Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Renyah Dan Tahan Lama

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Renyah Dan Tahan Lama

Keripik Tempe adalah makanan tradisional sejenis keripik yangterbuat dari tempe. Berbeda dengan jenis keripik pada umumnya yang banyak dibuat dari kacang dan kedlai, Keripik Tempe dibuat dari bahandasar tempe kedelai sehingga memiliki cita rasa yang sangat khas. Keripik Tempemerupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal Indonesia, salah satunyaadalah daerah ngawi yang menjadikan Keripik Tempe ini sebagaimakanan khas di sana.

Tempe ialah makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan memiliki rasa gurih yang bikin nagih. Harganya pun juga relatif murah dan mudah diolah untuk  di jadikan berbagai makanan enak. Salah satunya ya  keripik tempe.

Gak perlu menunggu oleh-oleh dari teman atau kerabat dulu untuk menikmatinya, kamu bisa bikin keripik tempe sendiri di rumah.

Siapa sih yang nggak suka olahan gurih renyah yang bisa dinikmati setiap saat. Yap, salah satu olahan yang bisa kamu pilih adalah keripik tempe ini. Yuk langsung saja kita simak bersama resep cara membuat keripik tempe renyah yang tahan lama di bawah ini.

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Renyah Dan Tahan Lama

 

keripik tempe ini. Sudah tidak diragukan lagi bahwa kandungan protein tinggi yang bagus dalam tempe menjadi salah satu asupan nurtrisi bagi tubuh. Olahan keripik tempe kian marak diminati dan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh.

Keripik tempe sagu adalah salah satu bentuk alternatif modifikasi pengolahan tempe.  Produk ini mudah rusak oleh udara dan kelembaban lingkungan sehingga dibutuhkan pengemas yang cocok agar produk lebih tahan lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa lama umur simpan produk keripik tempe sagu yang selama ini diproduksi dengan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT), dengan menggunakan pengemas plastik polipropilen.  Keripik tempe sagu yang digunakan berasal dari produsen di Tawangsari Sukoharjo.  Desain penelitian yang digunakan adalah pendugaan umur simpan dengan penyimpanan pada tiga suhu yang berbeda yaitu 50C; 270C; dan 500C.  Produk dianalisis setiap 6 hari sekali selama satu bulan.  Analisis produk yang dilakukan adalah pengukuran kadar air dan kadar asam lemak bebas (FFA).  Hasil penelitian menunjukkan keripik tempe sagu yang disimpan dengan pengemas plastik PP memiliki umur simpan selama 91 hari atau sekitar 3 bulan.

jika kamu ingin membuat keripik tempe sendiri di rumah juga bisa kok. Cara membuat keripik tempe terbilang mudah. Penasaran kan bagaimana membuatnya? Langsung saja simak resep cara membuat keripik tempe yang telah Diadona ulas di bawah ini.

Bahan:

  • 250 gram tepung beras
  •  125 gram tepung tapioka
  • 2 Papan tempe super bertekstur padat,
  • berat per papan adalah 600 gram
  •  1 butir telur utuh
  • 1 bungkus kaldu bubuk
  • Garam sesuai selera
  • 300-350 ml air
  •  Minyak secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  •  1 siung bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 ruas kencur
  • 2-3 buah kemiri

Cara membuat keripik tempe  Sagu Renyah Dan Tahan Lama :

  1. Iris tipis tempe dengan diseset pakai pisau yang tajam. Satu papan tempe bisa jadi 30-32 tempe. Sesuai ketebalan dan ukuran. Campur semua bahan dan bumbu halus juga air, aduk hingga rata.
  2. Pastikan tekstur adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental. Apalagi jika tidak menggunakan telur, sebaiknya lebih encer agar hasilnya kriuk dan tidak keras.
  3. Pastikan tekstur adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental. Apalagi jika tidak menggunakan telur, sebaiknya lebih encer agar hasilnya kriuk dan tidak keras.
  4. Lalu goreng dan angat lalu tiriskan menggunakan mesin peniris minyak

Khasiat keripik tempe yang pertama bisa membantu anda di dalam menurunkan tekanan darah. Keripik tempe di dalamnya memiliki kandungan protein yang sangat tingi dan tidak sama dengan. Keripik tempe renyah berbumbu dengan daun jeruk iris di dalam adonan tepung. Dibalik penampilan dan rasa pedas tiada tara, rasa pedas dari keripik singkong bikin Anda merasa ketagihan sekalipun beberapa kali memberikan efek terbakar pada mulut. Keripik tempe menjadi salah satu alternatif cara makan tempe yang lebih enak.

Baca Juga:Cara Membuat Keripik Tempe Yang Renyah Dan Tahan Lama.