Cara Membuat Keripik Nanas Konvensional Ala Rumahan

cara membuat keripik nanas

Nanas adalah buah yang sangat nikmat dikosumsi oleh banyak orang di Indonesia. Selain dikosumsi sebagai buah, nanas juga bisa dijadikan cemilan ala rumahan salah satunya keripik nanas. Yuk, simak artikel berikut ini.

Berbagai Manfaat Buah Nanas

cara membuat keripik nanas

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan bromelain yang terdapat di dalam buah nanas juga dikenal sebagai zat anti kanker. Mengkonsumsi buah nanas akan baik mencegah terserangnya penyakit yang berbahaya seperti kanker.

Kaya Kandungan Vitamin C

Buah nanas memiliki kandungan bromealin dan juga vitamin C yang sangat tinggi serta kaya akan antioksidan dimana kandungan tersebut bisa melawan adanya radikal bebas yang akan menyerang tubuh kita.

Buah nanas yang memiliki kandungan vitamin C tersebut bermanfaat untuk pencegahan penumpukan plak pada arteri atheroscldrosis yang bisa menimbulkan penyakit jantung.

Memperkuat Tulang

Buah nanas mengandung magnesium dan juga kalium yang dapat bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang serta jaringan ikat dalam tubuh.

Kandungan Serat

Kandungan serat yang terdapat di dalam buah nanas dapat menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus kita, dan juga dapat mengobati cacingan serta menghilangkan penumpukan racun yang ada pada organ ginjal dan hati.

Kesehatan Pencernaan

Enzim yang terkandung di dalam buah nanas yang dijadikan jus akan berperan dalam meningkatkan fungsi usus kita. Vitamin C juga akan membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit karena buah nanas yang dijadikan jus akan bertindak sebagai pencegah alami.

Meredakan Peradangan

Kandungam mromelain yang terdapat di dalam buah nanas bermanfaat untuk zat anti peradangan, anti pengentalan darah dan juga anti penyakit kanker. Sebuah penelitian menjelaskan bahwasanya hasil saat mengkonsumsi buah nanas dengan teratur akan membantu melawan arthritis dan juga masalah pencernaan.

Kandungan broelain pada buah nanas sering dimanfaatkan sebagai khasiat untuk mengatasi masalah peradangan pada kulit seperti bisa mengobati memar, keseleo, mengurangi bengkak dan juga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Menyegarkan Tubuh

Buah nanas juga sangat bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa kelelahan sehingga disarankan untuk rutin mengkonsumsi jus nanas dipagi hari.

Mencegah Penyakit Katarak

Vitamin C yang ada di dalam buah nanas berperan penting dalam mengatasi kesehatan pada  mata kita. Dari sebuah penelitian telah menunjukan bahwa asupan tinggi dari vitamin C akan sangat membantu dalam mengurangi resiko penyakit katarak pada mata.

Vitamin C secara umum memang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit degenerasi manusia.

Sumber Energi

Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah nanas dapat bermanfaat mengubah gula menjadi energi sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah nanas sehari-hari atau rutin mengkonsumsi jus nanas.

Cara Membuat Keripik Nanas Konvensional

Bahan :

  • 2 kg buah nanas segar
  • Air kapur sirih
  • 2 liter minyak goreng
  • 150 gr gula pasir
  • 75 gr garam
  • 1,5 liter air

Langkah :

  1. Kupas buah nanas sampai benar-benar bersih dari kulitnya.
  2. Rendamlah buah nanas menggunakan air garam.
  3. Iris buah nanas dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Ingin dibentuk menjadi apa hasil keripik nanasnya nanti, mungkin berbentuk bulat seperti buahnya atau memanjang layaknya ketika mau dikonsumsi langsung. Irislah buah dengan tebal setiap irisannya kira-kira sekitar 5 mm.
  4. Dinginkan buah nanas yang sudah diiris-iris dengan cara dimasukkan ke dalam Freezer. Hal ini dimaksudkan supaya dapat hasil keripik yang baik.
  5. Masukkan nanas tadi kedalam wajan penggorengan dengan api yang besar agar nanti jadinya akan lebih baik.
  6. Angkat setelah dirasa cukup hilang kadar airnya dan kering benar.
  7. Keripik nanas siap untuk disajikan.

Selain itu, Anda juga dapat membaca artikel berikut: Cara Menbuat Keripik Talas dengan Rasa yang Pas