Cara Membuat Kebab Durian

cara membuat kebab durian

nah, kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat kebab durian. tapi sebelum itu saya mau menerangkan apa itu kebab dan manfaat kebab.

Sejarah Kebab

saat abad ke-8, kebab diperkirakan tersebar dari Persia ke seluruh Timur Tengah, lalu pada abad ke-15 kebab mulai memasuki daerah India. lalu saat abad ke-16 tentara Turki mulai mempopulerkannya ke seluruh penjuru dunia. Jadi, asal kebab ini bukanlah dari Turki ya, tapi dari Persia, dan dipopulerkan oleh tentara Turki.

asal dari nama kebab ini pun konon berasal dari diksi persia, yang mempunyai arti sebagai makanan yang ditusuk dan dipanggang. dan nama kebab ini bagi Indonesia sendiri lebih merujuk kepada masakan yang bernama sate, yang cara memasak dan penyajiannya sama dengan makanan kebab ini.

Kata kebab berasal dari bahasa persia atau Arab yang artinya daging yang digoreng dan bukanlah daging yang dipanggang. nama kebab ini di beri nama dari bahasa Arab tersebut bernamakan dari Aramic kabbaba yang berasal dari daerah Akkadin kababu, yang artinya“membakar atau menggosongkan”.

Manfaat Kebab

Meningkatkan kecerdasan otak

Khasiat kebab yang kesatu bisa membantu anda di dalam menambah kecerdasan otak. Kandungan protein dan omega 3 yang sudah ada di dalam makanan ini dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan otak. Tentu, hal ini nantinya bisa membantu kemampuan kognitif anak anda bisa meningkat dengan cepat. Oleh karena itu, seringlah untuk memberikan anak anda masakan lauk dengan olahan daging sapi setiap hari.

Mencegah anemia

Penyakit anemia merupakan salah satu sebuah penyakit dimana seseorang kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi yang telah ada di dalam makanan ini mampu membantu meningkatkan dan juga mencukupi kebutuhan sel darah merah yang telah ada di dalam tubuh anda. Tentu, untuk anda yang ingin mencegah penyakit kekurangan darah merah atau anemia, bisa untuk mengkonsumsi makanan ini.

Mencegah obesitas

Kandungan protein yang tinggi di dalam makanan ini mampu membantu anda di dalam mencegah obesitas. Tentu, untuk anda yang memiliki lemak berlebih  dan ingin mengimbangkan lemak anda, bisa untuk mengkonsumsi kebab yang berisikan daging dengan kandungan protein yang mampu membangun otot-otot yang ada di dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nutrisi yang sudah ada di dalam makanan ini sangat membantu anda di dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, kenapa anda sangatlah disarankan sekali untuk mengkonsumsi daging karena kandungannya mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda supaya bisa terhindar dari serangan penyakit.

Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat kebab sangat bisa membantu anda dalam mempercepat penyembuhan luka. Kandungan protein yang telah ada di dalam makanan ini mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka yang telah ada di dalam tubuh anda. untuk kalian yang mempunyai luka pada organ tubuh entah dibagian luar ataupun dalam, sangatlah disarankan untuk memakan makanan yang mengandung daging seperti kebab ini.

Cara Membuat Kebab Durian

pasti kalian tau kan apa itu durian?Durian adalah nama tumbuhan teropis yang berasal dari wilayah asia tenggara. Nama ini diambil melalui ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya yaitu”raja dari segala buah”(King of Fruit”).

APA jadinya jika ada kebab isi durian? Sepertinya rasanya belenger banget yah. Kulit kebab kan gurih, sementara durian rasanya manis. Kalau keduanya bertemu, pasti akan menghasilkan rasa yang aneh banget.

Tapi kebab yang satu ini betul-betul memberikan cita rasa yang berbeda yaitu rasa kebab dan durian bisa bersatu, penasaran dengan rasanya kan. Ya, isi kebabnya bukan daging sapi atau daging domba, tapi ‘daging durian’. Bagaimana rasanya? Rasanya enggak aneh kok, malah enak banget. begini cara membuatnya

1. Cara Membuat Kebab Durian

cara membuat kebab durian

Bahan Kulit:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan gula tepung
  • 150 ml susu cair
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1/4 sendok teh garam
  • 25 ml minyak, untuk olesan

Bahan Isi:

  • 500 gram daging durian
  • 50 gram nata de coco
  • 50 gram kelapa muda serut panjang

Cara Membuat Kebab Durian:

  1. Kebab, masukkan air sedikit demi sedikit di dalam tepung terigu dan gula tepung. Uleni sampai kalis. Masukkan minyak dan garam. Uleni sampai licin. Diamkan 30 menit.
  2. Tabur tepung di atas meja. Bagi adonan menjadi 12 bagian. Bentuk bulat.
  3. Ambil 1 bagian adonan. Giling tipis. Bentuk bulat diameter 20 cm.
  4. Panaskan wajan datar. Oleskan minyak. Panggang roti sampai matang.\Ambil selembar kulit kebab. Beri isi. Lipat sisinya. Gulung. Bekukan.
  5. Panggang sebentar di atas pan bergelombang sebelum disajikan.

