Cara Membuat Donat Simpel yang Lezat dan Uenak

cara membuat donat simple

Cara membuat donat simpel bukanlah hal yang susah menurut kita.Membuat donat ini yang dibutuhkan itu hanyalah bahan dan mesin pembuat donat yang canggih.

Maka dari itu apa salahnya untuk mencoba membuatnya ya teman teman.

Artikel ini sangat cocok untuk kalangan para remaja yang ingin membuka usaha makanan tapi bingung caranya yang simple bagaimana?

Tapi walaupun simple donat juga pastinya harus diberi  topping supaya terlihat menarik ya donatnya.Cara membuat topping donat nya simple kok iya.

Langsung saja ya kita simak teman teman!

Arti Kata Simpel Dalam Cara Membuat Donat Simpel

Simple masuk ke dalam bahasa inggris yaitu bahasa jermanik yang pertama kali dituturkan di inggris pada abad pertengahan awal.

Dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol.

Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa.

Negara Persemakmuran, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.

Simple berarti ks. 1 sederhana, bersahaja. 2 mudah, gampang.3 dungu. 4 biasa. 5 tunggal (substance). -simply kk. 1 dengan sederhana. 2 sama sekali,benar-benar. 3 benar-benar, sungguh-sungguh. 4 hanya.

Demikian arti kata simple di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan juga rangkuman dari berbagai sumber lainnya.

Asal Usul Varian Donat Dalam Cara Membuat Donat Simpel

cara membuat donat simple

Siapa yang tak tahu donat.Roti manis berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini merupakan makanan yang disukai banyak orang.

Popularitasnya terlihat jelas melalui gerai donat yang dapat ditemukan di setiap mal, stasiun, maupun sudut-sudut jalan di seluruh penjuru negeri.

Berdasarkan Smithsonian Magazine, legenda di awal abad 19 mengungkapkan penemuan donat pertama kali.

Pedagang asal Amerika Hanson Gregory mengklaim sebagai pencetus donat berbentuk cincin pada 1847.

Ia mengaku memakan ‘roti goreng’ selama melaut dan tidak senang dengan bagian tengahnya yang tidak matang.

Kemudian dia membuang dan melubangi bagian tengah adonan. Sejak saat itu donat identik dibuat dengan lubang di tengahnya.

Padahal menurut Ketua Departemen Antropologi Universitas Indiana-Universitas Purdue Indianapolis sekaligus dan penulis Glazed America: A History of the Donut Paul R. Mullins.

Sebenarnya tak satu pun dari buku masak hingga akhir abad ke-19 yang menyebut bahwa memasak donat harus membuat lubang di tengahnya.

Tapi orang-orang mengakui bahwa hal itu adalah ide yang bagus dan logis. Ini berkenaan dengan teknik dan hasil menggoreng donat.

Apabila tidak dilubangi di tengahnya, donat akan lebih sulit matang merata. Bagian luar kue akan matang lebih cepat dibandingkan bagian tengah.

Dengan menghilangkan tengah donat ini menghindari bagian yang masih mentah.

Donat terus diproduksi secara manual hingga masa Perang Dunia I.’Donut Girls’ dari Salvation Army menyediakan konsumsi berupa donat untuk para prajurit perang.

Kemudian pasca-Perang Dunia I, banyak orang Amerika menghendaki donat sebagai menu sarapan. Hal itu dimanfaatkan seorang imigran Yahudi bernama Adolph Levitt sebagai peluang bisnis.

Untuk memenuhi besarnya permintaan terhadap donat, diciptakanlah mesin pembuat donat pertama yang mampu menghasilkan donat dengan kecepatan yang jauh lebih besar daripada buatan tangan pada 1920.

Levitt berhasil menciptakan mesin penghasil 80 donat per jam dan semua bentuknya identik.Orang-orang akan berbondong-bondong melihat donat mereka dibuat sendiri dan memakannya langsung dari mesin.

Simak juga cara membuat topping donat !

Cara Membuat Donat Simpel yang Lezat dan Uenak

Bahan-Bahan:

  • Tepung Gandum 1 kg
  • Ibu Roti Brand Mauripan 1 paket (11 gram)
  • Gula Pasir 7 sudu besar
  • Garam Halus 1 sudu kecil
  • Susu Tepung (Paling bagus yang jenis Full Cream) 1 cawan
  • Marjerin 1 cawan
  • Telur 2 biji
  • Serbuk Penaik / Baking Powder 1 sudu kecil
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Isikan ¾ gelas air suam dicampur dengan 1 sudu kecil susu tepung penuh krim atau gula pasir dan 1 paket ibu roti Mauripan dan dikacau hingga rata.Biar 10~30 minit atau hingga buihnya mengembang bibir gelas.
  2. Masukkan tepung gandum, gula pasir, garam halus, susu tepung, marjerin, telur, serbuk penaik dan air ibu roti tadi ke dalam besen kecil.
  3. Aduk adunan tersebut dengan dituangkan air sedikit demi sedikit sambil menguli adunan hingga menjadi doh selama kira-kira 30~45 minit.
  4. Tanda adunan telah cukup diuli ialah apabila ia menjadi kurang / tidak melekat pada tangan anda.
  5. Apabila telah selesai menguli, tutup besen yang mengandungi besen kecil tadi dengan kain dan letakkan pada tempat yang hangat supaya ia dapat mengembang dengan cepat dan sempurna. Biar selama kira-kira 1 jam.
  6. Tanda doh telah mengembang dengan sempurna ialah apabila saiznya telah menjadi dua kali ganda dari bentuk asalnya.
  7. Ambil doh yang telah kembang tersebut dan uli sekali lagi kira-kira 30 minit.
  8. Leperkan doh kira-kira berketebalan 5 mm dan cetak dengan pencetak donut.
  9. Biarkan doh yang telah dicetak itu kira-kira 30~60 minit.
  10. Goreng doh dengan minyak masak yang telah cukup panas. Minyak masak mestilah cukup banyak untuk membuatkan doh tenggelam walaupun nanti donut timbul.Goreng kira-kira 3~5 minit hingga kuning kecoklatan.Paling bagus jika menggunakan deep fryer dengan setting suhu 375° Fahrenheit.

Teknik Efektif Bila Tidak Ada Mesin Pencetak Donat

  • Tiada pencetak donut? Jangan panik! Gunakan gelas sebagai pencetak. Gelas kaca atau gelas plastik, dua-duanya boleh.Caranya ialah tekap mulut cawan tersebut pada doh dan pusing-pusingkan dengan tekanan.
  • Lubang tengah itu boleh dibuat dengan menggunakan muncung botol air, tak kiralah botol air mineral atau botol air apa pun.
  • Cara mencetak; Leperkan doh dan taburkan sedikit tepung lalu ratakan biar tak melekit. Lepas tu cetak gunakan gelas pada doh leper tu sampai penuh. Kemudian ambil keluar baki frame doh. Barulah anda buat lubang tengah pulak! Lepas tu pindahkan ke tray yang telah ditabur tepung supaya tak melekat. Doh yang permukaan atas terbalikkan ke bawah.

Varian Terenak Dalam Cara Membuat Donat Simpel

1. Gordon

Dulu Donat ini hanya bisa dibeli online atau dinikmati di coffee shop tertentu. Tapi saking banyaknya peminat Gordon, mereka akhinya buka outlet di bilangan Thamrin.

Donat di Jakarta dari Gordon ini memang rasanya istimewa banget. Kalau kamu mampir ke outletnya, kamu juga bisa sekalian mencicipi cold brew coffee atau kopi susu mereka yang nendang banget rasanya.

Varian rasa Donatnya sendiri cukup banyak, ada Espro, Old Timer, Pista Lemon, Baby Comeback, Crème Brulee, Peanut Butter & Jelly, Matcha Azuki Cream, Cookies and Cream,dan Hazelnut Crunch.

Rasanya? Enak banget. Teksturnya soft dan toppingnya meleleh banget di lidah.

2. Dobudon

Kalau kamu melihat penampilan Donat di Jakarta dari Dobudon pasti nggak akan tega menyantapnya karena bentuknya kawaii banget dan sangat instagenic.

Meski unik, harganya bisa dikatakan sangat terjangkau dibanding Donat kelas premium lainnya. Saat ini Dobudon punya dua outlet, di Mall Ciputra dan di Lotte Shopping Avenue.

Semua Donat dari Dobudon diselimuti dengan coklat penuh rasa. Misalnya Donat bewarna hijau adalah coklat rasa melon, sedangkan yang pink adalah coklat rasa strawberry.

Adonan Donatnya sendiri fluffy dan lembut banget. Makin penasaran untuk menggigit Donat berbentuk owl, panda, frog, dan bear dari Dobudon? Langsung saja cobain sendiri.

3. Holy Doughnuts

Kalau dulu kita harus berburu Donat buatan Holy Doughnuts di bazaar-bazaar atau pesan langsung di websitenya, sekarang kita bisa mampir di outletnya di daerah Melawai.

Rasa Donat yang bisa dicoba seru-seru, ada yang filling Cream Cheese, Nutella, Ovomaltine, Caramel Crumble, Lemon Curd, dan masih banyak lagi. Enaknya luar biasa dan fillingnya itu melimpah ruah.

4. Mister Donut

Buat yang belum tahu, Mister Donut adalah salah satu brand Donat yang populer di Jepang. Sekarang nggak perlu jauh-jauh lagi ke Jepang karena Mister Donat sudah punya beberapa outlet di Jakarta.

Di Mister Donut, selain Donat berbentuk klasik, kamu juga bisa menemukan Donat berbentuk Mochido yang crispy dan stretchy,Old Fashion yang crunchy,Donut Shell yang penuh dengan filling, dan French Cruller yang ringan.

Soal rasa jangan ditanya lagi, ada banyak banget, mulai dari Honey, Double Choco, Matcha, Tiramisu, Custard, sampai Red Velvet pun ada.

Di setiap gerainya pun, kamu nggak akan hanya menemukan Donat di Jakarta saja, tapi ada juga aneka Pasta, Espresso, Smoothies, Chai Tea, dan Japan Drip yang bisa dipilih.

5. Dough Darlings

Kalau lagi main ke Lippo Mall Puri atau Living World, jangan lupa untuk mampir ke Dough Darlings. Konsep Donat di Jakarta yang dihadirkan mereka unik sekali.

Varian rasanya berbeda dari Donat lainnya. Kamu bisa coba Donat rasa Salted Egg sauce yang gurih atau Donat Rum Raisin yang rasa rumnya cukup strong.

Serunya lagi, mereka juga menyajikan Kopi dan Artisan Ice Cream berbagai rasa yang cocok disandingkan dengan Donatnya.

6. Dino Donuts

Mau menjadikan Donat di Jakarta sebagai Cake ulang tahun? Kenapa tidak? Coba mampirlah ke Dino Donuts yang berada di Tangerang City Mall dan Pondok Gede.

Gerai Donat di Jakarta yang satu ini punya Donat alphabet yang bisa kamu rangkai menjadi ucapan Happy Birthday yang lucu.

Warna-warninya juga membuat Donat ini tampak outstanding dan Instagramable. Saat mampir ke outletnya kamu juga wajib mencicipi aneka Donut Burger serta Ice Cream Donut yang rasanya nikmat sekali.

7. Louis Doughnuts & Coffee

Buat yang sering nongkrong di Karawaci pasti sudah tahu sepak terjang Louis Doughnuts & Coffee. Tak kalah enak dengan Donat di Jakarta, Donat dari Louis ini juga banyak penggemarnya.

Nggak heran, tekstur adonannya memang sangat soft dan fluffy, varian rasanya pun cukup banyak. Ada Triple Choco, bahkan ada Donat isi Duren dan Sirsak.

Ukurannya yang mini juga akan membuat kamu tidak cepat kekenyangan saat mencicipi semua rasanya.

8. J.CO

Siapa coba yang tidak kenal J.CO? Outletnya bisa ditemukan di hampir setiap mall besar di Jakarta. Donat di Jakarta ini memang sangat fenomenal.

Mereka adalah yang pertama menjadi penggagas Donat kopong alias tidak padat di Indonesia. Toppingnya juga beragam sekali, dari yang Glaze, Almond, sampai yang Green Tea.

Semua benar-benar enak banget. Kalau mau Donat yang ukurannya bite size juga ada, yaitu J Pops. Bentuknya mungil-mungil dan nggak bikin eneg kalau dimakan kebanyakan.

Kalau butuh yang segar-segar, kamu bisa pesan J.Cool. Beverage seperti Kopi atau Hot Chocolate di J.Co juga patut diacungi jempol.

9. Krispy Kreme

Brand Donat asal Amerika ini juga populer di Jakarta. Krispy Kreme terkenal dengan rasa Donatnya yang tidak berlebihan manisnya.

Mereka juga sering mengeluarkan Donat special edition yang bentuknya lucu-lucu saat ada hari perayaan tertentu.

Menikmati Donat di Jakarta sambil minum Oreo Hot Milk andalan Krispy Kreme pasti tak akan bisa kamu lupakan.

Minuman ini cukup unik, terdiri dari hot milk dan Oreo utuh yang akan lumer saat susunya dituang. Manisnya pas dan porsinya akan membuat dahaga hilang.

10. Dunkin’ Donuts

Gerai Donat di Jakarta yang satu ini adalah yang paling legendaris karena sudah dibuka sejak tahun 1950.

Di Indonesia sendiri, mereka sudah muncul sejak tahun 1985. Terbayangkan kelezatan Donat buatan mereka yang bisa membuat Dunkin’ Donuts bertahan sampai sekarang?

Meski sudah banyak bermunculan Donat varian baru, namun kepopuleran Dunkin’ Donuts tidak terkalahkan.

Teksturnya memang lebih tebal dan bikin lebih kenyang, tapi tetap saja ngangenin.Varian rasa yang disediakan juga tak lekang oleh waktu, ada Triple Chocolate, Chocolate Jimmies dan Sugar Raised yang akan membuat jatuh cinta.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan,apabila ada salah kata dan kekurangan di dalam artikel saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.Sekian dan terimakasih.