cara membuat kemasan botol

Cara Membuat Kemasan Botol yang Proporsional untuk Dipasarkan

Cara membuat kemasan botol tentu harus disesuaikan dengan karakteristik dari produk minuman yang akan dikemas. Pembuatannya harus benar benar disesuaikan, jangan sampai kamu membuat kemasan botol yang justru malah merugikan pemasaran produk minumanmu.

Kemasan bukanlah hal sepele dalam suatu produk, karena dengan kemasan produk yang kamu pasarkan akan bisa dengan mudah diterima oleh konsumen. Bahkan pada masa kini banyak pula konsumen yang membeli produk hanya karena kemasan yang ada menarik.

Sering kali banyak pula produsen yang lebih mementingkan kemasan sebagai tampilan depan dibandingkan dengan isian produk yang ditawarkannya. Untuk lebih memahami cara membuat kemasan botol, simak terus artikel ini ya!

 

Kemasan Botol

kemasan botol

Dalam botol tentu saja produk yang ada didalamnya adalah sebuah minuman. Yang mana minuman ini berupa air dan akan mudah larut dengan bahan bahan yang ada disekitarnya. Maka dari itu kamu juga harus memperhatikan bahan kemasan yang digunakan.

Dengan minuman yang ada didalamnya, kamu juga harus menyesuaikan bentuk serta warna yang akan digunakan dalam kemasan botolmu. Usahakan sebelum membuat kemasan kamu sudah lebih mengenali minuman yang akan menjadi produk.

Tak jarang pula kemasan botol yang menggunakan bahan plastik, yang mana dengan penggunaan bahan plastik kamu tetap harus memperhatikan jenis plastik yang digunakan, selain itu juga fungsi dari plastik itu. Pengemasan ini bisa dilihat pada cara mengemas minuman botol plastik.

 

Fungsi Kemasan

Pada kemasan yang ada, tentu memiliki fungsi yang akan diberikan pada produk didalamnya. Yang mana dalam pembuatan kemasan kamu juga harus bisa memenuhi fungsi kemasan ini. Berikut ini fungsi kemasannya.

  1. Mampu menjaga produk agar tetap bersih dan terlindung dari kotoran serta kontaminasi.
  2. Melindungi minuman dari kerusakan fisik, perubahan kadar udara dan penyinaran.
  3. Memudahkan konsumen dalam tahap penanganan, pengangkutan dan distribusi.
  4. Memiliki fungsi yang baik, efisien, dan ekonomis serta bisa aman untuk lingkungan.
  5. Memiliki ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada.
  6. Dapat mudah dibuang dan dibentuk atau dicetak.
  7. Mampu menunjukkan, informasi, daya tarik dan penampilan yang jelas supaya bisa membantu promosi atau penjualan.

 

Cara Membuat Kemasan Botol

cara membuat kemasan botol

Kemasan botol bisa digunakan untuk produk minuman jenis apapun, seperti halnya dalam mengemas kopi, juice, susu, dan minuman lainnya. Namun pada jenis minuman itu juga memiliki kemasan yang berbeda. Karena tidak semua jenis minuman memiliki karakteristik yang sama jadi tetap harus disesuaikan.

Untuk memperjelas, berikut ini adalah beberapa cara membuat kemasan botol.

1. Memilih Jenis Plastik Kemasan dengan Benar

Dalam memilih jenis plastik tentu akan menjadi salah satu perhatian khusus bagi para produsen. Karena jenis plastik yang ada sangat beragam dan dengan kandungan yang berbeda beda. Bahkan ada pula kandungan plastik yang membahayakan.

Maka dari itu kamu harus bisa memilih jenis plastik yang aman, dengan begitu maka kualitas minuman pun akan lebih terjamin.

2. Menjaga Kualitas Minuman

Selain kemasan yang diperhatikan, kamu juga harus memperhatikan kualitas minuman yang ada didalamnya. Supaya antara minuman yang dipasarkan dan kemasan yang ada tetap saling menjual kualitasnya.

Selain itu, setiap minuman yang diproduksi sebaiknya sudah melakukan uji di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) maupun Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) agar terjamin keamanannya untuk dikonsumsi.

3. Diolah dengan Benar

Agar minuman bisa tahan lama, maka kamu harus mengolah bahan bakunya dengan tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku. Karena kesalahan pada proses pengolahan tidak hanya menyebabkan rasa minuman kemasan tidak enak namun juga mempengaruhi kualitas.

 

Selain itu kamu juga bisa menambahkan desain desain tambahan yang akan membuat kemasanmu lebih menarik untuk dilihat, desain tadi bisa juga kamu buat dalam bagian botol, tutup, atau bagian yang menurutmu akan lebih banyak dilihat konsumen. Pada pengemasannya kamu harus memperhatikan informasi yang akan kamu sampaikan pula.

 

Penutup

Cara membuat kemasan botol bukanlah hal yang mudah, karena sebelum membuat minuman yang ada didalamnya pun kamu harus sudah memiliki konsep untuk kemasan ini. Selain itu kamu juga bisa mengemas botol dengan jenis kemasan lainnya selain plastik.

Pengemasan ini nantinya akan membuat produk minumanmu lebih dikenal dan akan lebih luas jangkauan pasar yang didapat. Itu dia informasi mengenai cara membuat kemasan botol yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat ya!!!

Related Posts