Cara Membuat Kentang Balado Enak Dan Sederhana!

cara membuat kentang balado

Cara Membuat Kentang Balado adalah Resep kentang yang disajikan dengan bumbu balado dan rempah-rempah khas Indonesia. Yuk, langsung saja chek it out!

Cara Membuat Kentang Balado

cara membuat kentang balado

Bahan-Bahan :

  • 1/2 kg kentang
  • 12 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit merah besar
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 2 lembar daun jeruk
  • gula
  • garam
  • merica
  • air matang
  • minyak goring

Langkah-Langkah :

  1. Kupas kentang. Potong-potong lalu cuci bersih. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak dalam penggorengan, masukan potongan kentang. Masak dengan api sedang. Jangan dibolak-balik.
  3. Kemudian jika semua kentang sudah digoreng, tinggal masukan saja bumbu halus seperti : cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih serta tomat jangan lupa.
  4. Tumis hingga harum. Kemudian tambahkan sedikit air.
  5. lalu masukan daun jeruk, gula, garam dan merica, aduk-aduk sampai rata. Lalu masukan kentang yang sudah digoreng. Masak hingga bumbu sedikit menyusut.
  6. Matikan api. Siap dihidangkan untuk berbuka puasa

Manfaat Dari Cara Membuat Kentang Balado

1. Membentuk Tubuh Ideal dan Menghindari Obesitas

Sayur yang dijuluki sebagai Potato ini mempunyai serat pangan yang sangat berfungsi sebagai pengganjal perut, jadi bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Di sisi lain, kentang bisa melancarkan pencernaan pada perut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah hasil penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), menyebutkan kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang dipercaya dapan mencegah kenker kolorektal.

Vitamin C dan quercetin kentang juga berfungsi sebagai antioksidan, yang bisa melindungi sel terhadap kerusakan karena radikal bebas.

4. Mengobati Diabetes dan Cegah Tekanan Darah Tinggi

Hal ini dikarenakan kentang bisa menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh manusia. Kandungan pati yang terdapat dalam kentang bisa meningkatkan kontrol gula darah. Untuk menurunkan penyakit diabetes, simpanlah kentang yang sudah direbus di dalam lemari es selama satu malam, dan dikonsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.

5. Baik untuk Otot dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut bisa membantu dalam gerakan otot, menstabilkan hati, serta meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

Normalnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan sekitar 425 miligram kolin per harinya.

Kolin juga sangat membantu dalam mempertahankan struktur pada membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, serta perkembangan otak pada anak kecil.

Itu lah beberapa manfaat dari Cara Membuat Kentang Balado yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari mesin untuk pembuat tepung silahkan membaca artikel berikut Mesin Penepung / Diskmill Serbaguna teman-teman juga akan menemukan spesifikasi lengkapnya disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!