Cara Membuat Donat Salju yang Nyegerin dan Lezat

cara membuat donat salju

Cara membuat donat salju itu sama saja seperti cara membuat donat pelangi hanya saja berbeda dalam tambahan adonannya.

Yang pasti caranya itu gampang dan pastinya sangat simpel sekali  ya teman-teman.Karena membuatnya dengan menggunakan mesin pembuat donat yang canggih.

Oke tidak usah lama-lama langsung saja simak artikel aku ini iya!

Sekilas Tentang Salju Dalam Cara Membuat Donat Salju

cara membuat donat salju

Es schneit, it´s snowing, saljuan.  Itu adalah kata pertama yang muncul di kepala saya pagi ini ketika membuka jendela kamar.

Hari ini, 10 Des 2014, turun salju pertama  (di tahun ini) di tempat tinggal saya, di negara bagian Hessen.

Agak terlambat memang, dibandingkan dengan Amerika atau negara bagian lain Jerman yang sudah saljuan dari beberapa waktu lalu.

Di daerah Hessen,memang lebih hangat dibanding Jerman bagian utara ( dekat laut) atau Jerman bagian selatan (dekat gunung).

Diam-diam,sebenarnya kami mengharapkan salju tidak turun cepat-cepat. Berharap salju betah berada di negara lain dan lupa untuk datang ke Jerman.

Apalagi dua tahun lalu, Desember 2012, Jerman pernah merayakan natal tanpa salju. Matahari bersinar cerah (walau tetap dingin) dan suhu saat itu hanya 20C saja.

Tapi tentu saja, sebagai orang Indonesia, yang lahir dan besar di negara tropis dan masa kecil dihiasi dengan film buatan amerika.

Yang menceritakan betapa indahnya musim salju,buat saya salju selalu menarik dan menciptakan melankoli tersendiri.

Salju adalah air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan.

Terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara yang jatuh ke bumi sebagai kepingan empuk, putih, dan seperti kristal lembut.

Salju yang dalam suhu tertentu mudah sekali mencair itu, dan di pandangan mata saya hanya berupa serpihan kecil seperti tepung ternyata tiap kepingannya mempunyai bentuk yang unik.

Wilson Bentley (1865-1931) dari Jericho,vermont adalah orang pertama yang mengambil foto dari butiran salju melalui penggunaan mikroskop yang melekat pada kameranya.

Dengan koleksi 5.000 gambar butiran salju,dia memperkenalkan pada banyak orang tentang keragaman luar biasa dari kristal salju.

Fakta Tentang Salju

1. Warna salju sebenarnya bukan putih, melainkan bening atau transparan seperti air

Jika selama ini kamu menyangka warna salju yang kamu lihat di film atau foto di Instagram adalah putih, kamu salah. Warna sebenarnya dari salju adalah bening alias transparan.

Benda yang bersifat transparan gak mudah ditembus cahaya, sehingga cahayanya memantul. Pantulan cahaya yang gak terserap di dalam salju terpantulkan ke berbagai arah lagi. Itulah kenapa salju terlihat berwarna putih.

Salju juga bisa terlihat kebiruan lho. Ini disebabkan lapisan salju yang dalam dan tebal bisa menyaring cahaya dan menyerap gelombang cahaya warna merah. Akibatnya warna birunya terpantulkan.

2. Saat salju turun, suhu cenderung gak terlalu dingin

Suhu udara justru menjadi lebih dingin setelah salju selesai turun. Suhu akan terus menurun disebabkan oleh dingin dari tumpukan salju dan angin yang bertiup.

3. Setidaknya salju telah menyelimuti 12 persen luas permukaan bumi

Permukaan bumi yang tertutup salju adalah sebesar 12 persen dari luas keseluruhan atau setara dengan 21 juta kilometer persegi. Cadangan air segar yang dimiliki bumi sebagian besar beku menjadi es.

4. Bentuk salju banyak macamnya, namun semua partikel salju memiliki enam sisi yang sama besar

Salju gak hanya berbentuk kepingan salju saja lho, namun ada juga yang berasal dari hujan salju dan butiran salju.

