Cara Membuat Keripik Pepaya tanpa Mesin Vacuum Frying

Cara Membuat Keripik-adalah Cara Membuat Keripik Pepaya Tanpa Vacuum Frying. Cara untuk membuat keripik buah pepaya Buah pepaya juga bisa di konsumsi secara langsung jika sudah matang.

Namun itu karena di Indonesia kreatifitas kulinernya yang tinggi buah ini juga dapat dimakan dengan berbagai cara membuat keripik. Contohnya buah pepaya yang masih setengah matang bisa di gunakan untuk bahan membuat rujak.

Buah pepaya yang satu ini memang  memiliki bentuk buah yang lebih kecil dan juga lebih lonjong ini datang dari amerika tengah dan beberapa tempat  di karibia bobot buah satu ini berkisar pada 600 gram s/d 2 kg.

Pepaya gunung yakni masih kerabat dengan pepaya yang ada di lokasi wonosobo tanaman ini memang umum disebut dengan carica, dan di daerah bali tanaman ini disebut juga gedang memedi. tempat asli dari pepaya satu ini yakni dataran tinggi andes, amerika selatan.

1.Cara Membuat Keripik Pepaya Tanpa Vacuum Frying

 

Bahan-Bahan:

  • Pepaya bangkok atau california.
  • Minyak goreng Secukupnya

Cara Membuat Keripik Buah Pepaya:

  1. Langkah yang pertama adalah kupas buah pepaya yang sudah anda pilih.
  2. Kemudian buang biji – bijinya sampai bersih.
  3. cuci buah pepaya tersebut dengan menggunakan air bersih.
  4. Kemudian rajang buah pepaya tersebut, bentuk sesuai selera anda dan juga ketebalan kurang lebih dari 5 mm.
  5. Kemudian irisan buah pepaya yang selanjutnya di simpan di dalam freezer dalam waktu kurang lebih selama  24 jam.
  6. Setelah itu siapkan mesin vacuum frying, lalu isi mesin vacuum frying tersebut dengan minyak goreng sesuai kapasitas mesin vacuum frying tersebut.
  7. Kemudian masukkan irisan buah pepaya yang dingin dan lalu goreng dengan suhu rendah sekitar 85 derajat celcius agar tidak gosong dan juga didapatkan keripik pepaya yang bagus.
  8. Lalu anda cek terlebih dahulu  keripik buah pepaya dalam mesin vacuum frying, jika keripik sudah kering kemudian angkat dan tiriskan.
  9. Selanjutnya siapkanlah mesin spinner untuk bisa memisahkan minyak.
  10. Keripik pepaya siap untuk disantap atau juga bisa dikemas.

2.Cara Pembuatan keripik buah tanpa mesin

Bahan-Bahan:

  • Buah salak yang sudah matang 2 kil0 gram
  • Air 2,5 liter
  • Kapur sirih 100 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula pasir 250 gram
  • Garam secukupnya

Cara Pembuat Keripik Salak Tanpa Mesin :

  1. Untuk Cara Membuat Keripik Salak adalah Ambil buah salak yang masih segar, Pilih buah salak yang masih baik dan tidak busuk.
  2. Kemudian kupas buah salak tersebut dari kulitnya sampai besih.
  3. Lalu buah salak di pisahkan dari biji buah salak dan ambil daging buah salaknya.
  4.  kemudian bersihkan daging buah salak hingga bersih.
  5. Aduk hingga semua bahan tercampur dan larut. Kemudian masukan daging buah salak tersebut dan di rendam dalam air sirih selama 1 jam. Fungsi kapur sirih untuk daging buah salak adalah untuk menghilangkan getah pada buah salak.
  6. Setelah daging buah salak di rendam dengan sirih dalam waktu kurang lebih selama 1 jam kemudian di angkat daging buah salaknya dari rendaman air sirih tersebut dan tiriskan.
  7. Panaskan oven tradisional pada wajan, dan masukan daging buah salak pada oven. Terlebih dahulu di atur letak daging buah salaknya agar tidak bertumpukan. Tujuan daging buah salak di oven adalah untuk menghilangkan kandungan air pada buah salak. Setidaknya bisa mengurangi kandungan air pada buah salak. Setelah buah salak kering lanjut ke tahap berikutnya.
  8. Panaskan wajan hingga panas dan goreng daging buah salak tersebut hingga berwarna kuning keemasan atau coklat.
  9. Setelah daging buah salak matang setelah di goreng, kalau sista punya alat sentrifugal atau pemusing bisa di gunakan agar kandungan minyak pada buah salak bisa hilang, jadi buah salak bisa tahan dalam waktu sampai satu bulan.

Cukup sekian dari kami apabila ada salah kata saya mohon maaf. Dan selamat untuk membuatnya dirumah dan semoga anda menyukainya!