi sebelum memasukkan dalam plastik yang rapat dan tidak berlubang ya.
  • Menghangatkan kembali ketupat bukan dengan direbus melainkan dikukus. Gunakan dandang atau kukusan untuk memanaskan kembali ketupat. Ini juga akan menjaga aroma ketupat.
  • Untuk menghangatkan ketupat yang selanjutnya adalah menggunakan etalase penghangat makanan .

 

Demikian yang bisa saya sampaikan, apabila ada salah kata dan kekurangan dalam artikel saya, saya mohon maaf, dan jangan bosan dengan artikel ku ini.

Dan tak lupa juga kepada yang sudah membaca artikel aku ini semoga selalu setia di artikel aku ini. Sekian dan terimakasih.