2. Cara Membuat Kebab Durian

cara membuat kebab durian

Bahan:

  • 5 lembar kulit kebab
  • 100 gram cream cheese
  • 200 gram daging durian
  • 30 gram gula halus
  • 5 sdm susu kental manis
  • Kismis secukupnya
  • Stroberi secukupnya

Cara membuat:

  1.  Pertama-tama siapkan mangkuk. Masukkan cream cheese, susu kental manis, dan gula halus. Kemudian, aduk menggunakan balloon whisk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Selanjutnya siapkan stroberi dan potong kecil-kecil. Setelah itu masukkan stroberi dan kismis ke dalam adonan yang sudah dibuat tadi ya, Bunda. Aduk kembali hingga semua bahan menyatu.
  3. Siapkan teflon. Masukkan kulit kebab. Setelah itu panggang hingga kulit kebab berubah warna menjadi kecokelatan. Lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis.
  4. Ambil kulit kebab yang sudah dipanggang tadi. Kemudian taruh durian dan adonan cream cheese secara memanjang. Setelah itu, lipat dengan rapi. Lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis.
  5. Siapkan piring saji. Lalu olesi dengan cream cheese. Taruh kebab isi durian di atasnya. Jangan lupa tambahkan edible flowers sebagai hiasan.
  6. Selamat menikmati.

Manfaat Buah Durian

Cegah penuaan

Manfaat buah durian selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Durian juga kaya akan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu menjaga stres oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat proses penuaan. Hanya dengan dua biji durian, buahini sudah mengandung lebih banyak vitamin C daripada kebanyakan buah tropis.

Lancarkan pencernaan

Durian juga tinggi serat. Manfaat buah durian di sini dapat menjauhkan sembelit dan meningkatkan kekuatan pencernaan. Kehadiran thiamin dan niasin meningkatkan nafsu makan serta daya pencernaan.

Stabilkan gula darah

Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Semakin kecil angka indeks glikemik, semakin sedikit dampak makanan pada gula darah. Durian juga mengandung mangan yang cukup untuk membantu dalam pengaturan dan pemeliharaan kadar gula darah.

Mempertahankan tingkat tekanan darah

Durian adalah sumber potasium yang baik yang diperlukan untuk menjaga kadar natrium tubuh tetap utuh. Asupan buah ini secara teratur dapat menangkal hipertensi dan kondisi medis terkait. Durian merupakan sumber kalium yang kaya, dan karena kalium adalah bagian integral dari keseimbangan garam dan cairan di seluruh sel tubuh, kadar kalium juga menentukan tekanan darah.

Cegah anemia

Durian mengandung sejumlah mineral yang berbeda, termasuk asam folat tingkat tinggi, yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah. Kekurangan folat dapat menurunkan jumlah sel darah merah yang dihasilkan. Durian adalah sumber folat yang baik bersama dengan tembaga dan besi. Oleh karena itu, pasien anemia dapat memanfaatkan kekuatan buah ini untuk mengatasi kondisinya.

Cegah penyakit jantung

Serat dalam durian mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dengan membuang kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari tubuh. Kehadiran organosulfur membantunya untuk mengatur enzim inflamasi. Karena itu, durian juga berpotensi menjauhkan penyakit kardiovaskular seperti jantung. Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis.

Atasi Insomnia

Durian mengandung asam amino esensial triptofan. Triptofan diubah menjadi melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur. Dalam sebuah studi penelitian melalui jurnal peer-review Medicine, triptofan sangat berpotensi membantu dalam mengurangi gangguan tidur jangka pendek.

Meningkatkan imunitas

Manfaat buah durian sangat membantu sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Sistem kekebalan melindungi tubuh dari pengaruh berbahaya dari lingkungan. Vitamin C sangat bagus untuk melawan penyakit seperti flu, merangsang penyembuhan luka, dan meningkatkan aliran darah. Kulit durian juga mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan anti-ragi.

Sehatkan reproduksi

Penelitian mengungkapkan bahwa durian mengandung kadar estrogen yang tinggi. Kadar estrogen sangat penting bagi kesuburan wanita. Durian juga dapat meningkatkan libido dan stamina seksual.