Cara Membuat Juruh Dawet Ayu 

Cara Membuat Juruh Dawet Ayu Asli Dari Gula Merah

Cara membuat juruh dawet ayu dari gula merah asli, jadi manisnya sehat tidak dengan pemanis buatan.

 

Cara Membuat Juruh Dawet Ayu

Cara Membuat Juruh Dawet Ayu 

Bahan-Bahan Juruh Dawet Ayu :

  • 480 gram gula merah yang sudah diserut halus
  • 130 gram gula putih
  • 3 lembar daun pandan
  • 10 gram garam halus
  • Daging nangka (opsional agar aromanya khas)

Cara Membuat Juruh Dawet Ayu :

  1. Masak air dan gula merah secara bersamaan.
  2. Masukkan daun pandan dan garam
  3. Masak gula merah hingga larut dan mendidih, pastikan diaduk sesekali biar gak gosong.
  4. Setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga dingin.

 

Macam-Macam Minuman Tradisional

1. Es Dawet Jepara

Jepara ini memiliki es dawet yang yang sudah banyak ditemukan di kawasan lain lantaran rasanya yang enak. Es dawet Jepara ini menggunakan tepung sagu Aren yang memiliki sebuah tekstur lebih halus dan juga kenyal.

Terkadang es dawet dari Jepara ini diberi tambahan lebih banyak seperti tambahan durian kemudian alpukat hingga kelapa. Kamu yang berada di Jepara atau kamu yang sedang ingin menikmati es dawet maka es dawet Jepara ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Es dawet juga disajikan dengan campuran gula merah cair kemudian es batu santan dan potongan nangka.

2. Es Dawet Grandul Ketan

Selanjutnya ada es Daud Gandul ketan sebagai es dawet enak di Nusantara. Es dawet ini berasal dari kota Plered, Blitar dan memiliki rasa yang sangat istimewa tentunya. Dimana es dawet ini disajikan dengan tambahan bubur sumsum yang dicampur dengan grandul.

Tahukah grandul itu apa? Grandul merupakan bola-bola yang terbuat dari tepung ketan dan juga gula aren grandul juga memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa manis yang legit.

Mungkin di daerah lain bila rindu ini seringkali bagai Candil. Tidak hanya grandul, minuman ini ternyata tidak hanya bisa melepas dahaga namun bisa mengenyangkan karena isiannya yang banyak dalam satu mangkok.

3. Es Dawet Sambal

Kemudian ada es dawet sambel, es dawet sambel? Dari deretan es dawet paling enak di nusantara rupanya es dawet sambel ini memiliki cita rasa yang begitu unik. Bagaimana tidak? Es dawet ini diberi nama es dawet sambel dikarenakan sajiannya cukup asing karena memang sudah langka dan jarang sekali ada yang menjualnya.

Sajian yang satu ini konon tercipta dari keisengan seorang penjual es dawet yang sudah bosan dengan rasa es dawet yang manis Dari hasil coba-coba nya itu kuliner Ini akhirnya tercipta dengan penggemar yang sangat banyak. Olahan es dawet yang satu ini terbuat dari tepung pati Ganyong yang kemudian diberikan saos dari Nira.

Kemudian tambahan berbagai macam toping pun memang berbeda-beda dengan es dawet pada umumnya ya ini ada tambahan seperti kecambah kemudian bawang goreng dan irisan tahu lalu diberikan sambel pecel.

4. Es Dawet Ayu

Siapa yang tidak tahu es dawet ayu yang satu ini? Es dawet ayu rupanya sering sekali dikenal karena banyak penjual di kota asalnya seperti Banjarnegara dan kota-kota lain di negara Indonesia ini titik tidak salah kalau es dawet yang satu ini dikenal dan memasuki kategori es dawet di nusantara paling enak.

Dimana penjualnya memiliki ciri khas yaitu ada tokoh wayang di gerobaknya seperti tokoh wayang Gareng dan juga Semar. Kemudian versi seputar alasan mengapa dawet Banjarnegara ini sering disebut dawet ayu karena versi pertama menyebutkan jika minuman yang terinspirasi dari tahun 80-an berjudul dawet ayu Banjarnegara.

Kemudian versi keduanya menyebutkan jika peracik memiliki istri yang berwajah cantik atau di dalam bahasa Jawa yaitu Ayu, es dawet yang satu ini terbuat dari tepung beras warnanya hijau berasal dari air daun suji. Es dawet ayu ini biasanya disajikan dengan gula merah cair kemudian santan dan potongan buah nangka lengkap dengan es batu.

Ternyata banyak sekali macam-macam minuman manis tradisional ya guys, kira-kira bingung tidak mau coba yang mana dulu? Cobanya satu-satu jangan semua dicoba lho nanti rasanya enak semua jadi tidak bisa membedakan. Yuk coba buat dirumah!

Related Posts