Cara Membuat Keripik Manis Berbahan Dasar Buah Pisang

Cara Membuat Keripik Manis – Keripik Pisang termasuk salah satu camilan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain mudah untuk dibuat, memiliki rasa yang gurih, manis dan lezat yang cocok dijadikan sebagai camilan sore. Dapat juga disajikan dengan berbagai macam bumbu perasa seperti cokelat, balado, keju, jagung bakar dan masih banyak lagi varian rasanya, yang bisa membuat lidahmu menjadi ketagihan.

Keripik pisang ini memang sangat mudah untuk dibuat, karena terbuat dari bahan utama buah pisang yang mudah ditemui di pasaran. Keripik pisang ini dapat dijadikan sebagai suatu ide bisnis makanan, dikarenakan harganya yang murah dan awet, serta dapat dijadikan untuk oleh-oleh.

Cara Membuat Keripik Manis

Bahan-bahan yang diperlukan:

1 sisir pisang kepok muda yang kulitnya masih berwarna hijau
1-2 liter minyak goreng, sesuaikan dengan lebar penggorengan yang akan digunakan
70 gram gula pasir
1 sdt garam halus
200 cc air panas

Cara membuat keripik pisang:

  1. Larutkan terlebih dahulu gula pasir dengan menggunakan air panas. Aduk sampai larut lalu sisihkan.
  2. Iris pisang menggunakan alat pengiris pisang khusus untuk keripik atau pengiris serbaguna. Pastikan ketebalannya pas dan seragam semua, tidak terlalu tipis atau juga tidak terlalu tebal.
  3. Panaskan minyak goreng dalam penggorengan. Sesudah minyak panas, lalu masukkan irisan pisang dan goreng sampai setengah matang. Sesekali aduk pisang supaya menghasilkan kematangan yang merata.
  4. Saat pisang telah agak kering, tuang tiga sendok makan air gula ke dalam wajan penggorengan. Hati-hati, karena di proses ini, minyak goreng panas akan meletup-letup.
  5. Tunggu sampai letupan minyak goreng panas reda atau tidak lagi bersuara, angkat saat pisang sudah benar-benar kering dan matang.

Tips yang dapat diikuti:

  • Kamu dapat mengiris pisang berbentuk bulat atau memanjang sesuai dengan selera.
  • Pastikan kamu menggunakan banyak minyak sampai semua bagian pisang terendam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kerenyahan keripik yang dihasilkan.
  • Selain itu, menggoreng keripik pisang secara bertahap alias jangan sampai penggorengan terisi terlalu penuh.
  • Tuang gula dengan cara melingkar dan usahakan rata ke seluruh bagian, jangan hanya berpusat di satu titik saja.
  • Biasanya akan ada bagian gula yang gosong dalam minyak sesudah dua atau tiga kali proses menggoreng.
  • Sebaiknya saring sisa gosong tersebut terlebih dahulu, baru melanjutkan proses menggoreng.
  • Agar warnanya lebih cantik, kamu dapat mencampur pewarna makanan kuning telur dengan air, kemudian memasukkan pisang ke dalamnya. Aduk sampai rata, lalu baru digoreng.

cara membuat keripik manis

Cara Menyimpan Keripik Pisang agar Tetap Awet Renyah dan Tidak Berubah Rasa

  • Ambil Keripik dengan Tangan Kering
    Saat mengambil keripik di dalam toples, pastikan bahwa tanganmu dalam keadaan bersih dan juga kering. Tangan yang basah bisa membuat keripik mudah melempem. Apalagi jika tangan yang basah menyentuh keripik yang tersisa di dalam toples.
  • Alasi Toples dengan Tisu atau Kertas Makanan
    Sebelum memasukkan keripik ke dalam toples, pastikan terlebih dahulu jika toples dalam kondisi bersih dan kering. Pada bagian bawah alasi dengan menggunakan tisu atau kertas makanan. Hal ini akan membuat minyak pada keripik terserap ke tisu atau kertas minyak sehingga akan membuat keripik lebih awet renyah. Tisu dan kertas juga dapat digunakan untuk merapatkan tutup toples agar bisa tertutup rapat.

Itulah rekomendasi Cara Membuat Keripik Manis. Semoga resep dari kami dapat membantu Anda. Gunakan juga tips serta cara menyimpan keripik pisang agar awet renyah dan tidak berubah rasa. Semoga berguna dan selamat mencoba di rumah ya!

Related Posts