Cara Membuat Keripik Tahu Balado Lezat

Cara Membuat Keripik Tahu Balado Lezat Olahan dari bahan utama tahu memang terbilang cukup banyak. Nah, jika di pertemuan yang sebelumnya membahas stick tahu, kali ini akan membagikan resep tahu pula yakni keripik tahu. Dengan bahan tambahan bumbu rempah pilihan,cara membuat keripik tahu walik memberikan rasa yang sangat gurih. Di tambah lagi dengan teksturnya yang sangat renyah , dapat membuat orang yang memakannya ketagihan.

Resep Keripik Tahu

cara Membuat Keripik Tahu

Bahan:

  • 20 buah tahu pong
    1000 ml minyak untuk menggoreng
    1000 ml air untuk pencelup

Bahan Pelapis:

  • 4 siung bawang putih haluskan
    7 lembar daun jeruk buang tulangnya
    1 sendok teh garam
    50 gram tepung sagu
    50 gram tepung beras

Cara Membuat 

1. Belah miring tahu dan keluarkan isinya. Balik bagian dalam keluar. Sisihkan.

2.Selanjutnya , untuk Pelapis, campur bawang putih, daun jeruk, garam, tepung sagu, dan tepung beras. Aduk rata.

3. Celupkan tahu ke dalam air. Gulingkan di atas bahan pelapis.

4. Goreng dengan minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.

CARA MEMBUAT KERIPIK TAHU BALADO

cara Membuat Keripik Tahu

Mendengar kata tahu rasanya mudah sekali untuk kita jumpai dalam keseharian kita. Tahu adalah makanan rendah kalori namun tinggi protein. Tahu banyak memiliki manfaat baik bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker, anemia, osteoporosis, dan kadar kolesterol.

Nah kali ini kita akan membuat cemilan sederhana yang renyah dan berbahan dasar dari tahu, atau yang kita kenal dengan nama keripik tahu balado.

Keripik tahu balado adalah makanan ringan yang sangat mudah untuk kita bawa kemana-mana. ini banyak digemari oleh semua orang karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang nikmat. Selain cara membuatnyapun cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga loh.

bahan

  • 1. Tahu 10 buah.
  • 2. Bawang putih 2 siung dihaluskan.
  • 3. Garam 1/2 sdt.
  • 4. 50 ml air.
  • 5. 100 gr tepung terigu.
  • 6. Tepung beras 2 sdm .
  • 7. Kaldu bubuk 1 sdt.
  • 8. 1/4 sdt merica bubuk.
  • 9. Bubuk balado secukupnya

Cara Membuat :

1) Belah tahu menjadi dua bagian, kemudian keruk isi tahu. Sisihkan kulit tahu. Balik bagian dalam kulit jadi keluar.

2) Campurkan bawang putih halus dan garam, lalu tambahkan 50 ml air.kemudian , Rendam kulit tahu pong dalam bumbu yang telah dibbuat ini sampai meresap,  kurang lebih sekitar 15 menit.

3)Lalu ,  Buat bahan untuk pelapis dengan cara mencampur tepung, kaldu bubuk, merica, dan garam.lalu  Aduk rata dan ayak. Kemudian baluri tahu pong dengan mengunakan bahan pelapis pada kulit tahu sampai menempel dengan rata.

4) Lalu , Goreng adonan keripik dalam minyak yang banyak di atas api yang sedang. Bila warnanya telah berubah menjadi kuning kecokelatan dan kering, angkat keripik. Saat sudah dingin tersebut, simpan keripik dalam wadah yang kedap udara.

5) Taburkan bubuk balado sesuai selera kalian.

6) Keripik tahu siap untuk dinikmati.

Agar kualitasnya bisa tetap terjaga, sebaiknya bungkus keripik tahu balado dalam kemasan plastik polypropylene. sehingga tidak mudah terjadi kebocoran kemasan yang dapat menimbulkan kerupuk menjadi lembab dan tidak renyah. Daya tahan Keripik Tahu bisa sampai 6 bulan lamanya. Dan jangan lupa simpan di tempat yang bersuhu normal..

sangat cocok jika sajian gurih ini di jadikan cemilan harian kalian. Dan akan terasa lebih nikmat jika menikmatinya sambil di temani minuman yang manis dan juga segar. Selain itu keripik tahu juga bisa di gunakan sebagai makanan pendamping loh seperti hidangan utama. Bisa di bilang sebagai pengganti kerupuk. Dan bahan untuk membuatnya bisa kalian dapatkan di pasaran. Untuk paduanya, kalian bisa lihat dan simak pada artikel ini.