cara membuat keripik pisang coklat yang Manis

Keripik pisang adalah salah satu olahan pisang yang terkenal karena keenakannya. Mungkin bagi sebagian orang masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara membuat keripik pisang aneka rasa yang renyah misanya keripik pisang coklat.

Beberapa orang pasti berpikiran bahwa cara membuat keripik pisang coklat itu susah, padahal sebenarnya mudah loh. Salah satu olahan keripik pisang ini telah meraja lela dan banyak disenangi orang karena rasa yang nikmat  dan banyak variasinya. berbeda saat ketika kita makan langsung buah pisang tanpa tanpamengolahnya.

Membuat keripik pisang coklat memang sangatlah mudah sebab buah pisang sendiri ialah buah yang tidak mengenal musim alias selalu ada setiap saat. Anda tidak perlu harus menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang karena buah pisang tidak berbuah musiman seperti buah yang lainnya.

Meskipun cara membuat keripik pisang coklat sedikit tidak rumit tetapi rasan yang dihasilkan tentu lebih enak. Apalagi kriuk-kriuk renyahnya yang bikin mulut jadi termanjakan banget hingga tak sanggup untuk berhenti makan camilan satu ini. Dan juga keripik pisang memiliki banyak sekali variasi seperti keripik pisang asin, keripik pisang manis, keripik pisang coklat, keripik pisang pedas dan masih banyak lagi lainnya.

Bahan-Bahan:

– 10 buah pisang Ambon

– 50 gram gula halus

– 30 gram coklat bubuk

– 30 gram tepung maizena, sangrai

– 1 sdt kapur sirih

– 1 L air

– Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat keripik pisang coklat:

cara membuat keripik pisang coklat

1. pertama tama kupas semua kulit pisang lalu iris tipis tipis seperti logam koin atau sesuai dengan selera kalian.

2. Selanjutnya siapkan wadah yang telah bersih, lalu tuangkan air ke dalamnya.

3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.

4. Setelah itu masukan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.

5. Siapkan wadah bersih lainnya.

6. Kemudian tiriskan pisang, lalu taruhkan pada wadah lalu taburi garam dan aduk sampai rata.

7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.

8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

9. Setelah di tiriskan kemudian Campur gula, coklat bubuk, dan tepung maizena hingga tercampur rata dengan sempurna.

10. Masukkan bubuk ke dalam wadah tertutup.

11. Lalu masukkanlah pisang yang sudah digoreng ke wadah yang telah ditaburi bubuk coklat.

12. Kemudian tutup wadah lalu kocok hingga bubuk menempel pada pisang.

13. Keripik pisang coklat siap disajikan

3 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Buah Pisang adalah buah yang kaya akan Serat, Vitamin B6, Vitamin C, Potassium (Kalium) banyak memberikan kita manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut adalah hanya beberapa manfaat saja buah pisang bagi kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit Jantung ialah salah satu penyakit yang paling besar menyebabkan kematiandi belahan dunia. Pisang yang sangat kaya akan Potassium (Kalium) ini dapat menjaga kesehatan jantung dan juga menjaga tekanan darah berada dalam kondisi yang stabil. Menurut beberapa penelitian, asupan kalium sebanyak 1,3g hingga 1,4g per hari dapat menurunkan 26% risiko terkenanya penyakit jantung. Di samping itu, buah pisang juga sangat kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung.

2. Membantu saluran pencernaan

Serat tinggi yang dimiliki buah Pisang sangat membantu sekali dalam memperlancar saluran pencernaan kita. Buah Pisang mengandung Pati Resisten (Resistant Starch) dan Pektin yang berfungsi sebagai prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik sehingga dapat membantu sistem pencernaan pada saluran usus.  Mengonsumsi buah pisang juga dapat terhindar dari pengerasan feses yang pada dasarnya merupakan gejala awal dari sembelit.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Vitamin C yang terdapat pada buah Pisang sangat membantu dalam menangkal pembentukan radikal bebas. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika radikal bebas ialah penyebab timbulnya penyakit kanker. Selain serat vitamin C, buah pisang juga memiliki serat yang mampu mencegah kanker kolorekterum. Kanker Kolorekterum ialah kanker yang yang berkembang dari sel-sel usus besar.

Mungkin sekian artikel yang saya berikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat keripik pisang jika anda ingin yang lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih