Cara Membuat Keripik Salak yang Renyah dan Gurih

cara membuat keripik salak

Salak merupakan buah yang sering dikosumsi oleh banyak orang di Indonesia. Selain dikosumsi sebagai buah, salak juga bisa dijadikan cemilan. Keripik salak adalah salah cemilan dari buah salak.

Manfaat Buah Salah Untuk Kesehatan

cara membuat keripik salak

Menurunkan Berat Badan

Tak hanya rasanya yang renyah dan manis, kandungan serat yang tinggi pada buah ini juga sangat ideal menanggulangi rasa lapar, sehingga tidak hanya cocok untuk teman ngemil kamu, tapi juga ideal sebagai teman diet.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan cara mengontrol dan menjaga kadar tekanan darah. Hal itu bisa dilakukan dengan menjaga asupan kalium dalam tubuh sebagai vasodilatornya.

Salah satu sumber kalium bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah bersisik ini. Dengan menurunnya tekanan darah, maka ketegangan dalam arteri juga ikut menurun. Otomatis, ketegangan pada sistem kardiovaskular juga turut mereda.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan beta karoten di dalam buah dinilai sebagai salah satu antioksidan yang bermanfaat langsung untuk kesehatan dan penglihatan mata. Kandungan ini juga mampu menurunkan risiko degenerasi makula serta membantu menghambat terjadi katarak karena faktor usia.

Bertindak Sebagai Antioksidan

Selain mata, kandungan beta karoten dalam buah ini juga mampu mencegah beberapa penyakit lainnya, seperti kardiovaskuler, stroke, hingga kanker. Bahkan, antioksidan dalam buah salak terbilang ampuh karena mampu bekerja lima kali lebih baik dibandingkan sumber antioksidan lain, seperti buah semangka dan mangga.

Mengontrol Tingkat Gula Darah

Selain jantung, gula darah juga menjadi penyebab tingkat kematian yang cukup tinggi di Indonesia. Selain karena konsumsi nasi yang cenderung tinggi, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula juga menjadi salah satu pemicunya.

Untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah, pastikan sering mengonsumsi makan yang mengandung pterostilbene. Ternyata, kandungan ini bisa kamu dapatkan dari buah salak. Pterostilbene berperan baik dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Sebagai Antidiare dan Mengobati Gangguan Pencernaan

Dulu, buah salak memang sudah dikenal luas oleh masyarakat sebagai obat diare yang efektif. Apalagi, nutrisi dan tingginya kandungan serat dari buah ini juga dikenal ampuh dalam membantu meningkatkan efisiensi pencernaan.

Tak hanya itu, masalah kesehatan lainnya seperti gejala sembelit, kembung dan kram, sakit perut, hingga buang air besar yang tidak teratur bisa diatasi dengan buah ini.

Sebagai Sumber Zat Besi

Kekurangan zat besi tidak hanya bisa mengganggu pertumbuhan tulang dan gigi saja. Di satu sisi, kurangnya kandungan ini bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, bahkan cukup serius.

Cara Membuat Keripik Salak

Bahan :

  •  Buah salak yang telah matang 1 kg.
  •  Tambahkan air sebanyak dua liter.
  •  2 sdm garam halus.
  •  Gula pasir 150 gram.
  •  Air kapur sirih secukupnya.
  •  Minyak goreng.

Langkah:

  1. Ambil buah salak yang masih segar.
  2. Pilih buah salak yang masih baik dan tidak busuk.
  3. Pisahkan dari daging serta bijinya.
  4. Pisahkan daging buah dari bijinya dengan cara memotong menjadi dua bagian.
  5. Setelah buah salak selesai dipotong-potong langkah berikutnya adalah mencuci buah salak tersebut pada air bersih.
  6. Rendam buah salak dalam air kapur sirih untuk menghilangkan lengket selama kurang lebih 5 jam.
  7. Setelah proses perendaman telah selesai
  8. Cuci dengan air hingga salak benar-benar bersih, kemudian keringkan.
  9. Seletah buah salak dicuci sampai bersih
  10. Simpan buah salak didalam freezer agar tidak lembek saat di goreng dan agar buah lebih padat saat dimasukkan ke dalam minyak penggorengan.
  11.  Masukan salak ke mesin vacum fryer dengan menggunakan minyak yang banyak dan api besar untuk menghilangkan kandungan airnya,
  12. Goreng salak menggunakan mesin pengggoreng hampa udara.
  13. Tunggu proses penggorengan selama beberapa jam dan lihat apakah salak sudah matang dan kadar air nya sudah habis di hisap oleh mesin vacuum frying, jika telah habis kadar airnya maka anda bisa mengangkat nya dan tiriskan.
  14. Biarkan keripik salak mendingin.
  15.  Setelah matang angkat kemudian tiriskan.
  16.  Keripik salak siap di sajikan.

Selain itu, Anda juga dapat membaca artikel berikut Sanjai..!, Keripik Singkong Balado Khas Minang Nan Anjay..!