Hujan salju merupakan tetesan hujan yang membeku menjadi es yang transparan. Sedangkan butiran salju adalah partikel es yang terbentuk di atmosfer yang membentuk sebuah gumpalan salju yang lembut.

Meski punya bentuk yang beragam, partikel salju selalu memiliki enam sisi yang sama besar.

Ini disebabkan oleh molekul hidrogen dan oksigen dalam kristal es bergabung bersama untuk membentuk struktur heksagonal setiap waktu.

5. Pernah ditemukan kepingan salju terbesar dengan ukuran sampai 15 inci

Menurut para ahli, kepingan salju umumnya berukuran kurang dari 1,5 inci. Namun, pada tahun 1887 seorang peternak di Fort Keogh.

Montana menyatakan menemukan kepingan salju dengan lebar 15 inci dan tebal 8 inci. Temuannya tersebut tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai kepingan salju terbesar di dunia.

6. Tumpukan salju yang sering diinjak akan memadat dan menjadi es yang permukaannya sangat licin

Itulah mengapa negara yang mengalami musim salju kerap membersihkan salju yang menumpuk di jalan-jalan raya.

Tujuannya agar gak banyak orang dan kendaraan yang tergelincir karena salju yang memadat dan menjadi licin.

Mereka memanfaatkan garam dan kalsium klorida untuk menurunkan titik beku salju agar lekas mencair.

7. Badai salju yang turun dalam jangka waktu lama memiliki kekuatan setara dengan 120 bom atom

Bila badai salju datang dengan begitu besar dalam jangka waktu yang lama, maka dapat menyebabkan 40 juta ton salju turun. Angka tersebut setara dengan kekuatan 120 bom atom lho. Wah, mengerikan ya.

Di balik butirannya yang cantik, salju rupanya menyimpan keunikan dan fakta yang menarik.

Kamu yang berminat melihat salju,bisa berkunjung ke negara-negara di belahan bumi utara awal tahun ini hingga bulan Maret. Mau?

Cara Membuat Donat Salju

Bahan-Bahan Cara Membuat Donat Salju:

  • 250 gr tepung terigu (aku pake segitiga)
  • 40 gr gula/ 2 sdm untuk hasil donat agar tidak terlalu manis dan tidak mudah gosong
  • 50 gr mentega/margarin
  • 1 sdt ragi instan (kemasan siap pakai)
  • 1/4 sdt vanili
  • 2 butir kuning telur
  • 1/4 sdt garam (bisa di tambah sesuai selera)
  • 1 1/2 sdm susu bubuk
  • 100 ml air hangat

Cara Membuat Donat Salju:

  1. Campur tepung terigu, gula, ragi instan, vanili, susu bubuk ke dalam wadah.Lubangi tengahnya, masukkan kuning telur,mulai campur perlahan dengan menambahkan air hangat sedikit demi sedikit sampai semua tercampur rata.
  2. Tambahkan mentega/margarin dan garam, uleni sampai kalis. Tidak perlu tenaga ekstra karena adonan cenderung lembek.
  3. Setelah kalis diamkan selama 15 menit. Kempiskan adonan, bentuk sesuai selera. Diamkan lagi selama 15-20 menit.
  4. Goreng dengan api yang tidak terlalu besar, agar donat tidak mudah gosong. Setelah donat agak kekuningan, angkat dan tiriskan.Tunggu dingin, setelah itu donat siap diselimuti gula tepung.

Nah sangat mudah sekali kan cara membuat donat salju ini teman teman.buat apalagi nuggu kalo udah tau resepnya tinggal dicoba dong hehe.

Donat ini sangat cocok dihidangkan pada saat kumpul keluarga,teman nonton tv dan lain sebagainya.Pokoknya donat ini sangat cocok di makan di segala hal iya.

Hanya ini yang bisa saya sampaikan untuk teman-teman semua apabila ada salah kata dan kekurangan di dalam artikel saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Oiya dan jangan sampe lupa juga untuk melihat cara pembuatan donat ubi ungu yang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk dijadikan usaha.

Dan pastinya saya berterimakasih sekali buat yang udah baca artikel aku ini ya semoga ngga bosen ya baca artikel aku ini.

Yang terpenting jangan pernah malas untuk membaca.Semoga bermanfaat.Sekian dan Terimakasih.