Cara Membuat Kerupuk Bawang Merah

cara membuat kerupuk bawan merah

Tak jarang banyak orang tua yang mewariskan resep kesayang mereka kepada sanak-saudara. Namun bagi saya, mertua saya yang hobi masak mengajarkan cara membuat kerupuk bawang merah. Makanan ini sering disajikan saat jelang Lebaran dan sering dinanti-nantikan anggota keluarga.

Sejak dulu ingin saya bagikan resep iniĀ  kepada kalian tetapi karena resep dari mertua tidak menggunakan takaran dan hanya berdasarkan perasan, sulit buat dibuat resep yang benar. Akhirnya saya bertekat untuk ikuti takaran sendiri dan bersyukur berhasil menyamai karya mertua.

Berikut ini adalah bagaimana cara membuat keripik bawang yang sudah menjadi turun temurun.

Cara Membuat Kerupuk Bawa Merah yang Gurih

Bahan:
  • 250 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung tapioka
  • 1 sdt garam halus
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1 buah telur kocok lepas
  • 5 butir bawang merah cincang halus
  • 150 ml santan kental Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kerupuk
Cara Membuat kerupuk bawang merah:

1. Pertama tama masukkan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam suatu wadah yang telah disiapkan, kemudian tambahkan garam halus, gula pasir, lada bubuk, dan bawang merah cincang, aduk hingga semua tercampur rata.

2. Kemudian tuangkan telur kocok dan santan kental, aduk lagi hingga adonan bergumpal-gumpal. Hentikan mengaduk jika sudah menggumpal, diamkan adonan kurang lebih selama 15 menit dan tutup dengan lap/serbet bersih.

3. Lalu Siapkan alat giling mie/mesin pasta, giling adonan kripik dari no .1 dan giling hingga halus, kurang lebih 3 kali. Lanjutkan giling ke no.2, giling selama 2 kali. Kemudian naik lagi giling ke no.3, lanjut terus hingga terakhir giling ke no.5. (Ini untuk gilingan resep saya, beda merek beda pula no urut gilingnya. Ada yang dari no.besar ke no.kecil).

4. Taburi adonan kripik yang sudah tipis dengan tepung terigu, potong sepanjang 30cmx15cm kemudian gulung dan olesi dengan air diujung gulungan. Potong serong dengan pisau yang tajam. Kalau mau dipotong dengan model cheese stick/ panjang, kotak persegi panjang, jajaran genjang atau model lain juga boleh…tergantung selera dan kreatifitas masing-masing.

5. Goreng dalam minyak goreng dengan panas api sedang. Bolak balik kripiknya agar tidak terjadi kegosongan, jika sudah kuning kecoklat coklatan segera angkat, dan tiriskan. Kemudian tiriskan, baru disimpan dalam tempat yang kedap udara, atau dikemas dengan plastik/toples bening.

1. Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat bawang merah yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang pada tubuh kita. Pada penelitian yang dilakukan pada seorang wanita perawan maupun yang pascamenopause menunjukkan bahwa mengonsumsi jenis bawang ini bisa meningkatkan kepadatan tulang.

mengongumsi bawang merah yang dikonsumsi sebanyak 1 kali dalam seminggu atau bahkan lebih mampu meningkatkan kepadatan tulang hingga 5% lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang tidak sama sekali mengonsumsinya sehingga akan terlihat sekali perbedaanya.

Paling bagusnya lagi, mengkonsumsi bawang merah kepada wanita yang telah lanjut usia juga mampu mengurangi resiko terjadinya patah tulang pinggul sebanyak 20%. Jenis bawang merah yang satu ini juga bagus untuk meningkatkan kesehatan gigi hingga mencegah datangnya osteoporosis.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas

Mengkonsumsi bawan merah juga sangat bagus dalam meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita. Adapun manfaat yang satu ini yaitu dapat diandalkan dalam melawan berbagai jenis penyakit juga infeksi umum mulai dari demam, flu, pilek dan lain sebagainya.

Walaupun Anda tidak menyukai bawang merah dalam mengonsumsi bawang merah yang masih mentah, Anda bisa memasukkannya burger, pecel, urap ataupun salad sayur untuk kemudian dikonsumsi.

3. Untuk Mengatasi Sembelit

Ternyata mengonsumsi bawang merah juga bagus untuk menghilangkan racun serta kotoran keras yang melekat di usus. Dengan begitu pencernaan juga akan semakin lancar serta terhindar dari yang namanya sembelit.

Mungkin sekian artikel yang saya berikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat kerupuk bawang jika anda ingin yang lebih rinci mengenai berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih