Cara Membuat Es Kopi Susu Ala Cafe Mantull

Nah yang tadinya aku kasih tau cara membuat es kopi susu kekinian,sekarang aku mau jelasin di artikel ini yaitu cara membuat es kopi susu ala cafe ya teman-teman.

Cara membuat es kopi susu ala cafe ini sangat mudah sekali kok.Kalian cukup sediakan mesin grinder kopi dan juga bahan-bahanya iya.

Oke langsung saja kita simak bersama iya!

Manfaat Susu Dalam Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

cara membuat es kopi susu ala cafe

dan produk olahannya memiliki kandungan protein, lemak, dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh dalam perkembangan tiap individu pada setiap fase kehidupan.

“Namun, konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah.” Begitu penuturan peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP), Dr drg Amaliya dalam siaran pers,Rabu (14/11/2018) kemarin.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, konsumsi susu masyarakat Indonesia pada tahun 2017 hanya berkisar 16,5 liter per kapita per tahun.

Angka itu sangat rendah dibandingkan catatan negara ASEAN lainnya. USDA Foreign Agricultural Service mencatat, di tahun 2016 konsumsi susu di Malaysia 50,9 liter, Thailand 33,7 liter, dan Filipina 22,1 liter per kapita per tahun.

Apalagi, susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama pada anak. Berikut ini adalah sejumlah manfaat susu bagi tubuh.

1. Menjaga kesehatan tulang

Susu adalah salah satu sumber kalsium.Teratur meminum susu bisa membuat tulang sehat dan kuat.

Bahkan asupan susu bagi anak-anak bisa memengaruhi tinggi badan mereka.Selain itu, vitamin D yang biasanya ditambahkan bisa membantu tubuh menyerap kalsium.

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko osteoporosis di masa mendatang atau rakhitis pada masa kanak-kanak.

2. Menguatkan gigi

Kalsium dan fosfor dalam susu sangat penting bagi perkembangan kesehatan gigi anak.

Protein penting lainnya dalam susu adalah kasein. Kandungan ini membantu membentuk lapisan tipis di permukaan email gigi.

3. Berat badan sehat

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Achmad Syafiq mengatakan, anggapan susu terutama susu kental manis, menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas dan dibetes, tidak berdasar.

“Tidak ada bukti ilmiah susu kental manis menyebabkan gangguan penyakit,” tutur Syafiq.Faktor-faktor itu antara lain, rendahnya aktivitas fisik,rendahnya asupan serat,dan tingginya asupan energi harian total, bukan dari satu jenis pangan.

Bahkan, sebuah penelitian meta analisis mengungkapkan, diet dengan asupan susu dan produk susu mendukung penurunan berat badan, dan menjaga massa otot.

4. Memelihara kesehatan jantung

Susu sapi merupakan sumber kalium.Peningkatan asupan kalium dan penurunan sodium dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Susu juga membantu pembentukan otot.Susu memang baik bagi tubuh. Namun yang perlu diingat, seperti halnya pangan olahan lain, susu tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber gizi.

“Karenanya, setiap pangan olahan harus didampingi sumber nutrisi lain agar lebih seimbang,” begitu kata Direktur Registrasi Pangan Olahan BPOM Anisyah.

Selain mempunyai manfaat,susu juga mempunyai efek apabila sering meminumnya terlalu banyak.Sama halnya juga dengan kopi pun ada efek minum kopi juga.

Keunikan dari Susu

Wah susu sapi ini udah jadi minuman yang sangat membantu buat kesehatan tubuh kita ya. Kandungan gizi dan nutrisinya kan banyak banget, jadi ya memang baik dalam membantu tubuh kita dengan kecukupan nutrisinya.

Eh, selain emang bermanfaat.. lagi iseng nyari2, nemu artikel yang naro beberapa fakta unik dari susu sapi ini, ini dia kutipannya gan :

  • Ternyata, secara rata-rata sapi mampu memproduksi susu lebih banyak ketika sapi mendengarkan musik
  • Anda tentu tahu bahwa susu merupakan satu-satunya minuman yang paling banyak memiliki kandungan nutrisi alami yang berlimpah
  • Sama seperti manusia, ternyata sapi belum bisa menghasilkan susu sebelum melahirkan
  • Susu segar ternyata bisa membantu menghilangkan rasa pedas dimulut karena kandungan casein yang ada di dalamnya
  • Mesin pemerah susu ditemukan pada tahun 1894. Sebelum itu, peternak hanya mampu memerah 6 sapi dalam 1 jam. Kini, peternak dapat memerah lebih dari 100 sapi dalam 1 jam.
  • Ternyata konsumsi susu itu sudah dari jaman nenek moyang. Tercatat sudah sejak 10.000 tahun yang lalu nenek moyang kita mengonsumsi susu

Itulah teman-teman fakta unik dari susu.semoga dapat bermanfaat iya 🙂

Cara Membuat Es Kopi Susu Ala Cafe

Bahan-Bahan:

  • 2 sdm Nescafe classic
  • 2 sdm susu kental manis
  • 100 ml susu cair full cream/plain
  • es batu secukupnya

Cara Membuat Es Kopi Susu Ala Cafe:

  • Seduh nescafe classic dengan sedikit air panas
  • Tuang susu kental manis dan susu cair ke dalam gelas
  • Tambahkan es batu
  • Tuang seduhan nescafe classic ke gelas susu secara perlahan tapi pasti

Soal rasa, tidak kalah dengan es kopi susu yang dijual oleh kafe-kafe kekinian dengan harga  kurang berkawan itu.

Bahkan, beberapa teman saya mengatakan resep ini lebih enak dan lebih pas di lidah. Jika ingin mengkreasikan sendiri pun cukup mudah.

Misal, susu kental manis bisa saja diganti dengan gula jawa, atau susu cair full cream diganti dengan susu cair coconut delight.Lebih asik kan, bisa meracik sendiri es kopi susu di rumah.

Negara Penghasil Susu Terkenal Dalam Cara Membuat Es Kopi Susu Ala Cafe

cara membuat es kopi susu ala cafe

Pernahkah Anda berpikir tentang negara penghasil susu di dunia ini? Selain diberkahi dengan alam yang mumpuni, negara tersebut juga serius dalam mengelola sumber dayanya. Hasilnya, keuntungan mereka pun dapat memakmurkan negaranya.

Ini dia 5 negara penghasil susu terkenal di dunia:

1. Tiongkok

Di Asia, Tiongkok merupakan salah satu penghasil susu yang paling makmur. Banyak pula keluarga yang memproduksi susu secara rumahan.

Diperkirakan, ada sekitar 14 juta sapi perah di Tiongkok. Sejak Rusia berhenti mengimpor susu dari Eropa, Tiongkok menjadi pemasok utama.

Penjualan susu di Tiongkok mencapai 35,7 juta ton per tahun.

2. Selandia Baru

Selandia Baru diberkahi alam yang subur serta iklim yang baik untuk berternak sapi perah. Negara ini sudah mengekspor susu sejak tahun 1846.

Bahkan, kini 10 persen produksi susu keseluruhan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan negara. Jumlah sapi yang ada di sana mencapai 5 juta ekor.

Selandia Baru juga konsisten menerapkan teknologi baru demi meningkatkan produksi.

3. Perancis

Tidak heran bahwa negara pecinta keju ini jadi salah satu negara penghasil susu terbesar di dunia. Penghasilannya dari penjualan susu juga mencengangkan.

Tahun 2015 saja produksi susu menyumbang untung 709,7 juta USD untuk Perancis. Terhitung, ada 15.601 peternakan susu di Perancis.

Selain produksi yang besar, susu Perancis juga terkenal karena mutu tinggi dan kesegarannya.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara eksportir susu yang termashyur. Ada sekitar 50.000 peternakan susu di sana.

3 persennya adalah peternakan susu besar dengan jumlah sapi mencapai 15.000 ekor per peternakan. Sisanya terdiri dari peternakan susu rumahan dengan jumlah sapi mencapai 30 ekor per rumah.

Setiap tahun, Amerika menghasilkan 23 miliar galon susu.

Hanya ini yang bisa saya sampaikan apabila ada salah kata maupun kekurangan di dalam artikel saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Semoga bermanfaat ya untuk teman-teman semua 🙂 Sekian dan Terimakasih.