Cara membuat Kerupuk Sirip Ikan Lele yang Renyah

kerupuk sirip ikan lele

Resep kerupuk sirip lele – Ikan lele mengandung tinggi gizi dan protein yang membantu kecerdasan otak anak. Banyak mengkonsumsi ikan lele juga dapat membatu meningkatkan kesuburan pria dan wanita ikan lele juga kini sering diolah menjadi kerupuk ikan lele sebagai makanan cemilan saat santai maupun untuk makan .

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat kerupuk kulit lele dan proses yang dilengkapi dengan langkah-langah step by step dengan mudah dan sederhana serta praktis. Hampir semua bagian pada ikan lele ternyata bisa dimanfaatkan mulai dari kulit, tulang, kepala lele, apalagi daging bisa dibuat kerupuk atau kripik yang sangat istimewa karena kaya gizi dan kalsium.

Berikut Resep Kerupuk sirip Lele yang Renyah dan Nikmat

Bahan-bahan

  • 1 kg kulit lele segar
  • 250 gram bawang putih
  • 125 gram garam
  • 2 liter air
  • 1 liter minyak goreng
  • 1 sendok makan kapur sirih

Cara Membuat Resep kerupuk sirip lele

  1. Sirip ikan lele yaitu pada bagian punggung ikan, perut dan sirip ekor lalu digunting. Kulit dan sirip ikan telah didapat. Jika ikan lele ingin digunakan sebagai bahan membuat abon, maka dapat dilanjutkan dengan pemfiletan daging ikan lele.
  2. cuci bersih dan rebus. Setelah kulit/sirip di cuci bersih dan ditiriskan, kemudian kulit dicelupkan ke dalam air panas selama kurang lebih 2 menit, sehingga kulit mengalami pembengkakan atau swelling.  Dilakukan perebusan supaya rantai polisakarida penyusun dinding sel kulit mengalami hidrolisis dan fraksinasi, menjadi rantai polisakarida yang lebih pendek, perendaman dalam air es. Kulit yang telah direbus lalu diangkat kemudian dimasukkan ke dalam air es, sehingga mengalami pengerutan kembali.
  3.  potong kulit dan siapkan bumbu halusnya. Untuk 1 kg kulit/sirip ikan lele dibutuhkan 15 gr garam, 50 gr bawang putih halus, 50 gr kemiri, 50-100 ml air, daun jeruk secukupnya.Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditambahkan ke adonan tepung sehingga membentuk adonan kental. Kemudian sirip ikan lele dimasukan ke dalam larutan bumbu yang telah disiapkan tersebut.
  4. pembaluran dengan adonan tepung. Adonan tepung di antaranya sekitar kurang lebih 500 gr tepung beras, 25 gr tepung meizena, 1,25 gr baking powder dan 20 gr penyedap rasa. Sirip ikan lele dimasukkan ke dalam campuran tepung dan taburi hingga merata.
  5. penggorengan dan penirisan. Kemudian sirip ikan lele digoreng dengan minyak panas dengan api yang besar, digoreng sampai kering kemudian diangkat dan ditiriskan. Agar menghasilkan tekstur keripik lele yang gurih, kulit lele digoreng dua kali.
  6. Keripik lele yang sudah digoreng sebelumnya didiamkan kurang lebih selama 1 malam pada suhu ruang. Penggorengan kedua dilakukan dengan minyak panas hingga berwarna coklat kekuning kuningan atau keripik lele menjadi renyah

Manfaat Mengonsumsi Ikan Lele Bagi Tubuh Kita

1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Dengan mengonsumsi ikan lele, secara tidak langsung dapat menyembuhkan bekas luka yang terdapat pada tubuh kita atau saat pasca-operasi. Jika anda orang yang barusaja mengalami suatu operasi apapun itu, mengonsumsi ikan lele ini secara rutin dan teratur bisa membantu pemulihan. Namun perlu diingat, makanlah secukupnya, jangan sampai berlebihan.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Jika Anda mengonsumsi ikan lele secara teratur setiap hari bisa membantu anda untuk menjaga kesehatan saraf dalam tubuh. Ikan lele memang banyak manfaatnya terutama bagus bagi kesehatan sistem syaraf tubuh anda.

3. Berguna untuk Kesehatan Otak dan Jantung

Siapapun anda mau tua, muda maupun kecil, manusia sangat wajib dalam menjaga kesehatan otak dan jantung maupun itu yang tua maupun yang muda. Nah, untuk menjaga kesehatan otak dan jantung ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur sehingga cara kerja otak dan jantung akan berjalan dengan baik.

Mungkin sekian artikel yang saya berikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat kerupuk  lele udang jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih