Cara Membuat Jagung Susu Keju, Camilan Saat Santai!

cara membuat jagung susu keju

Siapa yang tidak kenal dengan jagung susu keju atau di singkat dengan sebutan jasuke? yup, jasuke adalah camilan yang bisa dinikmati kapanpun. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat jagung susu keju.

Rasanya yang manis akan susu dan perpaduan keju, sehingga jasuke sangat di gemari dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Selain rasanya jasuke mempunyai banyak manfaat serta gizi yang banyak, karena yang kita ketahui jasuke terbuat dari olahan dengan bahan utama jagung.

.Jasuke sendiri adalah jajanan yang berasal dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Jajanan ini bisa ditemukan di mal-mal atau di tempat keramaian, yaitu seperti alun-alun, pasar malam, atau di supermarket. Ketika jasuke mulai dikenal, dengan berjalannya waktu rasa pada jasuke tidak hanya susu keju tapi bermacam-macam rasa.

Jika ingin memakan jasuke agak merepotkan bukan untuk pergi ke mall, supermaket, dan lain sebagainya terlebih dahulu?. Tidak perlu khawatir, karena camilan ini bisa dibuat dengan mudah saat ingin bersantai di rumah. Selain pembuatannya bahan-bahan untuk membuatnya juga mudah  dicari di warung atau pasar terdekat.

Penasaran bukan bagaimana cara membuatnya? yuk, langsung aja buat jagung susu keju untuk bersantai di rumah.

Cara Membuat Jagung Susu Keju

cara membuat jagung susu keju

 Bahan :

  • 5 buah jagung manis
  • 4 sendok makan magarin
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • 100 gram keju parut
  • Garam secukupnya

Langkah Membuat Jagung Susu Keju :

  1. Bersihkan jagung dari kulit dan rambutnya hingga bersih, lalu cuci jagung dan tiriskan.
  2. Setelah di bersihkan pipil jagung dari bongkolnya.
  3. Masukkan jagung yang sudah dipipil ke dalam kukusan yang airnya sudah mendidih. Kukus jagung dan tunggu kurang lebih 10 menit hingga tekstur empuk atau tidak terlalu keras untuk dimakan.
  4. Jika sudah matang pindahkan pipilan jagung ke dalam wadah. Masukkan sisa bahan kecuali keju parut seperti margarin, susu kental manis dan garam, aduk hingga merata.
  5. Taburi keju parut di atas jagung yang sudah di aduk hingga merata dengan bahan sebelumnya.
  6. Jagung susu keju siap untuk dinikmati!

Tips : 

  • Saat memilih jagung manis untuk membuat jasuke pilihlah jagung manis yang masih muda, karena selain rasanya manis jagung tersebut memiliki biji yang teksturnya lembut ( tidak terlalu keras saat dimakan ) dan bijian yang berwarna kuning cerah.
  • Jika merasa sulit saat pemipilan, bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Dengan menggunakan mesin tersebut waktu pemipilan akan mudah dan menghemat waktu.
  • Untuk takaran susu bisa disesuaikan, mau dilebihkan atau dikurangkan.
  • Cara membuat jasuke yang benar adalah dengan cara di kukus. Jika biji jagung direbus maka yang akan terjadi adalah biji akan terlalu matang sehingga tekstur yang dihasilkan lembek dan tidak renyah untuk dimakan. Sedangkan, jika biji jagung dikukus maka dapat mengontrol tingkat kematangan pada biji tersebut dan sebaiknya dikukus kurang lebih 10 menit hingga tekstur terasa empuk.
  • Pada saat mengukus biji jagung sebaiknya tidak ada bagian yang tertumpuk agar kematangan biji merata.

Banyak sekali jagung di jadikan untuk camilan atau menjadikan menu diet dan baru baru ini jagung di olah menjadi jus. Untuk yang menggemari minum jus bisa langsung membuatnya di cara membuat jus jagung.

Pada saat melakukan diet biasanya orang beralih pada jagung atau gandum untuk pengganti karbohidrat lainnya. banyak sekali olahan dari jagung, yaitu menjadi campuran pada martabak, jagung bakar, bakwan, es krim, dan masih banyak yang lainnya.

Mudah bukan cara membuat jagung susu keju untuk camilan ketika dirumah?, selamat mencoba!