cara membuat keripik nangka sederhana dan enak

cara membuat keripik nangka sederhana dan enak

Definisi.

cara membuat keripik nangka sederhana dan enak

Keripik nangka adalah salah satu makanan ringan atau camilan dari bahan alami yang cukup digemari oleh berbagai kalang. Cara membuat keripik nangka ternyata tidak terlalu sulit.

Proses pembuatan keripik nangka sangat sederhana, tapi walaupun begitu, rasa dari keripik ini sangatlah enak.

Berbeda dengan keripik lainnya, keripik nangka ini rasanya lebih krispi dan ada rasa manis yang timbul dari buah nangka.

Nah, di pembahasan ini saya akan memberi tips-tips cara membuat keripik nangka tanpa gagal dengan rasa yang luar biasa enak.

Semakin majunya dunia kuliner membuat kebanyakan orang berlomba-lomba dalam menciptakan ide baru untuk sebuah makan.

Biasanya buah-buahan diambil sarinya untuk dijadikan minuman yang segar, atau dibuat menjadi sebuah manisan yang enak di mulut.

Bahan Bahan :

  • 1 kg buah nangka yang segar, gunakanlah buah nangka yang cukup matang, jangan sampai terlalu matang atau terlalu muda. Jika terlalu matang atau terlalu muda rasa keripik buah nangka akan terasa sepet.
  • Air 1 ½ liter air bersih. Air ini menyesuaikan banyak atau sedikitnya nangka.
  • Garam 75 gram.
  • Gula pasir 150 gram.
  • Kapur sirih 100 gram.
  • Minyak goreng 2 liter.

Langkah-langkah Pembuatan Keripik Nangka:

  1. Daging buah nangka yang sudah disiapkan kemudian dipisahkan dari bijinya. Pemisahan daging nangka biasanya getah akan lengket ke tangan kita. Maka dari itu olesi tangan menggunakan minyak goreng agar tidak lengket.
  2. Belah daging nangka menjadi 2-3 bagian, atau boleh juga sesuai selera lalu simpan di wadah.
  3. Rendam potongan daging buah nangka dengan larutan air kapur sirih selama 2 jam atau semalaman, hal ini bertujuan agar getah yang melekat bisa hilang.
  4. Setelah direndam dengan larutan air kapur sirih, cuci dan bersihkan potongan daging nangka, kemudian tiriskan sejenak.
  5. Larutkan garam dan gula pasir ke dalam air putih kemudian rendam kembali potongan daging nangka selama 1 jam, setelah itu tiriskan kembali.
  6. Masukkan potongan daging nangka ke dalam mesin vacuum friying (mesin penggoreng hampa udara), panaskan minyak goreng dengan suhu sekitar 90°.
  7. Kemudian goreng hingga daging buah nangkanya matang dan agak berubah warna.
  8. Angkat keripik nangka yang sudah matang kemudian tiriskan hingga minyaknya perlahan menetes, lakukan penggorengan sampai selesai.
  9. Setelah semua potongan daging nangka tergoreng dan telah siap menjadi keripik nangka yang renyah, sebelum itu menggunakan mesin peniris minyak.
  10. masukkan ke dalam toples atau plastik agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.
  11. Dan keripik nangka sisanya bisa kita hidangkan dipiring untuk dinikmati.

 

Peluang Usaha Keripik Nangka:

Peluang usaha bisnis makanan ringan keripik nangka sangat terbuka bagi siapa saja. Memiliki inovasi baru adalah syarat mutlak yang harus dimiliki, sebab usaha makanan penuh dengan persaingan.

Namun usaha makanan prospeknya sangat bagus sebab usaha makanan tidak ada matinya. Kunci sukses pada Peluang Usaha keripik nangka ini terletak pada pemilihan buah nangka yang bagus dan berkualitas.

Keripik adalah jenis makanan atau camilan yang dapat bertahan lama. Keripik nangka terlihat semakin menarik jika dikemas dengan bagus dan diberi merk khusus agar terlihat professional.

Pengemasan yang bagus dan menarik akan meningkatkan nilai jualnya, sebab kemasan menjadi kunci utama sebagai penambah kelancaran penjualan.

Tips:

tambahan Bisnis Makanan Ringan: Buatlah produk yang berkualitas, bersih, dan tampilannya yang menarik agar pantas ditempatkan di toko-toko supermarket.

Gunakan pula kemasan dan merk yang mudah diingat agar peluang usaha keripik nangka ini bisa berjalan dengan lancar.

Itulah resep olahan dari buh nangka semoga membantu terimakasih: