Cara Membuat keripik Apel Tanpa Digoreng

cara membuat keripik apel tanpa digoreng

Cara membuat keripik apel Tanpa Digoreng – Dalam artikel ini saya akan memberikan sebuah Artikel yang berisi tentang cara membuat keripik apel tanpa digoreng. Apel ialah jenis buah-buahan, tentunya buah yang dihasilkan oleh pohon buah apel.

Buah apel memiliki banyak warna, biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Dan kali ini saya akan memberikan tips cara membuat buah ape

Cara membuat Keripik Apel Tanpa Digoreng

Bahan:
  • 4 buah apel Malang
  • 50 ml perasan air lemon
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt kayu manis
Cara membuat :

1. Panaskan oven pada suhu 120 derajat Celsius.
2. Cuci hingga bersih apel yang segar dengan daging buahnya yang tidak lembut. kupaslah kulitnya lalu lubangi bagian tengah apelnya untuk membuang biji apel dan bagian apel yang tidak harus dikonsumsi. Jika apel mempunyai cacat atau bintik-bintik pada dagingnya, maka hilangkan.
3. Iris buah apel secara melintang berbentuk lingkaran hingga sangat tipis.
4. Celupkan kedua sisi buah apel yang telah di potong melintang ke dalam jus atau air perasan jeruk lemon kemudian atur irisan apel di loyang, tapi jangan ditumpuk.
5. Masukkan loyang berisi apel ke dalam oven dan panggang selama sejam atau sampai cukup kering dan berwarna kecoklatan.
6. Keluarkanlah loyang kemudian angkat satu per satu keripik apel lalu letakkan di rak lain. Ini untuk mencegah terjadinya apel menempel pada loyang saat dingin.
7. Keripik apel akan terasa renyah dan gurih dengan sendirinya pada saat dingin. Kemudian simpan pada toples.

Tips yang Bisa Anda Terapkan
  • Keripik yang telah dingin bisa dibekukan.
  • Anda bisa mengiris apel dengan ukuran lebih tebal, hanya saja waktu pemanggangan akan lebih lama.
  • Untuk menambah rasa, taburi dengan campuran bubuk kayu manis dan gula sebelum dipanggang.
  • Jika Anda ingin melembutkan kembali atau teksturnya berair, maka tuangkan air mendidih pada keripik lalu biarkan selama lima menit atau lebih.

Alasan Memilih Keripik  Apel

Ketersediaan bahan baku lah yang paling utama yang harus diperhatikan. Bahan baku harus mudah didapat dan harganya terjangkau. Karena ini akan menjadi paling banyak bahan baku dan paling khas jika akan dikembangkan menjadi sebuah usaha.

Alasan yang paling utama membuat keripik buah apel yaitu membuat camilan alternatif dari bahan buah apel, juga mengantisipasi pada saat panen dengan jumlah apel yang melimpah sehingga buah apel tidak mengalami busuk pada buah karena sifat dasar buah apel yang cepat mengalami kebusukan.

Cara Memilih Buah Yang Baik Untuk Dibuat Keripik Buah Apel

Untuk menghasilkan produk keripik  olahan yang baik tidak memerlukan waktu lama dan panjang, tetapi dibutuhkan sedikit kecermatan dalam menentukan pilihan buah Apel mana yang layak dan baik untuk diolah sehingga hasil dari keripik buah Apel yang kita proses bisa baik hasilnya.

Untuk membuat keripik apel peralatan yang perlukan pun tidak rumit. Hanya memerlukan alat bantu seperti pisau potong atau juga mesin potong juga bisa, alat pengupas, dan alat alat penggorengan. Cara memilih buah yang baik.

Proses mengolahnya juga tidak terlalu rumit hanya dibutuhkan sedikit pengetahuan untuk memprosesnya, tetapi inti dari baik tidaknya hasil keripik yang dihasilkan, faktor pertama yang sangat menentukan adalah cara memilih buah yang baik untuk diproduksi menjadi keripik buah.

Contohnya

Apel : Pilih apel yang tidak lembek. Pilihlah apel yang mulus tanpa cacat dan tidak lebam, permukaannya rata dan tidak berlobang ditempat tempat tertentu

Mungkin sekian artikel yang saya berikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat keripik apel jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih