Cara Membuat Gepuk Daging Sapi Serudeng Kaya Akan Manfaat

cara membuat gepuk daging sapi serundeng

Jika kalian sedang mencari cara membuat gepung daging sapi serundeng yuk buruan kita intip bagaimana cara pembuatan olahan tersebut pada artikel di bawah ini.

Cara Membuat Gepuk Daging Sapi Serundeng

Nah sebelum nya apa sih itu serundeng? Serundeng adalah salah satu makanan khas asal indonesia yang berbahan baku kelapa yang diparut.Serundeng sering kali dijadikan lauk pauk nasi,serundeng terdiri dari parutan buah kelapa yang digoreng.

Serundeng digoreng sampai berwarna kuning kecoklatan dengan tambahan berbagai bumbu – bumbu dapur khas indonesia juga seperti bermacam macam bawang contohnya bawang bombay,bawang putih dan juga bawang merah,cabai,lengkuas,kunyit,asam jawa,gula,daun jeruk dan daun salam.

Dari pada penasaran yuk mari kita simak bagaimana cara pembuatannya di bawah ini.

Gepuk Sapi Serundeng

Bahan – Bahan :

  • 500 gr daging sapi (direkomendasikan pakai daging has dalam)
  • 200 gr buah kelapa parut (untuk ampas hasil perasan jangan dibuang)
  • Garam,bumbu jamur dan merica secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1 jempol lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang sereh (di geprek)
  • 800 ml air (ambil 200 ml untuk santan kelapa)
  • 5 sdm minyak

Cara Membuat Gepuk Daging Sapi Serundeng :

1.Siapkan semua bahan.

2.Haluskan bawang putih,bawang merah,kunyit,lengkuas,kemiri dan ketumbar.Kalian bisa menggunakan blender supaya tidak capek dan lebih hemat waktu.

3.Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dalam minyak panas,tambahkan juga gula,garam,merica,bumbu jamur,daun salam dan daun sereh lalu masak sampai wangi.

4.Masukkan daging sapi yang telah dipotong – potong (jika kalian ingin merebus daging secara cepat kalian bisa menggunakan presto terlebih dahulu) Jangan lupa tambahkan air dan santan.

5.Tunggu hingga mendidih dan cek rasa.Jika dirasa rasa sudah pas maka kalian bisa memasukkan kelapa parut yang sudah diperas tadi.Rebus dengan api yang besar hingga kering.Jika dirasa daging masih kurang empuk kalian bisa menambahkan takaran airnya.

6.Setelah kering kalian bisa langsung menggoreng empal dan langsung dapat dinikmati.Jika ingin disimpan terlebih dahulu maka masukkan ke dalam kotak makan dan taruh ke dalam kulkas bagian bawah.

7.Jika ingin dinikmati dalam waktu lama kalian bisa menyimpannya di dalam frezer.

baca juga : Cara Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer 

Cara Menggoreng Gepuk Serundeng :

Jika kalian masih bingung dengan bagaimana sih cara menggorengnya yuk kita lanjut saja.

1.Langkah yang pertama setelah daging diangkat dan ditiriskan kalian bisa langsung menggorengnya dalam minyak yang panas sampai berwarna kecoklatan.

2.Langkah ke dua aduk rata sisa dari bumbu dan kelapa yang diparut kasar lalu aduk – aduk dengan api yang kecil sampai kelapa mengering.

Manfaat Serundeng Kelapa

1.Menyehatkan jantung

Parutan kelapa yang ada dalam olahan serundeng ternyata kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung pada tubuh.

Serat – serat kelapa dalam serundeng dapat menyerap kolesterol jahat yang berada dalam darah yang bisa membahayakan kesehatan jantung.

2.Mencegah Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan hemogoblin atau yang biasa disebut dengan kekurangan sel darah merah.Penyakit ini dapat menyebabkan tubuh cepat lelah saat melakukan aktifitas harian.

Kalian bisa menceghnya dengan mengomsumsi serundeng kelapa yang kaya akan zat besi,zat besi dapat memacu produksi sel darah merah dalam tubuh.

3.Mencegah masalah pencernaan

Karena mempunyai kandungan serat yang tinggi maka serundeng kelapa dapat mencegah masalah pencernaan seperti sembelit,wasir dan juga duodenum yakni masalah pada usus dua belas jari.

Kalian bisa menemukan aneka resep dari empal sapi lainnya disini.

Sekarang kalian bisa tau bagaiman cara membuat gepuk daging sapi serundeng sendiri di rumah,tertarik untuk mencobanya ? Selamat mencoba.