Cara Membuat Keripik Singkong Balado Enak dan Gurih

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Enak dan Gurih

Selain membahas mengenai Cara Membuat Keripik Singkong Balado Enak dan Gurih, kami juga membahas tentang Cara Membuat Kentang Balado Enak Dan Sederhana!, jadi pastikan kalian membacanya juga

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Enak dan Gurih

Bahan keripik singkong :

  • 1 kg singkong

Bahan bumbu keripik singkong :

  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 300 ml air bersih matang
  • 5 sendok makan garam untuk rendaman
  • 5 siung bawang putih, dihaluskan sebagai campuran rendaman
  • 2 sendok makan gula pasir untuk bumbu
  • Minyak nabati untuk menggoreng

Bahan yang dihaluskan :

  • 8 butir bawang merah
  • 150 gram cabai merah keriting
  • 1,5 sendok teh garam

Resep Keripik Singkong Balado Yang Renyah

Cara pengolahan keripik singkong balado

  1. Singkong yang sudah dipilih kemudian dikupas dan juga dicuci hingga bersih lalu iris tipis tipis dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik atau juga dapat pisau dapur juga bisa, tetapi yang perlu, kalian harus mengusahakan ukuran dari irisan sama tipis atau juga tidak tebal sebelah. Resep Keripik Singkong Balado Yang Renyah
  2. Campur air bersih dengan air kapur sirih, setelah itu kalian campurkan bawang putih dan juga garam yang sudah dihaluskan, dan aduk hingga merata. Kemudian kalian bisa rendam irisan singkong ke dalamnya hingga waktu 30 menit, angkat lalu tiriskan. Resep Keripik Singkong Balado Yang Renyah
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng singkong irisan tadi hingga matang dan juga kering, angkat lalu kalian tiriskan keripik singkong hingga dingin dan juga tidak berminyak. Resep Keripik Singkong Balado Yang Renyah
  4. Panaskan kembali minyak goreng, tumis bumbu halus serta sambil kalian aduk aduk. Tuang gula pasir, lalu aduk hingga rata. Setelah bumbu sudah mengering atau kadar air yang terdapat pada singkong tadi sudah habis, kalian bisa untuk mengecilkan atau kalian juga bisa mematikan api lalu masukkan keripik singkong, aduk hingga rata, angkat, tiriskan dan kemudian kalian diamkan hingga dingin, keripik siap disajikan.

Tips memilih singkong untuk keripik singkong yang renyah

  • Umbi singkong atau ubi kayu yang masih segar tersebut tidak boleh melebihi dari satu hari setelah dicabut dari akarnya.
  • Pilih singkong yang dalam keadaan masih segar, berukuran besar dan juga isinya berwarna putih tidak ada bercak yang berwarna ungu.
  • Resep Keripik Singkong Balado Yang Renyah

Tips merendam singkong

  1. Rendam singkong dengan air panas. Campurkan soda kue dengan takaran 1sdt/1liter air lalu kalian diamkan air hingga dingin.
  2. Keringkan singkong yang sudah direndam tadi hingga benar-benar menjadi kering dan juga jangan terkena sinar matahari langsung.
  3. Resep Keripik Singkong Balado Yang Renyah

Tips menggoreng keripik singkong yang renyah

  1. Goreng dengan api besar dengan perbandingan minyak dan juga singkong adalah kurang lebih 3:1.
  2. Siapkan dua penggorengan. Penggorengan pertama dengan panas sedang dengan tujuan yaitu untuk menggoreng setengah matang, dan kemudian yang kedua dengan suhu panas maksimal dengan tujuan untuk menggoreng sampai matang.

Tips membuat bumbu balado untuk keripik singkong balado.

  1. Selain rasa bumbu balado, keripik singkong juga biasa untuk dibuat dengan bumbu asin atau juga bumbu keju.
  2. Jika setelah dicampur dengan bumbu tersebut, keripik singkong dapat untuk menjadi lembek, dan itu berarti bumbu terlalu berair atau belum kering saat ditumis tadi.
  3. Cara agar renyah kembali apabila sudah terlanjur maka keripik singkong harus dioven terlebih dahulu agar bisa renyah kembali dan juga siap untuk disajikan.

Mesin Pengemas Sachet

Bagi kalian yang memiliki kesusahan saat melakukan pengemasan, kalian bisa mengunakan mesin pengemas sachet agar pekerjaan kalian bisa lebih cepat dan juga lebih efisien